Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Assyifa Raudina
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian desain antarmuka dalam bentuk aplikasi kuesioner online berbasis web dengan menggunakan Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design sebagai landasan teorinya. Perancangan butir pertanyaan kuesioner dilakukan dengan melakukan evaluasi kuesioner yang telah dirancang oleh Irfani (2020) secara kualitatif melalui wawancara content validity kepada praktisi dan expert UI/UX serta face validity kepada target pengguna aplikasi. Pengembangan desain antarmuka aplikasi kuesioner dilakukan dengan metode User-Centered Design dan pengembangan sistem dilakukan dengan metode pendekatan Kanban. Aplikasi hasil pengembangan kemudian diterapkan pada penilaian aplikasi studi kasus e-Learning dan Online Travel Agent, dengan perolehan total sebanyak 339 responden. Hasil penilaian menunjukkan bahwa aplikasi pada kategori Online Travel Agent secara umum memperoleh skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi e-Learning. Selain itu, diperoleh serangkaian rekomendasi antarmuka untuk beberapa aplikasi pada masing-masing kategori berdasarkan titik kerendahan skor pada butir kuesioner. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa implementasi aplikasi kuesioner Rule8 sebagai platform instrumen penilaian desain antarmuka dapat dijadikan tolak ukur performa desain antarmuka serta alat analisis titik kelemahan desain antarmuka suatu aplikasi.

This research aims to develop an interface design assessment instrument in the form of a web-based online questionnaire application utilizing Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design principles as its theoretical basis. The development of questionnaire questions were carried out by evaluating the questionnaire that had been designed by Irfani (2020) qualitatively through content validity interviews with UI/UX practitioners or experts as well as face validity interviews with target application users. The User-Centered Design approach is used for the development of said application’s interface design while system development is then carried out using the Kanban approach method. The developed application is then implemented by assessing e-Learning and Online Travel Agent case study applications, resulting in a total of 339 respondents. Assessment results show that applications in the Online Travel Agent category would generally obtain higher scores compared to e-Learning applications. In addition, a series of interface design recommendations for several applications in each category were obtained from score and comparison analysis based on aspects with the lowest scores. Hence, it can be concluded that the implementation of the Rule8 questionnaire application as an interface design assessment instrument platform can be used as a benchmark for interface design performance as well as a tool for analyzing weak points in an application's interface design."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shabiqa Amani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian desain antarmuka dalam bentuk aplikasi kuesioner online berbasis web dengan menggunakan Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design sebagai landasan teorinya. Perancangan butir pertanyaan kuesioner dilakukan dengan melakukan evaluasi kuesioner yang telah dirancang oleh Irfani (2020) secara kualitatif melalui wawancara content validity kepada praktisi dan expert UI/UX serta face validity kepada target pengguna aplikasi. Pengembangan desain antarmuka aplikasi kuesioner dilakukan dengan metode User-Centered Design dan pengembangan sistem dilakukan dengan metode pendekatan Kanban. Aplikasi hasil pengembangan kemudian diterapkan pada penilaian aplikasi studi kasus e-Learning dan Online Travel Agent, dengan perolehan total sebanyak 339 responden. Hasil penilaian menunjukkan bahwa aplikasi pada kategori Online Travel Agent secara umum memperoleh skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi e-Learning. Selain itu, diperoleh serangkaian rekomendasi antarmuka untuk beberapa aplikasi pada masing-masing kategori berdasarkan titik kerendahan skor pada butir kuesioner. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa implementasi aplikasi kuesioner Rule8 sebagai platform instrumen penilaian desain antarmuka dapat dijadikan tolak ukur performa desain antarmuka serta alat analisis titik kelemahan desain antarmuka suatu aplikasi.

This research aims to develop an interface design assessment instrument in the form of a web-based online questionnaire application utilizing Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design principles as its theoretical basis. The development of questionnaire questions were carried out by evaluating the questionnaire that had been designed by Irfani (2020) qualitatively through content validity interviews with UI/UX practitioners or experts as well as face validity interviews with target application users. The User-Centered Design approach is used for the development of said application’s interface design while system development is then carried out using the Kanban approach method. The developed application is then implemented by assessing e-Learning and Online Travel Agent case study applications, resulting in a total of 339 respondents. Assessment results show that applications in the Online Travel Agent category would generally obtain higher scores compared to e-Learning applications. In addition, a series of interface design recommendations for several applications in each category were obtained from score and comparison analysis based on aspects with the lowest scores. Hence, it can be concluded that the implementation of the Rule8 questionnaire application as an interface design assessment instrument platform can be used as a benchmark for interface design performance as well as a tool for analyzing weak points in an application's interface design."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lilis Safitri
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian desain antarmuka dalam bentuk aplikasi kuesioner online berbasis web dengan menggunakan Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design sebagai landasan teorinya. Perancangan butir pertanyaan kuesioner dilakukan dengan melakukan evaluasi kuesioner yang telah dirancang oleh Irfani (2020) secara kualitatif melalui wawancara content validity kepada praktisi dan expert UI/UX serta face validity kepada target pengguna aplikasi. Pengembangan desain antarmuka aplikasi kuesioner dilakukan dengan metode User-Centered Design dan pengembangan sistem dilakukan dengan metode pendekatan Kanban. Aplikasi hasil pengembangan kemudian diterapkan pada penilaian aplikasi studi kasus e-Learning dan Online Travel Agent, dengan perolehan total sebanyak 339 responden. Hasil penilaian menunjukkan bahwa aplikasi pada kategori Online Travel Agent secara umum memperoleh skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi e-Learning. Selain itu, diperoleh serangkaian rekomendasi antarmuka untuk beberapa aplikasi pada masing-masing kategori berdasarkan titik kerendahan skor pada butir kuesioner. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa implementasi aplikasi kuesioner Rule8 sebagai platform instrumen penilaian desain antarmuka dapat dijadikan tolak ukur performa desain antarmuka serta alat analisis titik kelemahan desain antarmuka suatu aplikasi.

