Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Teguh Imam Santoso
"ABSTRAK
Data warehouse bukanlah suatu konsep baru, tetapi merupakan perkembangan dari metode pengumpulan informasi secara tradisional. Teknologi database menjadi faktor utama munculnya kembali data warehouse.
Penulisan bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana teknologi database berperan dalam merancang suatu data warehouse. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perancangan data yang baik akan menghasilkan kemudahan dalam pengembangan dan pemeliharaan suatu data warehouse.
Sebagai objek penelitian, penulis mengambil contoh pada suatu kasus di sebuah Bank, pada bagian MIS. Manajemen menginginkan adanya suatu informasi yang dapat memonitor dan menganalisa penggunaan biaya dari beberapa sisi dengan mudah dan cepat pada rentang waktu yang berbeda.

ABSTRACT
Data warehouse is not a completely new concept. It is a further development of the traditional information gathering method. Database technology improvement is the main reason behind the return of data warehouse.
This paper is intended to show how database technology improvement plays an important role in designing a data warehouse. The result of my research in this field shows that well designed data will provide convenience in developing and maintaining a data warehouse.
I took a case in MIS Department of a Bank as an object of the research. The management asked for an information that can monitor and analyze costs from different angles easily and fast in different time frame.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raditya Wirawan
"ABSTRAK
Data administrasi kependudukan dibutuhkan dalam perencanaan dan pelaksanaan program pemeritah Provinsi DKI Jakarta agar dapat berjalan akurat. Selain itu data administrasi kependudukan juga dibutuhkan dalam verifikasi dan validasi pelayanan publik. Saat ini data kependudukan sudah dimanfaatkan oleh beberapa OPD dan instansi, dimana sebagian sudah memeberikan feedback data yang dapat memeperkaya data kependudukan, namun data ini belum dimanfaatkan. Saat ini pelaksanaan pemanfaatan data kependudukan belum didukung oleh data yang terintegrasi, update dan mudah didapat, hal ini disebabkan karena saat ini belum tersedia sebuah basis data yang terintegrasi untuk dapat dimanfaatkan dalam pelayanan publik. Untuk mengatasi permasalahan penyajian dan pemanfaatan data kependudukan ini, maka diperlukan membangun sebuah data warehouse yang dapat membuat proses penyajian dan pemanfaatan data kependudukan efektif dan efisien, terintegrasi, tanpa mengganggu proses operasional layanan administrasi kependudukan. Perancangan data warehouse pada penelitian ini menggunakan teknik pemodelan dimensional 4 langkah menurut Kimball & Ross yaitu dengan pemilihan proses bisnis, deklarasi grain, identifikasi dimensi, dan identifikasi fakta. Perancangan data warehouse menghasilkan 44 tabel dimensi, dan 24 tabel fakta, dirancang dengan model constellation schema. Hasil perancangan dan implementasi data warehouse dapat memeberikan informasi yang berguna bagi Dinas Dukcapil dan bagi OPD yang memanfaatkan data kependudukan agar pelayanannya dapat berjalan optimal dan akurat.

ABSTRACT
Population administration data is needed in the planning and implementation of the DKI Jakarta Provincial Government program. Population administration data is also needed in the verification and validation of public services. Currently some OPDs and agencies using population data, some provided feedback data that can enrich population data, but this data has not been utilized. At present the implementation of population data utilization has not been supported by integrated, updated and easily available data, this is because there is no integrated database available to be utilized in public services. To overcome the problem, it is necessary to build a data warehouse that can make the process of presentation and utilization of population data effective and efficient, integrated, without disrupting the operational process of population administration services. The design of the data warehouse in this study uses 4-step dimensional modeling techniques by selecting business processes, grain declarations, dimension identification, and fact identification. The design of the data warehouse produces 44 dimensional tables, and 24 fact tables, designed with constellation schema model. The results of the data warehouse design and implementation can provide useful information for the Dukcapil Office and for OPDs who utilize population data so that their services can run optimally and accurately.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bibin Baby
"This paper deals with the implementation of lean techniques in a sales warehouse in the manufacturing industry. It highlights efforts to improve warehouse operations by eliminating waste using lean tools such as a value stream map (VSM). A current state VSM exposes waste in an existing system. High order picking time, improper storage, delay in vehicle loading, and low space utilization make the warehouse inefficient. Implementation of a U-shaped flow layout in the warehouse improves order picking time, vehicle loading time, and space utilization. A future state VSM shows the new state of operations before implementation. After lean implementation, considerable improvements were observed in vehicle loading, space utilization, and storage. Thus, the efficiency of warehouse operations is increased, resulting in quicker responses to customers’ demands."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2018
UI-IJTECH 9:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Atikah Yunda Setyowati
"Kebersihan merupakan salah satu persyaratan bangunan dan fasilitas sebuah PBF yang diatur dalam CDOB dan CDAKB. Prosedur tertulis, program pembersihan dan dokumentasi pelaksanaan pembersihan harus tersedia. Pengisian formulir vendor termasuk checklist kebersihan gudang pada PBF cabang PT Anugerah Pharmindo Lestari masih dilakukan dengan mengisi formulir tulisan tangan. Tugas khusus ini bertujuan untuk mengembangkan usulan pengisisan formulir checklist kebersihan gudang secara daring di PT Anugerah Pharmindo Lestari melalui aplikasi informU. Prototipe aplikasi informU untuk pengisian formulir checklist kebersihan gudang secara daring dibuat menggunakan perangkat lunak. Prototipe aplikasi informU mencakup halaman login pengguna, tampilan menu awal, menu input form, serta menu cek rekap form. Usulan ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan ketelusuran dalam proses pengisian, pemantauan, dan pengelolaan dokumen checklist kebersihan gudang.

Cleanliness is one of the building and facility requirements for a PBF which is regulated in the CDOB and CDAKB. Written procedures, cleaning programs and documentation of cleaning implementation must be available. Filling out vendor forms including the warehouse cleanliness checklist at the PBF branch of PT Anugerah Pharmindo Lestari is still done by filling in a handwritten form. This special task aims to develop a proposal for filling out the warehouse cleanliness checklist form online at PT Anugerah Pharmindo Lestari via the informU application. The informU application prototype for filling out warehouse cleanliness checklist forms online was created using software. The informU application prototype includes a user login page, initial menu display, form input menu, and form recap check menu. This proposal is expected to increase efficiency and traceability in the process of filling out, monitoring and managing warehouse cleanliness checklist documents."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library