Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 43 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
R 726.159 8 CAN
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Edi Sedyawati, 1938-
Jakarta: Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
726SEDC001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
Hariani Santiko
"Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari dan merekonstruksi kebudayaan masa lalu berdasarkan sisa-sisa kebudayaan materi yang mereka tinggalkan. Mengingat kelembaban iklim Indonesia yang sangat tinggi serta akibat proses kimiawi yang terjadi dalam tanah dimana benda-benda tersebut terkubur beratus bahkan beribu tahun, maka benda-benda tinggalan manusia tersebut sudah tidak utuh lagi. Dari sisa-sisa materi yang terbatas inilah ahli arkeologi berusaha untuk merekonstruksi kebudayaan manusia masa lalu, apabila mungkin seutuhnya, Mengingat jangkauan arkeologi sangat luas, maka untuk merekonstruksi kebudayaan masa lalu, selain mempergunakan metode arkeologi secara seksama, apabila diperlukan, dapat diterapkan pula metode-metode yang dipinjam dari ilmu-ilmu lain (Magetsari 1990: 1-2).
Dalam rangka penelitian arkeologi, untuk kali ini, perkenankanlah saya membahas salah satu jenis peninggalan arkeologi yaitu candi, sisa-sisa sarana ritual agama Hindu dan Buddha di Indonesia, khususnya di Jawa dengan menitik beratkan pembicaraan pada ciri-ciri arsitektur candi serta membandingkannya dengan patokan-patokan yang digariskan oleh kitab Vastusatra (Silpasastra) di India, selanjutnya mencoba merekonstruksi makna simboliknya.
Agama Hindu dan Buddha berkembang di Indonesia antara abad VII--XV Masehi, dan kebudayaan materi yang mereka tinggalkan kebanyakan adalah tempat-tempat suci yaitu candi, stupa, gua penapaan dan kolam suci (patirthan).
Kehadiran bangunan suci candi mula-mula dilaporkan oleh orang-orang Belanda yang melakukan perjalanan di Jawa Tengah pada sekitar abad XVIII, Misalnya C.A. Lons, seorang pegawai VOC di Semarang mengunjungi Kartasura dan Yogyakarta, menyempatkan diri mengunjungi peninggalan-pcninggalan purbakala sekitar Yogyakarta termasuk kompleks candi Prambanan (Rara Jonggrang). Laporan-laporan tersebut rupanya menarik hati pejabat-pejabat Belanda, sehingga tahun 1746 Gubernur Jendral Van Imhoff mengunjungi kompleks Prambanan, kemudian berdatanganlah orang-orang, baik atas perintah atasannya maupun atas kehendak sendiri. Kemudian Sir Stamford Raffles yang menjadi Gubemur Jendral di Indonesia pada tahun 1814 sangat tertarik dengar kebudayaan Jawa. Dengan bantuan teman-teman dan bawahannya (orang Jawa) ia meneliti kebudayaan Jawa termasuk candi-candi yang kemudian diterbitkan daiam bukunya yang terkenal yaitu The History of Java (1817) . Pada waktu itu rupanya orang-orang Belanda dan Inggris telah mempunyai pandangan berbeda terhadap "barang-barang aneh" tersebut. Mereka mulai mengagumi candi dan berpikir betapa tingginya nilai seni yang ditampilkan, serta timbul kesadaran betapa tinggi peradaban bangsa Indonesia di masa lalu (Soekmono 1991:3).
Pada tahun 1885 Y.W. Yzerman mendirikan Archaeologische Vereenigins van Jogya, yaitu semacam Badan Purbakala. Sejak itu penelitian terhadap benda benda purbakala dilakukan lebih sistematis, demikian pula mulai dilakukan pemugaran candi-candi besar maupun candi kecil.
Penelitian candi-candi di Jawa maupun di luar Jawa telah banyak dilakukan Karangan-karangan tentang deskripsi candi paling banyak ditemukan, kemudian menyusul karangan mengenai relief candi, fungsi candi, Tatar belakang keagamaan seni arcanya, peranan candi dalam industri pariwisata dan sebagainya."
Jakarta: UI-Press, 1995
PGB 0462
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Yazir Marzuki
Jakarta: Djambatan, 1993
726.143 YAZ b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Inggita Adya Rari
"Kajian ini berisi analisa gaya candi di Sawa Tengah, abad VII - IX Masehi. Pendekatan yang dilakukan pada kajian ini adalah pendekatan kuantitatif guna menguji hipotesa Edi Sedyawati tentang kesatuan gaya seni area di Candi Roro Jonggrang dan Plaosan Lor. Adapun hipotesa tersebut menyatakan bahwa kesatuan gaya seni area yang ada di Candi Roro Jonggrang dan Plaosan Lor terjadi lebih dipengaruhi oleh kedudukan suatu kelompok kemasyarakatan sebagai pusat atau pinggiran dibandingkan dengan penganut agamanya.
Pengelompokan masyarakat tersebut bisa dilihat dari pengelompokan tinggalan yang ada. Hipotesa tersebut akan diterapkan pada gaya bangunan candi yang ada di wilayah yang sekarang bernama Jawa Tengah (termasuk wilayah DIY).
