Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
"Mengajarkan bahasa pemrograman, khususnya bahasa pemrograman Java, kepada mahasiswa membutuhkan teknik dan metode pengajaran yang tepat sehingga mahasiswa dapat memahami materi yang diberikan. Pemahaman materi yang diharapkan tidak hanya pemahaman secara teori saja, tetapi juga keahlian secara praktik. Salah satu metode pengajaran yang coba diterapkan yaitu metode pembelajaran orang dewasa. Metode ini dianggap tepat karena mahasiswa sebagai subyek pengajaran dianggap sebagai orang dewasa. Berdasarkan hasil penelitian dapat di/ihat bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran orang dewasa ini, mahasiswa dapat meraih hasil belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan metode konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik terhadap materi bahasa pemrograman Java yang diberikan."
005 JEI 2:2 (2013)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Arie Kurniawan
"Masalah yang menjadi fokus di dalam penelitian ini adalah mengenai kontribusi diklat online bagi calon pejabat fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (JF-PTP) melalui fasilitas portal Rumah Belajar (Portal Rumbel). Tujuan penelitian adalah untuk untuk mengkaji sejauh mana kontribusi diklat online terhadap calon pejabat fungsional PTP, ditinjau dari aspek: (1) jumlah peserta; (2) persentase kelulusan; dan (3) kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam penyelenggaraan diklat online itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu mengolah dan menganalisis data dan informasi yang diperoleh dari responden dan dokumen serta menyajikannya secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diklat online mempunyai kontribusi yang cukup besar bagi calon pejabat fungsional PTP karena: (1) mampu meningkatkan jumlah peserta diklat bagi calon pejabat fungsional PTP; (2) mampu menghemat biaya pelaksanaan dan transportasi peserta; (3) mampu meningkatkan persentase kelulusan pada tahun pertama; dan (4) diperlukan kerjasama antara Pustekkom-Kemendikbud selaku penyelenggara diklat online dengan instansi asal peserta mengenai pemberian tugas tambahan selama mengikuti diklat online."
Jakarta: PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 2016
371 TEKNODIK 20:2 (2016)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Jaka Warsihna
"Kehadiran teknologi yang beragam dalam pendidikan menciptakan satu kondisi di mana proses pembelajaran bisa menjadi lebih efektif dan bermakna. Penggunaan berbagai platform online pembelajaran di kelas seringkali menjadi strategi bagi pendidik untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa selama pembelajaran berlangsung. Pada faktanya, masih banyak pendidik yang tidak tahu cara memulai dan memanfaatkan platform tersebut dalam pembelajaran. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan kembali best practices yang bisa digunakan oleh pendidik saat menggunakan platform mentimeter dalam pembelajaran. Metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan 40 orang mahasiswa yang mengikuti kegiatan perkuliahan dengan aktivitas pembelajarannya menggunakan platform mentimeter. Hasil studi menunjukkan bahwa platform mentimeter bisa digunakan untuk meningkatkan keterlibatan dan interaksi mahasiswa dalam pembelajaran. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya respons yang diberikan oleh responden dibandingkan dengan kegiatan konvensional yang tidak melibatkan teknologi dalam prosesnya. Selain itu, platform mentimeter bisa menjadi salah satu alat bantu dalam melakukan formative assessment sederhana bagi pendidik. Studi kedepan perlu menyajikan sebuah kegiatan eksperimental yang lebih menguji keberadaan platform mentimeter ini dalam pembelajaran.
The presence of various technologies in education can create a condition in which learning process can take place more effectively and meaningfully. The use of various online learning platforms in class is often a strategy for educators to increase students’ interaction and engagement during the learning. In fact, there are still many educators who don’t know how to start and utilize the platform in learning. This study aims to redefine best practices that can be used by educators when using Mentimeter platform in learning. The descriptive method is used in this study by involving 40 students who attended lecture activities with Mentimeter platform. The result shows that Mentimeter platform can be used to increase students’ engagement and interaction in the learning process. This can be seen from the number of responses given by the respondents compared to conventional learning activities that do not involve technology in the process. In addition, Mentimeter platform can be a tool for conducting simple formative assessments for educators. Future studies need to present an experimental activity that tests the existence of this Mentimeter platform in learning further"
Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi, 2024
371 TEKNODIK 28:1 (2024)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Jakarta: LIPI Press, 2005
607.2 IND s
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
607.2 UNI p
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
"Intelligent tutoring system is a tutor behaviour system which can be used as an alternative goal for interactive e-learning and distant learning. This system can provide an adaptive system to support student's learning and retention process based on their characteristic and needed."
