Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Chicago: American Library Association,
020 ITL
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Bondar, Adin (author)
Abstrak :
The purpose of this research is to determine the influence of the use of information technology, kinesics and artefactual behavior, compensation, trust towards customers statisfaction. The research approach is quantitative method with path analysis. Sampling technique is simple random sampling with a representative sample of 123 respondents. The result such as: first, the use of information technology, kinesics and artifactual behavior, compensation, and trust has direct positive effect on customers statisfaction ; second, the use of information technology, kinesics and artefactual behavior, and compensation, has direct positive effect on trust. The implications of this research is to strengthen policies and role model in the improvement of library services as a vechile for encouraging lifelong aducation of reading habit society
Pengurus Pusat Ikatan IPI, 2015
020 JIPIN 2:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Shiddiq Sugiono
Abstrak :
Chatbot merupakan salah satu teknologi digital berbasiskan kecerdasan buatan yang telah dimanfaatkanberbagai perpustakaan untuk menunjang efisiensi layanan informasi. Pemanfaatan chatbot tersebut dinilai mampu menciptakan ekosistem smart library sehingga penting untuk terus dikembangkan agar pelangganmerasa puas terhadap pelayanan informasi yang diberikan. Kajian ini bertujuan untuk memberikangambaran mengenai manfaat yang dapat diperoleh perpustakaan dari pengimplementasian chatbot untukmencapai konsep smart library. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah tinjauan literatur dari basis data Google Scholar dan Scopus. Terdapat 5 artikel sebagai data penelitian utama. Hasil penelitianmenyebutkan bahwa setidaknya terdapat 2 manfaat yang dapat didapatkan dari pengimplementasianchatbot dalam layanan informasi perpustakaan yaitu: layanan informasi terpersonalisasi serta integrasi ruang siber dengan perpustakaan. Dalam layanan informasi terpersonalisasi, pelanggandapat memperoleh informasi yang sesuai dengan kebutuhannya tanpa harus terbebani dengan informasi yangtidak diperlukan. Adapun dalam mengintegrasikan ruang siber dengan kehidupan nyata, pelanggansudahmampu mengakses layanan tanpa harus datang ke lokasi. Efisiensi menjadi kata kunci dalampemanfaatan teknologi untuk mendukung layanan perpustakaan. Penelitian empiris lebih dalammengenai chatbot, khususnya di Indonesia, perlu dilakukan untuk dapat mengembangkan serta mengevaluasi pemanfaatan teknologi tersebut.
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2021
020 VIS 23:3 (2021)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sukirno
Abstrak :
Perpustakaan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada menghadapi pemustaka yang berubah. Pemustaka akrab dengan teknologi informasi dengan konten digital, sehingga memengaruhi kebiasaan dan perilaku dalam memanfaatkan fasilitas perpustakaan dengan laptop maupun smartphone. Pemustaka membutuhkan fasilitas yang memadai dan nyaman untuk belajar. Menyadari terjadinya pergeseran kebiasan dan perilaku pemustaka, Perpustakaan FK-KMK berusaha untuk mengembangkan fasilitas perpustakaan dengan pendekatan Coworking Space. Rumusan masalah adalah bagaimana implementasi Coworking Space dalam pengembangan fasilitas Perpustakaan FK-KMK UGM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Coworking Space dalam pengembangan fasilitas Perpustakaan FK-KMK UGM. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan variabel penelitian implementasi Coworking Space untuk pengembangan fasilitas Perpustakaan FK-KMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Coworking Space untuk pengembangan fasilitas perpustakaan dilakukan dengan: mengubah tata letak di lantai 1, yaitu rak koleksi buku, meja, kursi dan layanan sirkulasi; pilar di lantai 1 dicat dengan warna cerah; penambahan reading space di teras depan Perpustakaan FK-KMK; dan ketersediaan fasilitas sehingga pemustaka merasa nyaman belajar atau diskusi di perpustakaan. Rekomendasi dalam penelitian ini adalah agar Coworking Space mendorong pemustaka merasa nyaman menggunakan fasilitas perpustakaan FK-KMK UGM. Untuk itu, perawatan dan kebersihan harus senantiasa dilakukan.
