Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Mohamad Indra Wirawan
Abstrak :
ABSTRAK
Jurnal ini membahas bentuk bunyi dan makna pada delapan iklan kampanye susu oleh Nederlands Zuivelbureau pada tahun 1950 ndash; 1965 yang menggunakan gaya bahasa aliterasi. Penelitian ini merupakan penelitian analisis kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui makna penggunaan gaya bahasa aliterasi pada delapan iklan kampanye susu ini. Tahapan penelitian ini dilakukan dengan cara, 1 mengumpulkan data ndash; data iklan kampanye susu oleh Nederlands Zuivelbureau, 2 memilah iklan - iklan tersebut yang menggunakan gaya bahasa aliterasi, 3 menganalisis bunyi dan makna pada iklan ndash; iklan tersebut dan mengkaitkannya dengan teori, 4 memaparkan makna gaya bahasa aliterasi pada iklan tersebut. Penggunaan gaya bahasa aliterasi yang terkandung pada iklan ndash; iklan tersebut untuk menarik perhatian masyarakat terkait isi dari iklan tersebut yaitu untuk membiasakan masyarakat meminum susu.
ABSTRACT<>br>
This paper discusses the form of sounds and meanings in eight dairy advertising campaigns by Nederlands Zuivelbureau in 1950 ndash 1965 using an alliterational style of language. This study is a qualitative analysis research that aims to determine the meaning of the use of alliteration style of the eight advertisements of this milk campaign. The stages of this research are conducted by 1 collecting dairy advertisements campaign data by Nederlands Zuivelbureau, 2 choosing the advertisements that use alliteration style, 3 analyzing the sounds and meanings of the advertisements and relating them to theory, 4 describes the meaning of alliteration style of the advertisements. The use of alliteration style that is contained in these advertisements for taking people attention about the message, that is as an appeal to the habit of drinking milk in the community.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library