005 ULTI 5:1 (2014)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Lembaga pendidikan merupakan tempat yang digunakan untuk melakukan perubahan terhadap seseorang melalui pembelajaran. Terdapat kegagalan ditemukan dari laporan Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri suatu perguruan tinggi, di mana setelah memasuki beberapa semester banyak mahasiswa mengundurkan diri dengan berbagai alasan, salah satu alasannya dikarenakan ketidakmampuan dalam mengikuti proses pembelajaran. Dalam penelitian ini dilaksanakan inventarisasi gaya belajar dosen dan mahasiswa baru yang kuliah di STIKOM Bali menggunakan metode pembelajaran Learning Style Inventory dengan harapan akan didapatkan model karakteristik gaya belajar dominan baik untuk dosen maupun mahasiswa sehingga akan memudahkan dosen dalam menentukan cara memberikan perkuliahan yang terbaik. Hasil akhir penelitian ini diharapkan dapat mengurangi kegagalan mahasiswa dalam melaksanakan proses perkuliahan dan di dalam rancangan pengembangannya akan disajikan berbasis web agar memudahkan dalam pengisian kuesioner karena tidak ada keterbatasan waktu dan lokasi, selain itu pengolahan datanya dilakukan secara otomatis sehingga AAK akan mendapatkan hasil alokasi kelas mahasiswa perprogram studi dalam waktu yang singkat."
005 JEI 3:1 (2013)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Sri Retno Ekayanti
"Pemahaman mengenai penerimaan siswa terhadap Learning Management System merupakan hal penting untuk meningkatkan penggunaan dan pengaruh LMS itu sendiri. Sebagai model penerimaan teknologi yang terkini, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology UTAUT perluasan telah digunakan untuk mengukur penerimaan sebuah teknologi. Gandhi Memorial Intercontinental School GMIS Jakarta telah menggunakan ManageBac sebagai LMS sejak tahun 2012. Sebagai LMS, ManageBac didesain untuk mengatur perencanaan kurikulum, evaluasi, pelaporan hasil dan kehadiran serta komunikasi antara pengajar dan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa model UTAUT perluasan teraplikasi pada model penerimaan ManageBac di GMIS Jakarta meskipun dengan adanya penambahan kesukarelaan sebagai moderator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuesioner survey Likert skala 7 dan analisis SEM-PLS. Total 245 siswa yang duduk di kelas XI dan XII diambil sebagai peserta survey. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa model UTAUT perluasan tidak teraplikasi pada model penerimaan ManageBac di GMIS Jakarta. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa gender, umur dan kesukarelaan tidak berperan dalam memperkuat pengaruh seluruh konstruk terhadap niat penggunaan. Pengalaman merupakan satu-satunya moderator yang berpengaruh pada kondisi penunjang dan kebiasaan. Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa dari tujuh konstruk penelitian, hanya terdapat empat konstruk yang mempengaruhi niat penggunaan secara signifikan, yakni kondisi penunjang, motivasi hedonis, nilai harga dan kebiasaan.Kata kunci: UTAUT perluasan, sistem manajemen pembelajaran.
