Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Travel agent adalah suatu biro usaha yang bergerak di bidang pariwisata. Seiring dengan perkembangan pariwisata yang semakin meningkat, hal ini juga menyebabkan semakin maraknya persaingan antara travel agent. Untuk menghadapi persaingan antara sesama travel agent, suatu travel agent sebaiknya meningkatkan pelayanan jasa kepada para customer travel agent tersebut. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) yang baik adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam peningkatan jasa tersebut.
Sesuai dengan topik utama dari proyek mahasiswa ini adalah pengembangan prototipe sistem Customer Relationship Management untuk travel agent. Prototipe sistem CRM untuk Travel Agent yang dibangun, menggunakan Global Distribution System (GDS) untuk mendapatkan informasi yang lengkap atas hal-hal yang berhubungan dengan industri pariwisata. GDS adalah suatu basis data yang terpadu yang memberikan informasi yang lengkap serta detil terhadap hal-hal yang berhubungan dengan industri pariwisata. Secara garis besar, prototipe sistem CRM yang dibangun terdiri atas dua sistem, yaitu sistem internal dan eksternal. Sistem internal digunakan oleh pihak travel agent, sedangkan sistem eksternal digunakan oleh pihak customer.
Pengembangan prototipe sistem CRM Travel Agent ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan terhadap customer dan untuk mengembangkan pemasaran jasa dari travel agent. Hal ini dikarenakan yang menjadi fokus utama dalam pengimplementasian aplikasi CRM ini adalah customer dari Travel Agent.
Dalam mengembangkan prototipe sistem CRM untuk travel agent ini, tim pengembang menggunakan metodologi pengembangan sistem System Development Life Cycle (SDLC). Implementasi prototipe sistem dilakukan dengan menggunakan platform aplikasi Internet Information System (IIS) 1.6, Ms SQL Server 2000 sebagai database server, Ms VB.Net sebagai bahasa pemrograman untuk sistem internal dan Ms ASP.Net sebagai bahasa pemrograman untuk sistem eksternal."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Naufal Abdurrahman
"Meningkatnya permintaan untuk bepergian dan didukung oleh peningkatan teknologi, membantu industri seperti agen perjalanan online yang berkembang pesat dengan penjualan dan pengguna baru selama bertahun-tahun. Penelitian ini mencoba mengkaji faktor-faktor apa saja yang mendorong konsumen melakukan pembelian dari aplikasi online travel agent seperti Traveloka dengan menggunakan framework Stimulus - Organism - Response.
Lima variabel yang dianggap sebagai stimulus (Appearance, Security, Online Promotion, Brand Reputation, Brand Familiarity), dua variabel sebagai organism (Trust & Attitude) dan satu variabel sebagai response (Purchase Intention). Terdapat total 274 responden yang dikumpulkan melalui kuesioner online untuk penelitian ini. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software AMOS 24 untuk menganalisis model penelitian. Berdasarkan total 13 hipotesis yang diajukan, 8 hipotesis diterima dan 5 hipotesis ditolak.
Hasil penelitian memperkuat kerangka Stimulus - Organisme - Respon, dengan semua variabel stimulus setidaknya memiliki satu jalur signifikan ke organism baik terhadap trust atau attitude, sedangkan kedua variabel organism menunjukkan hubungan yang signifikan dan kuat terhadap Purchase Intention. Lebih lanjut, hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi Traveloka dan para pesaingnya, untuk melihat stimulus seperti apa yang berpengaruh terhadap niat pembelian konsumen.

With the increasing demand to travel and supported by major technological improvement help industry such as online travel agent thriving with sales and new users over the years. This research tries to examines what factors that drives consumers to make a purchase from online travel agent application such as Traveloka using Stimulus - Organism - Response framework.
Five variables considered as stimulus (Appearance, Security, Online Promotion, Brand Reputation, Brand Familiarity), two variables as organism (Trust & Attitude) and one variable as response (Purchase Intention). There are total of 274 respondents collected through online questionnaire for this research. This research uses Structural Equation Modelling (SEM) using AMOS 24 software to validate and analyze the research model. Based on the total of 13 hypotheses proposed, 8 hypotheses are accepted and 5 rejected.
The results strengthen the Stimulus - Organism - Response framework, with all stimulus variable at least have one significant path to organism either to Trust or Attitude, while both organism variable shows significant and strong relationship towards Purchase Intention. Furthermore, the results of this study could provide insight for Traveloka and its competitors, to decide what kind of stimulus that helps them acquire consumers.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Courneyer, Norman G.
California: Breton Publishers, 1983
647.94 COU h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library