Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gilang Fauzan
"Transportasi adalah salah satu sektor penyumbang polusi terbesar pada perkotaan karena gas buang dari kendaraan menghasilkan zat kimia yang menimbulkan polusi pada udara sekitarnya. Oleh karena itu muncul kendaraan yang menggunakan energi listrik yang tidak menghasilkan gas buang sama sekali. Dalam beralih untuk menggunakan kendaraan listrik, masyarakat harus mengganti kendaraan yang sudah ada dan membeli kendaraan listrik yang belum diproduksi secara komersil di Indonesia yang membuat peralihan menjadi mahal. Universitas Indonesia melakukan riset konversi kendaraan konvensional untuk menjadi kendaraan listrik yaitu Makara Electric Vehicle 02 yang berbasis dari Daihatsu Ayla. Powertrain kendaraan diganti dari motor pembakaran dalam menjadi motor induksi listrik AC 7.5 kW, sementara semua komponen dari driveline nya masih menggunakan komponen standar. Pada penelitian ini penulis menguji performa kendaraan dengan menggunakan alat dynamometer, selanjutnya penulis mengkalkulasi hambatan yang bekerja pada kendaraan, dan juga pada tanjakan dengan menghitung tractive effort yang dapat dihasilkan oleh kendaraan. Didapatkan bahwa daya maksimum yang dihasilkan oleh kendaraan adalah 12,08 HP, torsi maksimum adalah 86,25 Nm pada 750 RPM. Lalu dengan alat dynamometer didapatkan kecepatan maksimal kendaraan adalah 46 km/jam. Transmisi yang digunakan juga menempatkan motor untuk bekerja pada kisaran 1237-3759 RPM pada gigi satu, 776-3527 RPM pada gigi 2, 720-2624 RPM pada gigi 3, 692-1989 pada gigi 4, dan 566-1626 RPM pada gigi 5. Tanjakan maksimum yang mampu dicapai oleh kendaraan adalah 22 derajat kemiringan. Lalu saat kondisi baterai sudah tidak berada pada keadan penuh, kemampuan performa motor mengalami penurunan sebesar 29% dari kemampuan maksimal.

Transportation is one of the biggest sectors that contributes to pollution in cities area. This happens because of the exhaust gas produced by the vehicles contains dangerous gases that causes air pollution. Electric vehicle is the alternative mode of transportation that does not produce any exhaust gas at all, yet it will take a long time for the masses to adapt to this new source of energy for the vehicle, and that was when the idea came up to convert a conventional vehicle. Makara Electric Vehicle 02 is an electric vehicle conversion project, using Daihatsu Ayla as the base platform, the internal combustion engine is replaced with AC Induction Motor 7.5 kW, whilst all the rest of the driveline components remains the same to use the standard components. This research will test the vehicle performance using dynamometer, calculating the resistance force working on the vehicle, and the maximum road incline handled by the vehicle by calculating tractive effort produced by the vehicle. The result is that the vehicle produced maximum power of 12.08 HP, with maximum torque of 86.25 Nm at 750 RPM. With the help of dynamometer it is measured that the maximum vehicle speed is 46 km/hour. The transmission mapped the powertrain RPM to work and the range of 1237-3759 RPM on first gear, 776-3527 RPM on second gear, 720- 2624 RPM on third gear, 692-1989 on fourth gear, dan 566-1626 RPM on fifth gear. The maximum road incline is 22 degree of slope. When the battery condition is not in a full state of charge, the performance of the motor dropped 29% form the maximum capabilities of the motor."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferdiansyah Pratama Putra
"Tingginya kesibukan seseorang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari mendorong perlu adanya akan mobilitas tinggi dalam pemenuhan aktivitas tersebut. Mobilitas tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan berupa kendaraan. Kendaraan dapat membantu meringankan seseorang dalam beraktivitas sehingga kegiatan seseorang dapat berjalan secara efektif dan efisien. Setiap kendaraan yang diproduksi oleh perusahaan kendaraan memiliki perbedaan dari segi fitur maupun sistem yang berada di dalamnya, hal ini terjadi karena adanya persaingan antar perusahaan kendaraan. Perbedaan dari masing-masing fitur maupun sistem dari kendaraan tersebut membuat pengguna kendaraan harus melakukan adaptasi. Selain itu perbedaan lainnya terdapat pada posisi berkendara. Sehingga pada penelitian ini bertujuan mengevaluasi adaptasi pengendara roda empat di Indonesia pada kendaraan setir kanan dan setir kiri melalui pendekatan user experience.