Understanding students rsquo acceptance towards a Learning Management System is a crucial issue for improving its usage and effects. As recent model of technology acceptance, extended Unified Theory of Acceptance and Use of Technology extended UTAUT , has been used to measure user rsquo s acceptance on technology. Gandhi Memorial Intercontinental School GMIS , Jakarta has used ManageBac as LMS since 2012. As LMS, ManageBac has been designed to manage curriculum planning, evaluation, outcome reporting, attendance and communication between teachers and students. The purpose of this research was to prove that the model of extended UTAUT was applied into ManageBac rsquo s acceptance model at GMIS Jakarta even though with the addition of voluntariness as moderator. This research employed quantitative approach with survey method using 7 scale Likert questionnaire and SEM PLS analysis. A total of 245 students of grade XI and XII were taken as survey rsquo s participants. The result of finding revealed that the model of extended UTAUT was not applied into ManageBac rsquo s acceptance model at GMIS Jakarta. This study depicted that gender, age and voluntariness did not play significant role to enhance the effect of all constructs towards behaviour intention. Experience became the only moderator which strengthened the effect of facilitating condition and habit. This study also revealed that from all seven constructs, there were only four constructs which affected behaviour intention significantly facilitating condition, hedonic motivation, price value and habit. Key words Extended UTAUT , Learning Management System"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T50829
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Dewi Noraga Lumban Batu
"Indonesia memiliki populasi yang besar dan pertumbuhan pengguna smartphone dalam beberapa tahun terakhir menciptakan pasar potensial untuk produk digital. Perkembangan internet dan teknologi menciptakan inovasi pada berbagai industri yang memungkinkan konsumen untuk mengakses produk dan layanan dengan mudah dan mulus. Dengan adanya perubahan perilaku konsumen, penyedia layanan berbasis digital mengembangkan platform online, yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja, untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dalam bentuk aplikasi On-Demand Services. Produk atau layanan dapat dengan mudah dipesan oleh konsumen dalam "satu klik" melalui aplikasi pada smartphone dan akan segera dikirimkan kepada konsumen. Seiring berjalannya waktu, perusahaan pengembang aplikasi On-Demand Service mengembangkan portofolio bisnis mereka ke high-contact services dengan beberapa kategori baru yaitu housing atau cleaning, laundry, repair services, health, dan beauty. Kategori ini juga menawarkan layanan yang terpersonalisasi. Studi ini menganalisis intensitas konsumen untuk menggunakan aplikasi On-Demand Service dengan menganalisa variabel dalam Extended Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2). Data dari responden dianalisis menggunakan teknik pemodelan persamaan struktural (SEM). Temuan dari penelitian ini menunjukkan pengaruh positif yang signifikan yang disebabkan oleh habit, immediacy, effort expectancy, dan performance expectancy. Namun, penerimaan konsumen terhadap teknologi seperti ini juga dipengaruhi oleh perceived privacy konsumen ketika mereka mulai khawatir tentang pertukaran informasi pribadi yang terjadi selama menikmati layanan. Studi ini menemukan bahwa niat konsumen untuk menggunakan aplikasi On-Demand Service tidak dimoderasi oleh perceived privacy mereka.
Indonesia has a large population and the growth of smartphone user in recent years defines a potential market for digital products. Establishment of the internet and technology advances creates innovations in various industry that allow consumers to access product and services easily and seamlessly. As consumer behavior is changing, digital service provider develops an online platform, which can be accessed anytime and anywhere, to fulfill consumer's needs and wants in the form of On-Demand Services application. Products or services can be easily ordered by consumers in "one-click" on the mobile application and will be delivered to the consumers immediately. By the time, On-Demand Services application provider scale up their business portfolio to high-contact services in several new categories namely housing or cleaning, laundry, repair services, health, and beauty. These new categories offer personalized services as well. This study analyzes the consumer's intention to use On-Demand Services application by examining variables in Extended Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2). Data collected from respondents were analyzed using structural equation modeling (SEM) technique. The findings of this study indicate significant positive impact caused by habit, immediacy, effort expectancy, and performance expectancy. However, consumer's acceptance of this kind of technology is also affected by their perceived privacy as they start to concern about personal information exchanging is occurred during consumption of the services. This study found that the consumer's intention to use On-Demand Services Application is not moderated by their perceived privacy."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
"The volume will cover the current state of research, methodology, assessment, and technology of game-based learning. There will be contributions from international distinguished researchers which will present innovative work in the areas of educational psychology, educational diagnostics, educational technology, and learning sciences. "
New York: Springer, 2012
e20399577
eBooks Universitas Indonesia Library