Data yang digunakan pada penelitian ini adalah 40 candi berbahan batu andesit yang berasal dari abad VII - IX M. Data tersebut dihasilkan setelah terjadi proses pemilihan yang disesuaikan dengan keadaan candi yang masih ada bagian bangunan yang dapat diamati. Setelah data terpilih, data tersebut diamati dengan menggunakan ragangan penelitian candi (merupakan modifikasi dari ragangan bangunan tradisional oleh Edi Sedyawati). Setelah data dimasukkan dalam ragangan. Hasil tersebut diolah dengan menggunakan tabel-tabel yang sudah terdapat pada program komputer SPSS . Adapun tujuannya adalah untuk diadakan pengujian antar variabel dengan cara uji chi-squre.
Sebaran candi-candi berbahan batu andesit di Jawa Tengah, abad VII - IX Masehi pada peta terlihat mengelompok. Adapun pengelompokan yang tersebut adalah di Dataran Tinggi Dieng, di Daerah Ungaran dan sekitarnya, di Dataran Kedu, dan di Daerah sekitar Prambanan. Berdasarkan hal tersebut maka pengujian yang dilakukan terhadap variabel-variabel pengamatan diuji dengan faktor pengelompokan lokasi. Selain dengan faktor lokasi dilakukan juga pengujian dengan latar belakang keagamaan. Hal ini dilakukan dalam rangka memperbandingkan faktor manakah yang lebih menunjukan hubungan yang bermakna terhadap keberadaan variabel-variabel pengamatan candi.
Berdasarkan analisa kuantitatif yang dilakukan dengan bantuan program komputer yaitu SPSS 10 diketahui bahwa faktor lokasi (mengacu pada masyarakat pembuatnya) mempunyai pengaruh yang lebih signifikan daripada faktor latarbelakang agama. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa penelitian ini mendukung hipotesa Edi Sedyawati bahwa gaya seni di suatu wilayah dipengaruhi oleh kedudukan suatu kelompok kemasyarakatan (yang diwakili dengan pengelompokan tinggalan yang ada di suatu lokasi pada penelitian ini) sebagai pusat atau pinggiran dibandingkan dengan penganut agamanya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11117
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Aliffian
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai komponen komponen yang ada pada arca di ruang Xuan-Tang Gong Kelenteng Cileungsi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ciri ciri komponen pada Arca Kelenteng dan mengidentifikasi nya lalu membandingkan ciri ciri komponen yang dimiliki dengan mitologinya. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dari 66 arca dewa pada ruangan tersebut, terdapat 14 tokoh dewa pada ruang ini. Tokoh dewa tersebut adalah Xuan Tan Yuan Shuai (Hian Than Goan Swee), Fu De Zheng Shen (Thouw Te Kong), Xuan Tian Shang Di (Hian Thian Siang Te), Guan di (Koan Te), Guan Ping I (Koan Ping), Zhou Chang (Ciu Jong), Guang Ze Zun Wang (kong Tek Cun Ong), Zu Shi Gong (Co Su Kong), Yu Huang Da Di (Giok Hong Tay Te), Tian Shang Sheng Mu (Thian Siang Sing bo), Sun Feng Er, Qian Li Yan, Ling Bao Tian Zun dan Daode Tian Zun. Selain itu ada juga arca yang masih belum teridentifikasi yaitu arca 2.T.1, 2.T.2, 2.TE.2, dan arca 6.B.6. Ke empat arca tersebut masih belum bisa diidentifikasi siapa sosok dibalik arca tersebut sebetulnya dikarenakan keseluruhan tubuh arca tertutup oleh jubah dan hanya menyisakan bagian kepalanya. Setelah dilakukan pengkajian, kebanyakan arca memiliki penggambaran yang sesuai dengan mitologinya. Selain itu dijumpai arca yang tidak memiliki ciri-ciri komponen yang tidak terlalu mengikuti mitologinya yaitu arca 5.TE.4, 5.TE.7, 6.B.1, dan arca 6.B.2.

ABSTRACT
This research discusses the components present in the statue in the Xuan-Tang Gong room of the Cileungsi Temple. This study aims to look at the component characteristics of the Temple Statues and identify them and then compare the component characteristics possessed by the mythology. The results of this study explain that from 66 statues of deities in the room, there are 14 deities in this room. These god figures are Xuan Tan Yuan Shuai (Hian Than Goan Swee), Fu De Zheng Shen (Thouw Te Kong), Xuan Tian Shang Di (Hian Thian Siang Te), Guan di (Koan Te), Guan Ping I (Koan Ping) , Zhou Chang (Ciu Jong), Guang Ze Zun Wang (Kong Tek Cun Ong), Zu Shi Gong (Co Su Kong), Yu Huang Da Di (Hong Tay Te Jade), Tian Shang Sheng Mu (Thian Siang Sing bo), Sun Feng Er, Qian Li Yan, Ling Bao Tian Zun and Daode Tian Zun. In addition there are also statues that have not been identified, namely statues 2.T.1, 2.T.2, 2.TE.2, and statues 6.B.6. The four statues are still unable to be identified who the figure behind the statue is actually due to the entire body of the statue covered by a robe and leaving only the head. After the assessment, most of the statues have depictions in accordance with their mythology. Also found statues that do not have the characteristics of components that do not really follow the mythology, namely statues 5.TE.4, 5.TE.7, 6.B.1, and statues 6.B.2. K
"
2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Siagian, Renville
Bandung: Yayasan Cempaka Kencana, 2002
R 726.109598 SIA i
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Casparis, J.G. (Johannes Gijsbertus) de
Jakarta : Dinas Purbakala, 1958
992.02 CAS s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hasan Djafar
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1992
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Kusparyati Boedhijono
Depok: Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 1992
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>