Penelitian ini melihat faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi adaptasi pengendara terhadap perbedaan kendaraan serta berbedanya posisi berkendara. Evaluasi dilakukan dengan memberikan task kepada responden saat awal berkendara, berkendara dan akhir dari berkendara dengan melihat faktor safety pada aktivitas yang dilakukan. Metode yang digunakan antara lain performance metrics, kuesioner Single Ease Question SEQ dan kuesioner Questionnaire for User Interface Satisfaction QUIS. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa kesalahan maupun waktu yang digunakan untuk responden dalam beradaptasi. Sehingga dalam upaya pembenahan dari kesalahan tersebut diberikan sebuah tambahan informasi dimana informasi tersebut dapat berguna dalam beradaptasi.

The high level of activity that people carry out daily encourage the need for high mobility in the fulfillment of these activities. Mobility can be achieved using the help of a vehicle. Vehicles can help to ease people in doing activities so that one 39 s activities can run effectively and efficiently. Every vehicle produced by a vehicle company has a difference in terms of features and systems that are in it, this happens because of the competition between vehicle companies. Differences from each feature or system of the vehicle causes the vehicle users to have to adapt. In addition, there are other differences in driving position. So this study aims to evaluate the adaptation of four wheeled vehicle drivers in Indonesia on the right steering and left steering vehicle through the user experience approach.
This study focus on what factors can influence the adaptation of driver to vehicle differences and differences in driving position. Evaluation is done by giving task to the respondent at the beginning of the drive, during drive and at the end of the drive by looking at the safety factor on activity being done. The methods used are performance metrics, Single Ease Question SEQ questionnaire and Questionnaire for User Interface Satisfaction QUIS . Based on results of the research, there are some errors and time used for respondents in adapting. So in an effort to correct from the error, additional information is given where the information can be useful in adapting.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67271
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Very Nugroho
"Penggunaan transportasi berbasis energi listrik merupakan suatu upaya untuk mengurangi permasalahan lingkungan. Salah satu jenis motor listrik yang banyak digunakan pada kendaraan listrik adalah motor BLDC. Performansi motor BLDC dapat dilihat dari karakteristik arus saluran, torsi, kecepatan putar, tegangan induksi, dan daya masukan motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi pembebanan terhadap performansi motor BLDC pada KARLING. Pada pengujian motor BLDC sebagai penggerak KARLING dengan variasi berat penumpang 55 kg, 78 kg, dan 143 kg, diperoleh durasi waktu terlama saat arus saluran dan torsi elektromagnetik relatif stabil dalam proses mencapai kecepatan konstan yaitu 41 detik dengan berat penumpang 143 kg. Kemudian saat kecepatan motor relatif konstan, diperoleh nilai arus saluran dan torsi terbesar saat berat penumpang 143 kg, yaitu 41,52 A dan 23,88 Nm. Durasi waktu terlama untuk mencapai kecepatan putar relatif konstan pada 32 rad/s diperoleh saat berat penumpang 143 kg yaitu 46 detik dengan nilai tegangan induksi 18,23 V. Dan konsumsi energi terbesar berdasarkan karakteristik daya masukan diperoleh saat berat penumpang terbesar yaitu 143 kg yaitu 0,06 kWh/km. Kemudian pada pengujian dengan kemiringan lintasan 1,25 dengan berat penumpang 55 kg diperoleh percepatan yang lebih rendah dan konsumsi energi yang lebih besar yaitu 0,07 kWh/km dibanding pada lintasan mendatar dengan berat penumpang yang sama yaitu 0,046 kWh/km.

