Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Asrie Permata Dini
"Manajemen rantai pasokan telah menjadi bagian integral dari sebuah bisnis dan penting untuk mencapai keberhasilan dan kepuasan pelanggan bagi sebuah perusahaan. Perusahaan Telekomunikasi terbesar di Indonesia menjadi salah satu perhatian dalam pengembangan rantai pasok, karena merupakan salah satu pendorong untuk terus meningkatkan layanan pengembangan ekosistem Telekomunikasi yang berkelanjutan seperti penyediaan jasa telekomunikasi, jaringan tetap, layanan Telekomunikasi secara khusus dan mobile network. Studi kasus penelitian ini dilakukan pada perusahaan Telekomunikasi di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk menilai Supplier/supplier berdasarkan aspek berwawasan literasi review akademik, dengan tujuan menganalisis pemilihan Supplier berdasarkan Supply Chain Managaement (SCM) di perusahaan Telekomunikasi serta merancang strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan Supplier yang dapat berlanjut pada penunjukan pelaksanaan pekerjaan untuk pelanggan Telekomunikasi pada sektor Enterprise, Bisnis dan Pemerintahan. Penilaian Supplier didasarkan pada dimensi kemampuan dan dimensi kinerja yang dimiliki Supplier. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk memperoleh bobot atas kriteria dalam melakukan penilaian Supplier dan Technique for Order of Preference Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk memperoleh nilai akhir dalam penilaian setiap Supplier. Hasil dari penelitian ini adalah menyediakan usulan pengembangan proses bisnis bagi 20 Supplier perusahaan yang telah terdaftar dalam list Supplier perusahaan Telekomunikasi yang dibandingkan dengan kondisi eksisting. Hasil penelitian ini memberi peringkat terutama terhadap 20 (dua puluh) Supplier direkomendasikan yang paling tepat dalam melaksanakan pekerjaan ke pelanggan perusahaan Telekomunikasi.
Supply chain management has become an integral part of a business and is important for achieving success and customer satisfaction for a company. The largest telecommunications company in Indonesia is one of the concerns in supply chain development. It is one of the drivers to continue improving services for the development of a sustainable telecommunications ecosystem such as the provision of telecommunications services, fixed networks, and telecommunications services specifically and clar networks. This research case study was conducted on a telecommunication company in Indonesia. This research was conducted to assess suppliers/suppliers based on aspects of academic review literacy, with the aim of analyzing the selection of suppliers based on supply chain management (SCM) in telecommunications companies and designing strategies that can be used in supplier development that can continue in the appointment of work implementation for telecommunications customers in Enterprise, Business, and Government. The sector supplier is based on the dimensions of capabilities and performance dimensions of the Supplier. The method used in this research is the Analytical Hierarchy Process (AHP) to obtain the weight of the criteria in evaluating Suppliers and the Technique for Order of Preference Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) to obtain the final score in the assessment of each Supplier. The result of this research is to provide business process development proposals for 20 company suppliers that have been registered in the supplier list of telecommunication companies compared to the existing conditions. The results of this study give a rating especially to the 20 (twenty) definite Suppliers who are the most appropriate in carrying out workforce communications with customers."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Dimas Agung Saputra
"
ABSTRAKPada saat workshop unit OSS Platform Development (OPD) PT. Telekomunikasi Indonesia tahun 2019, ditemukan masalah pada time to market yang lama untuk pengembangan produk baru karena banyaknya sistem yang harus dikonfigurasi dan diintegrasi pada Operation Support System (OSS). Pada kondisi seperti ini, diperlukan Enterprise Architecture (EA) sebagai panduan untuk pengembangan SI/TI ke depannya yang efektif. Hal ini sejalan dengan fokus pada program Divisi IT tahun 2020, yaitu melakukan transformasi arsitektur menjadi Microservice Architecture (MSA). Tahap awal yang dilakukan adalah dengan mengidentifikasi kondisi EA saat ini melalui Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara yang didukung dengan sumber-sumber literatur relevan. FGD kedua kemudian dilakukan sebagai bahan penyusunan EA yang diharapkan. Pengembangan EA dilakukan dengan menggunakan kerangka kerja TOGAF ADM (The Open Group Architecture Framework Architecture Development Method). Kombinasi ITIL (Information Technology Infrastructure Library) dan eTOM (enhanced Telecom Operation Operation Map) digunakan untuk mengidentifikasi microservices berdasarkan bisnis proses yang dijalankan pada organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode action research yang dikombinasikan dengan case study research. Pengolahan data menggunakan metode kualitatif dengan Thematic Analysis yang dikodifikasi untuk menentukan EA yang diusulkan. Hasil penelitian ini adalah rancangan EA berbasis MSA terintegrasi dengan Service Oriented Architecture (SOA) pada OSS PT. Telekomunikasi Indonesia. Rancangan MSA terutama berada pada domain Resource berdasarkan eTOM yang diidentifikasi dari masalah bisnis perusahaan
ABSTRACTDuring the 2019 workshop unit of OSS Platform Development (OPD) PT Telekomunikasi Indonesia, a problem was found that the need for a longer time to market in developing new products. There are many Operation Support Systems (OSS) that had to be configured and integrated. In this condition, Enterprise Architecture (EA) is needed as a guide for the effective future development of IS/IT. It is aligned with the focus on the IT Division program in 2020, which is transforming the architecture to become a Microservice Architecture (MSA). The initial stage would identify the current EA conditions through a Focus Group Discussion (FGD) and interviews that supported by relevant literature sources. The second FGD was conducted to collect materials that used to design the expected EA. EA development was arranged using the The Open Group Architecture Framework Architecture Development Method (TOGAF ADM) framework. The combination of ITIL (Information Technology Infrastructure Library) and eTOM (enhanced Telecom Operation Operation Map) was used to identify microservices based on business processes that running in the organization. This study was using approaches of qualitative and action research methods combined with case study research. Data processing was using qualitative methods with Thematic Analysis to determine the proposed EA. The result of this study is EA based on MSA integrated with Service Oriented Architecture (SOA) on the OSS of PT. Telekomunikasi Indonesia. The part design of MSA is mainly in the Resource domain based on eTOM identified from the business problems of the company."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library