Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Septa Dwi Indriyani
"Sektor pariwisata di Kota Malang mengalami penurunan kunjungan drastis yaitu sebesar 53% di Bulan Maret 2020 sebagai akibat adanya pandemi Covid-19. Penurunan jumlah juga berdampak pada pelaku usaha penyokong pariwisata, yaitu perhotelan. Dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasioanal dan memberikan stimulus pada sektor pariwisata, Pemerintah Pusat memberikan Dana Hibah Pariwisata kepada industri hotel di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan Insentif Pajak Hotel dan Dana Hibah Pariwisata di Kota Malang selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemberian kebijakan insentif Pajak Hotel dan Dana Hibah Pariwisata memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Kebijakan pemberian insentif Pajak Hotel selama pandemi Covid-19 tidak tepat sasaran karena tidak sesuai dengan anjuran pemerintah dan penerima manfaat insentif bukan industri hotel. Pemberian Dana Hibah Pariwisata lebih memberikan dampak kepada industri hotel. Dengan demikian, pelaksanaan Dana Hibah Pariwisata perlu dimaksimalkan pada periode selanjutnya dan perlu tetap diberikan mengingat Kota Malang merupakan salah satu dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas.
The tourism sector in Malang City has drastic decline of 53% in March 2020 as a result of the Covid-19 pandemic. The decreasing of the number of tourism visit impacts on business actors that supporting tourism, hotels. In the context of the National Economic Recovery and providing a stimulus to the tourism sector, the Central Government provides Tourism Grants to the hotel industry in Malang City. This study aims to analyze the comparison of Hotel Tax Incentives and Tourism Grants in Malang City during the Covid-19 pandemic. This study uses a qualitative approach. The results of this study indicate that Hotel Tax incentives and Tourism Grants have their respective advantages and disadvantages. The policy of providing hotel incentives during the Covid-19 pandemic is not right on target because it is not in accordance with government recommendations and the recipients of incentives are not industrial hotels. The provision of Tourism Grants has more impact on the hotel industry. Thus, the implementation of the Tourism Grant Fund needs to be maximized in the next period and it is necessary to remember that Malang City is one of the 10 Priority Tourism Destinations."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"Penelitian ini bertujuan untuk membahas fenomena budaya pariwisata virtual yang berkembang melalui virtual tour. Virtual tour merupakan simulasi lokasi atau objek wisata dengan menggunakan rangkaian video atau gambar beserta tambahan musik, efek suara, teks, dan narasi. Studi sebelumnya menemukan bahwa virtual tour muncul karena adanya perkembangan teknologi, kebutuhan promosi objek wisata, dan kebutuhan penjagaan warisan budaya. Berdasarkan pemikiran Baudrillard, kondisi hyperreality merupakan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi dan pandemi Covid-19 yang menguatkan kehidupan cyberspace. Namun peneliti berargumen bahwa tidak serta merta kondisi hyperreality dapat terjadi, khususnya dalam virtual tour yang dikelola oleh perusahaan A. Peneliti berargumen bahwa terdapat kompleksitas tersendiri untuk menciptakan kondisi hyperreality. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan apakah virtual tour yang dikelola oleh perusahaan A merupakan sebuah kondisi hyperreality pada industri pariwisata di era digital. Penelitian ini menemukan bahwa hyperreality tidak tercipta dalam virtual tour yang dikelola oleh perusahaan A. Terdapat beberapa komponen hyperreality sesuai pemikiran Baudrillard, yaitu model simulasi, seperti simulasi rute perjalanan, simulasi visual, simulasi narasi, dan simulasi interaksi. Namun masih terdapat keterbatasan yang menghalangi terciptanya kondisi hyperreality pada virtual tour. Menurut wisatawan, virtual tour merupakan inovasi yang menarik, namun mereka belum sepenuhnya menikmati perjalanan wisata virtual.
This study aims to discuss the phenomenon of virtual tourism culture that develops through virtual tours. A virtual tour is a simulation of a location or tourist attraction using a series of videos or images along with additional music, sound effects, text, and narration. Previous studies have found that virtual tours arise because of technological developments, the need for promotion of tourist objects, and the need for preserving cultural heritage. Based on Baudrillard's thinking, the hyperreality condition is a logical consequence of technological developments and the Covid-19 pandemic that strengthens cyberspace life. However, the researcher argues that hyperreality does not necessarily occur, especially in a virtual tour managed by company A. The researcher argues that there is a distinct complexity to creating hyperreality conditions. This study seeks to explain whether the virtual tour managed by company A is a hyperreality condition in the tourism industry in the digital era. This study finds that hyperreality is not created in a virtual tour managed by company A. There are several components of hyperreality according to Baudrillard's thinking, namely simulation models, such as travel route simulations, visual simulations, narrative simulations, and interaction simulations. However, there are still limitations that prevent the creation of hyperreality conditions on virtual tours. According to tourists, virtual tours are an interesting innovation, but they have not fully enjoyed virtual travel."
[Depok, Depok]: [Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library