This research aims to develop an interface design assessment instrument in the form of a web-based online questionnaire application utilizing Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design principles as its theoretical basis. The development of questionnaire questions were carried out by evaluating the questionnaire that had been designed by Irfani (2020) qualitatively through content validity interviews with UI/UX practitioners or experts as well as face validity interviews with target application users. The User-Centered Design approach is used for the development of said application’s interface design while system development is then carried out using the Kanban approach method. The developed application is then implemented by assessing e-Learning and Online Travel Agent case study applications, resulting in a total of 339 respondents. Assessment results show that applications in the Online Travel Agent category would generally obtain higher scores compared to e-Learning applications. In addition, a series of interface design recommendations for several applications in each category were obtained from score and comparison analysis based on aspects with the lowest scores. Hence, it can be concluded that the implementation of the Rule8 questionnaire application as an interface design assessment instrument platform can be used as a benchmark for interface design performance as well as a tool for analyzing weak points in an application's interface design."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lalu Ahmad Habib Kahirussyar`i
"Pendahuluan: Gagal jantung merupakan tantangan serius dalam dunia kesehatan dengan dampak global yang signifikan, termasuk di Indonesia, menunjukkan prevalensi tinggi yang mendorong perlunya upaya pencegahan dan manajemen yang efektif. Oleh karena itu, kami ingin mengembangkan dan menguji aplikasi berbasis web “jantung sehatq" sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan perilaku self-management pada pasien gagal jantung. Tujuan: Mengidentifikasi pengaruh edukasi dan monitoring aplikasi berbasis web jantung sehatq terhadap perilaku self-management pada pasien gagal jantung di RSUD dr.R. Soedjono Selong. Metode: Menggunakan desain quasi eksperimen, pre-post-test dengan kelompok kontrol, dimana pasien (n = 54) yang sesuai kriteria menerima perawatan standar (kelompok kontrol) atau intervensi dengan aplikasi berbasis web jantung sehatq yang dirancang untuk meningkatkan perilaku self-managemnt pada kelompok (intervensi) dan diikuti selama 1 bulan. Instrumen yang digunakan: kuisioner The European Health Failure Self Care Behaviour Scale (EHFScBS-9), Caregiver Contributions to Self-Care of Heart Failure Index-2 (CC-SCHFI-2) 29 item, Dutch Heart Failure Knowledge Scale (DHFKS) 15 item. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2023 hingga Juli 2023. Hasil: Pada awalnya, rata-rata perilaku self-management pada skala EHFScB-9 adalah 50,20±11,65 pada kelompok kontrol dan 52,16±11,06 pada kelompok intervensi. Setelah 1 bulan, terdapat perbedaan yang signifikan (secara keseluruhan P <0,001) dalam perilaku self-management antar kelompok penelitian; kelompok kontrol vs kelompok intervensi; rata-rata 51,03±11,53 vs. 77,98±6,35 [interval kepercayaan (CI) 95% -31,58-(-22,32)]. Kesimpulan: Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang peran aplikasi berbasis web dalam meningkatkan perilaku self-management pasien gagal jantung. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami secara lebih mendalam dampak intervensi terhadap respon pasien dan bagaimana hal ini dapat mempengaruhi perjalanan penyakit secara keseluruhan.

Background: Heart failure poses a serious challenge in the field of health with significant global impacts, including in Indonesia, indicating a high prevalence that underscores the need for effective prevention and management efforts. Therefore, we aim to develop and test the web-based application 'jantung sehatq' as an innovative solution to enhance self-management behaviors in heart failure patients. Objective: To identify the effect of education and monitoring of the jantung sehatq web-based application on self-management behavior in heart failure patients at at the regional general hospital dr. R. Soedjono Selong. Method: Utilizing a quasi-experimental design, pre-post-test with a control group, where patients (n = 54) meeting the criteria received standard care (control group) or intervention with the 'jantung sehatqt' web-based application designed to enhance self-management behaviors in the intervention group, and followed for 1 month. Instruments used: The European Health Failure Self Care Behaviour Scale (EHFScBS-9) questionnaire, Caregiver Contributions to Self-Care of Heart Failure Index-2 (CC-SCHFI-2) 29 items, Dutch Heart Failure Knowledge Scale (DHFKS) 15 items. This research was conducted from June 2023 to July 2023. Results: at baseline, the mean self-management behavior on the EHFScB-9 scale was 50.20±11.65 in the control group and 52.16±11.06 in the intervention group. After 1 month, there was a significant difference (overall P <0.001) in self-management behavior between the research groups; control group vs. intervention group; mean 51.03±11.53 vs. 77.98±6.35 [95% Confidence Interval (CI) -31.58-(-22.32)]. Conclutions: This study contributes to the understanding of the role of web-based applications in enhancing self-management behaviors in heart failure patients. However, further research is needed to gain a deeper understanding of the intervention's impact on patient responses and how this may influence the overall course of the disease."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library