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2021
020 PUS 28:3 (2021)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ardoni
Jakarta: Sagung Seto, 2017
025.4 ARD t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Aini Rahayu
Abstrak :
OPAC (Online Public Access Catalog) merupakan salah satu sarana temu kembali informasi yang penting untuk diimplementasi oleh perpustakaan karena tidak hanya dapat membantu pustakawan dalam mengelola koleksi perpustakaan, tetapi juga dapat membantu pengguna menemukan bahan pustaka yang dibutuhkan secara mudah dan fleksibel. Meskipun demikian, OPAC dapat mengalami permasalahan ketika pencarian dilakukan seperti dokumen yang ditemukan tidak relevan dengan kueri yang diberikan oleh pengguna, informasi yang tersedia di OPAC tidak lengkap, dan sebagainya. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui dan menilai seberapa efektif dan efisien kinerja OPAC Perpustakaan UI berdasarkan kriteria evaluasi sistem temu kembali informasi Salton dan McGill. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja OPAC Perpustakaan UI dinilai efektif dan efisien, hal ini terlihat dari rata-rata nilai precision yang berada di angka 0.87 atau tingkat precision tinggi, rata-rata waktu respons pencarian berada di angka 1,81 yang dinilai cepat, kecilnya upaya pengguna yang dibutuhkan, tampilan antarmuka OPAC Perpustakaan UI dan hasil pencarian yang disajikan dengan yang baik dan mudah untuk dipahami, serta lengkapnya cakupan koleksi yang tersedia di OPAC Perpustakaan UI. ......OPAC (Online Public Access Catalog) is an retrieval information tool which is considered important to be implemented by a library because it does not only help the librarians in managing the library’s collections but it also helps the users in retrieving the library materials easily and flexibly. Even so, OPAC might experience some problems such as documents that are retrieved are not relevant to the query given by the user, the information available in the OPAC is incomplete, and so on. Therefore, this study is conducted to find out and assess how effective and efficient the performance of UI Library’s OPAC based on Salton and McGill’s information retrieval system evaluations criteries. The results of this study indicate that the performance of UI Library’s OPAC is considered to be effective and efficient, which can be seen from the average of precision value which is at 0,87 and or a high level precision, the average search response time is at 1,81 seconds which is considered fast, small user effort is required, the interface display of UI Library’s OPAC and the search results that are well-presented and easy to understand, as well as the complete collection coverage that is provided in the UI Library’s OPAC.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Endang Fatmawati
Abstrak :
Artikel ini bertujuan untuk mendiskusikan tentang eksplorasi teknologi informasi melalui kompetensi TIK. Metode yang digunakan adalah dengan kajian literatur sesuai dengan topik yang dibahas. Kehadiran teknologi informasi di perpustakaan menjadi tolok ukur suatu kemajuan dan modernisasi perpustakaan. Penerapan teknologi informasi dalam layanan perpustakaan dari waktu ke waktu akan terus berkembang. TIK terus berkembang dan berubah. Hal ini terkait dengan dukungan hardware dan software yang digunakan untuk menangkap, menyimpan, mentransmisi, dan mencari data. Kesimpulannya sebuah sistem pencarian informasi dirancang untuk mengakses informasi yang dibutuhkan oleh pemustaka. Kompetensi TIK pustakawan didasarkan pada konsep pemahaman yang relevan tentang pengetahuan, sikap, dan ketrampilan dalam manajemen informasi.
Perpustakaan FEB UNDIP, 2016
020 PAL 7:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ching-Chih, Chen
Massachusetts: MIT Press, 1977
026.5 CHI s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abram Stephen
Abstrak :
Tap into the insights of one of the world?s leading library visionaries. Stephen Abram has the knack for seeing and expressing the obvious long before most people become aware of the issue. Although he?s one of the most prolific writers and speakers in the industry, this is the first time his writings are being collected in one volume.
Chicago: [American Library association, American Library association], 2007
e20435804
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Alfha Wirakoswara
Abstrak :
3G merupakan standar generasi ketiga dalam teknologi komunikasi nirkabel yang memungkinkan kecepatan lebih cepat dengan kapasitas lebih besar dalam komunikasi data. Kehadiran standar teknologi baru ini memungkinkan terciptanya layanan-layanan baru bagi bisnis komunikasi yang telah ada. Salah satu operator seluler di Indonesia, PT. JKL, telah memperoleh lisensi untuk menggunakan jaringan dan layanan 3G. Selain komunikasi dua arah yang menjadi layanan utama yang diberikan operator, layanan-layanan nilai tambah (Value Added Services) pendukung dalam standar 3G juga dihadirkan. Dalam penyediaan layanan tersebut memerlukan kemampuan pengawasan dan pemeliharaan yang terlaksana dengan baik. Berdasarkan hal itu, tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan proyek akhir ini adalah menganalisa tingkat kemampuan infrastruktur IT 3G VAS khususnya layanan Video Streaming yang dapat diperlukan untuk optimasi dan pengembangan infrastruktur selanjutnya selain untuk menjamin tingkat ketersedian dan kualitas dari layanan secara kontinyu. Untuk penerapannya digunakan analisa lalu-lintas data dengan metodologi manajemen kapasitas didalam lingkup kerangka kerja ITIL (Information Tecnology Infrastructure Library) dengan pemanfaatan aplikasi Network Management System yang berperan proaktif untuk menganalisa tingkat penggunaan layanan dengan cepat dan tepat. Diharapkan dengan penerapannya, dapat menentukan proses pengembangan infrastrukturnya dengan lebih mudah.
3G is third generation standard in wireless communication technology enabling quicker speed with bigger capacities in data communication. Presence of this new technology standard enables creation of new services for communications business. One of cellular operator in Indonesia, PT. JKL, has obtained license to using 3G network and services. Besides provided two directions communications as given operator main service, VAS (Value Added Services) in 3G standard also presented. In supply of the service requires observation ability and maintenance carefully. Based on the matter, the writing study project has purpose to be reached is analyse level of ability from 3G VAS IT infrastructure especially for Video Streaming service which can be needed to infrastructure optimization and expansion, currently and for the future needs besides to keep availability level and quality of service continually. For its implementations use data traffic analysis with management capacity methodologies in ITIL framework (Information Tecnology Infrastructure Library) with help of the application of Network Management System that pro active to analyse level of usage of service swiftly and precise. Expected with the applying, can determine expansion the infrastructure more easy.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2008
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library