Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Salmiah
Abstrak :
Tesis ini menggunakan pendekatan kultural dan struktural karena keduaaspek ini yang menghambat perempuan usaha mikro dalam mengaktualisasikan dirinya baik sebagai perempuan maupun sebagai pengusaha. Adanya persoalan kultural menunjukkan bahwa Nilai-nilai patriarki yang diyakini masyarakat menjadikan laki-laki memiliki kontrol yang kuat terhadap kehidupan perempuan, termasuk tubuh perempuan.
Adanya Persoalan sruktural menunjukkan bahwa perangkat kebijakan pemerintahan kita belum adil terhadap perempuan dan semakin memarginalkan perempuan dengan hilangnya akses terhadap sumbersumber usaha. Rendahnya akses perempuan terhadap informasi, pasar, pengambilan keputusan dan representasi mereka dalam masyarakat akan memengaruhi secara timbal balik pola relasi perempuan dalam keluarga dan usahanya.
This thesis applied cultural and structural approaches because this aspects inhibiting women?s micro business in self actualization as a woman or entrepreneur. Cultural matter figured that the value of convinced patriarchy in society put strong control on man upon woman?s life, include woman?s body.
Structural matter shows that the justice in our government policies seem not balance upon men and women also it marginalized women by eliminating the access of business sources. Slightly access of women over information, market decision statement and their representation in society would be influencing the relationship pattern of women in their family and businesses mutually.
2008
T-Pdf
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Kurnianing Isololipu
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses perkembangan entrepreneurial ecosystem sebuah wirausaha dari Stam dan Spigel (2016) dengan mendasarkan pada entrepreneurial human capital yang dijelaskan Skuras dkk. (2005). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menggali perkembangan entrepreneurial ecosystem yang digerakkan oleh entrepreneurial human capital yang dimiliki oleh seorang individu wirausaha perempuan, yaitu pemilik bisnis Martha Tilaar Group (MTG). Penelitian menunjukkan bahwa perkembangan entrepreneurial ecosystem dari MTG dapat terjadi karena interaksi dari elemen-elemen yang ada dalam ekosistem. Interaksi antar elemen ini dapat terjadi karena peran sentral dari pemilik MTG ini. Pemilik MTG memiliki entrepreneurial human capital yang mendukungnya untuk bergerak membesarkan wirausahanya. Entrepreneurial ecosystem berkembang dari sederhana dengan keterbatasan ketersediaan elemen hingga menjadi kompleks sesuai dengan ukuran wirausaha yang terus berkembang. Inovasi hadir dalam setiap aspek di entrepreneurial ecosystem. Pemilik MTG berperan sebagai activators, browsers dan creators dalam entrepreneurial ecosystem.
The objective of this research is to analyze the development process of entrepreneurial ecosystem of an entrepreneurship which is based on the theory of entrepreneurial human capital. This research uses qualitative method to analyze the development of entrepreneurial ecosystem that is influenced by the entrepreneurial human capital owned by the owner of Martha Tilaar Group (MTG). This research reveals that the development of entrepreneurial ecosystem occurs because of the interaction among elements in the ecosystem. The interaction among elements is materialised as the result of the role of the entrepreneurial human capital owned by the owner of Martha Tilaar Group (MTG). The entrepreneurial ecosystem is developing from the simple one and is reaching its complex form as the elements in the ecosystem is also enlarged. Innovation exist in every aspect of entrepreneurial ecosystem. The owner of MTG has role as activators, browsers and creators in entrepreneurial ecosystem.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
D2563
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library
Vinda Firzia
Abstrak :
[ABSTRAK
Penelitian ini membahas faktor-faktor yang mendukung dan menghambat keberhasilan entrepreneur wanita Jepang menggunakan analisis SWOT. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang entrepreneur wanita dalam majalah Asahi Shinbun edisi khusus akhir tahun 2005 dan sebagai data pelengkap digunakan data 100 orang entrepreneur Kyushu dalam buku Yume wo Kanaeru 100 Nin Josei Kigyouka yang diterbitkan tahun 2013. Adapun faktor-faktor yang mendukung dan menghambat keberhasilan entrepreneur wanita Jepang dibagi menjadi dua faktor. Yang pertama adalah faktor internal berupa kekuatan sekaligus kelemahan bagi entrepreneur wanita tersebut, yaitu usia, status pernikahan, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja. Yang kedua adalah faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman. Peluang berupa dukungan dari keluarga maupun pemerintah Jepang. Sedangkan ancaman berupa kurangnya pengetahuan dan skill dalam berwirausaha.
ABSTRACT
This study discusses the supporting factors and obstacles of successful Japanese women entrepreneurs using SWOT analysis. The data we used in this study was taken from 100 women entrepreneurs in the magazine Asahi Shinbun (2005). As supplementary data, we used data of 100 people in the book entrepreneur Kyushu Yume wo Kanaeru 100 Nin Josei Kigyouka published in 2013. The factors that support and hinder the successful of Japanese women entrepreneurs are divided into two factors. The first factor is the internal factor such as the strength and weakness for women entrepreneurs, such as age, marital status, educational background, and work experience. The second factor is the external factor, are opportunities and threats. Opportunity such as support from family and the Japanese government. While the threat can be such as lack of knowledge and skills in entrepreneurship, This study discusses the supporting factors and obstacles of successful Japanese women entrepreneurs using SWOT analysis. The data we used in this study was taken from 100 women entrepreneurs in the magazine Asahi Shinbun (2005). As supplementary data, we used data of 100 people in the book entrepreneur Kyushu Yume wo Kanaeru 100 Nin Josei Kigyouka published in 2013. The factors that support and hinder the successful of Japanese women entrepreneurs are divided into two factors. The first factor is the internal factor such as the strength and weakness for women entrepreneurs, such as age, marital status, educational background, and work experience. The second factor is the external factor, are opportunities and threats. Opportunity such as support from family and the Japanese government. While the threat can be such as lack of knowledge and skills in entrepreneurship]
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library