The use of electric energy based transportation is an effort to reduce environmental problems. One type of electric motors that is widely used in electric vehicle applications is BLDC motor. The performance of BLDC can be seen from the characteristics of current, electromagnetic torque, back emf voltage, angular velocity, and input power. This study aims to determine the effect of loading variation on the performance of BLDC motor at KARLING. In BLDC motor test as KARLING driver with variations of passenger weight are 55 kg, 78 kg, and 143 kg, obtained the longest duration when line current and electromagnetic torque is relatively stable in process reaching constant speed which is 41 second with passenger weight 143 kg. Then, when the motor angular velocity is relatively constant, the highest line current and torque occurs at 143 kg passenger weight, with the values are 41,52 A dan 23,88 Nm. The longest duration of time to reach a relatively constant rotational speed at 32 rad s is obtained when the passenger weight is 143 kg that is 46 seconds with back emf voltage value is 18.23 V. And the largest energy consumption based on input power characteristics obtained when the passenger weight is 143 kg as the largest passenger weight is 0.06 kWh km. Then at the test with a slope of the track of 1.25 with weight of passengers is 55 kg obtained lower acceleration and greater energy consumption that is 0.07 kWh km than on a horizontal track with the same weight which is 0.046 kWh km."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldino Jazmi Purnomo
"Seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan akan sistem penggerak listrik untuk kendaraan listrik yang efisien, kecepatan serta torsi yang tinggi, dan perawatan yang murah semakin meningkat. Akan tetapi motor yang sering digunakan saat ini yakni motor DC belum mampu memenuhi kebutuhan akan hal tersebut. Oleh karena itu, digunakan motor BLDC untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Dalam penggunaan motor BLDC sebagai penggerak kendaraan listrik diperlukan suatu sistem Power Electronics yang handal. Fokus dari Skripsi ini adalah membahas perancangan Prototipe BLDC Motor Controller yang handal dan efisien untuk digunakan sebagai penggerak kendaraan listrik dengan metode pengendalian Six Step Commutation. Setelah itu BLDC Motor Controller hasil Simulasi, Reference, dan Prototipe yang dibuat oleh penulis akan dianalisa output fasanya, pengendalian kecepatannya dan performanya pada rancang bangun kendaraan Listrik (Karling) melalui metode Test Drive.
Pengujian Test Drive Kendaraan Listrik (Karling) sejauh 1 kilometer membutuhkan waktu 2 menit 20 detik dan diperlukan energi rata rata sebesar 26,469 Wh/Km. Kecepatan maksimum yang bisa dicapai Kendaraan Listrik (Karling) adalah 32 Km /jam, dengan efisiensi sebesar 63,28%.

Along with the development, the need for electric drive systems for electric vehicles that are efficient, has high speed and torque, and need low maintenance is increasing. However, the motor that often used at this time, the DC motor, has not been able to meet the demand for it. Therefore, BLDC motors are used to meet those needs.
BLDC motors used as an electric vehicle propulsion need a reliable system of Power Electronics. The focus of this thesis is to discuss the design of the prototype BLDC Motor Controller that is reliable and efficient to use as an electric vehicle propulsion using the Six Step Commutation drive control method. After that BLDC Motor Controller Simulation results, Reference, and prototypes created by the author will be analyzed in terms of its output phase , the speed control and its performance on Electric Vehicles ( Karling ) through the method of Test Drive.
Testing Electric Vehicles ( Karling ) through Test Drive as far as 1 kilometer takes 2 minutes 20 seconds and the energy required average of 26.469 Wh / km. The maximum speed that can be achieved by Electric Vehicles ( Karling ) is 32 km / h , with an efficiency of 63.28 %.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64059
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library