Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Hasybi Mushauffi
"
ABSTRAKSoftware crisis adalah istilah yang pertama kali diciptakan lebih dari 30 tahun yang lalu, istilah ini mengartikan bahwa pengembangan perangkat lunak membutuhkan waktu yang cukup lama, biaya terlalu banyak, dan tidak bekerja dengan baik pada saat waktu penyerahan. Software crisis disebabkan karena proses pengembangan perangkat lunak dalam banyak organisasi yang tidak disiplin, kacau, dan benar-benar tidak dapat diprediksi. Dalam mengatasi software crisis dibutuhkan adanya perbaikan proses pengembangan. Di beberapa organisasi, perbaikan proses telah menyebabkan perbaikan efisiensi proses. Oleh karena itu, perbaikan proses perangkat lunak (Software process improvement) adalah langkah yang jelas dan logis dalam mengatasi Software crisis.
Kerangka kerja perbaikan proses pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah CMMI-DEV sebagai kerangka perbaikan proses pengembangan, dengan representasi Continuous dan penggunaan 7 process area berdasarkan buku yang berjudul Project Management Success with CMMI: Seven CMMI Process areas sebagai alat bantu untuk menentukan pilihan proses area yang tepat serta berlandaskan hasil disertasi yang berjudul Business-Oriented Software Process Improvement Based On CMM And CMMI Using QFD sebagai alat bantu dalam penetapan prioritas dari 7 process area. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah prioritas process area dan konsekuensinya.
ABSTRACTSoftware crisis was the term created the first time term for 30 years. This means that software development requires considerable time, too much cost, and not in time of delivery. In many organizations, Software crisis due to the software development process is not discipline, chaotic and totally unpredictabel. In addressing crisis is needed software development process improvement. In some organizations, the improvement process has led to improve the efficiency of the process. Therefore, process improvement of Software process improvement is a clear and logical step in overcoming the Software Crisis.Framework for software development process improvement used is CMMI-DEV representing of Continuous and 7- process area based on the book Project Management Success with CMMI: Seven CMMI Process areas for determining the proper process area; and based on the book Business-Oriented Software Process Improvement Based On CMM And CMMI Using QFD as tool in determining the 7-process area. The result of this research is a priority of process area and its consequence."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Majesty Eksa Permana
"Cash Management System (CMS) Bank XYZ merupakan perangkat lunak untuk nasabah segmen korporasi dalam melakukan monitoring, manajemen likuiditas serta transaksi keuangan melalui sistem yang terintegrasi dengan penyedia jasa perbankan. Saat ini keandalan sistem CMS belum memenuhi standar yang diharapkan, sehingga mendapatkan banyak komplain dari nasabah internal maupun eksternal. Masalah keandalan sistem CMS disinyalir akibat proses pengembangan perangkat lunak yang tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan memberikan rekomendasi perbaikan proses pengembangan perangkat lunak. Pada tahap awal dilakukan wawancara kepada vice president, tribe leader CMS, dan group head IT Operation untuk mendapatkan akar masalah terkait keandalan sistem CMS. Hasil pemeringkatan akar masalah menggunakan metode AHP didapatkan tiga akar masalah prioritas, yaitu penentuan prioritas pengembangan tidak jelas, tata kelola pengembangan tidak dilaksanakan sepenuhnya, dan evaluasi proses pengembangan sistem belum pernah dilakukan. Model IDEAL digunakan sebagai pendekatan perbaikan proses dikombinasikan dengan kerangka kerja software process improvement CMMI-Dev versi 1.3 dengan pendekatan continuous representation dan proses penilaian menggunakan SCAMPI-C. Project Planning, Requirement Management, Integrated Project Management, Requirement Development, dan Process and Product Quality Assurance adalah lima process area sebagai dasar dalam proses penilaian capability level. Penilaian yang dilakukan menghasilkan 34 dari total 43 specific practices telah terpenuhi. Sehingga terdapat sembilan kelemahan pada sembilan specific practices yang belum terpenuhi. Hasilnya CMS Bank XYZ masih berada pada capability level 0 atau incomplete. Berdasarkan PMBOK edisi ke-6, disusunlah lima rekomendasi solusi untuk mengatasi sembilan kelemahan tersebut dengan menyusun dokumen resource breakdown structure, resource requirement, requirement traceability matrix, lessons learned register, dan issue log untuk digunakan sebagai rujukan dalam proes pengembangan perangkat lunak.
Cash Management System (CMS) XYZ Bank is a website for corporate segment customers in monitoring, liquidity management, and financial transactions through a system that is integrated with banking service providers. Currently, the reliability of the CMS system has not met the expected standards, so it gets many complaints from internal and external customers. CMS system reliability issues are caused by the substandard software development process. This research aims to evaluate and provide recommendations on improving the software development process. In the early stages, interviews were conducted with the vice president, CMS tribe leader, and group head of IT Operation to get the root cause of the problems related to the reliability of CMS systems. The results have been rating using AHP method obtained three priority root cause, namely the determination of development priorities is not clear, the procedure of development is not fully implemented, and the evaluation of the system development process has never been done. The IDEAL model is used as a process improvement approach combined with CMMI-Dev 1.3 with continuous representation approach and appraisal process using SCAMPI-C. Project Planning, Requirement Management, Integrated Project Management, Requirement Development, and Process and Product Quality Assurance are five process areas as the basis for the appraisal capability level. The appraisal process resulted in 34 out of 43 specific practices being complied with standards. There are nine weaknesses from nine specific practices that have not been complied with the standard. As a result, CMS XYZ Bank is still at capability level 0 or incomplete. Based on the 6th edition of PMBOK, five recommendations were prepared to overcome the nine weaknesses, includes resource breakdown structure, resource requirement, requirement traceability matrix, lessons learned register, and issue log, as point of interest in software development."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library