Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
Abdullah Idi
"Sosiologi pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang membahas proses interaksi sosial anak-anak melalui keluarga, masa sekolah sampai dewasa dengan kondisi-kondisi sosio-kultural yang terdapat di dalam masyarakat dan negara. Dalam praktiknya sosiologi pendidikan sangat terkait erat dengan sekolah, khususnya sistem pendidikan dalam masyarakat, termasuk pengembangan pendidikan secara berkelanjutan. Sosiolog berpendapat bahwa struktur kekuasaan dan kebutuhan masyarakat individu menentukan arah pendidikan. Konsep Sosiologi dapat lebih membantu memahami masalah pendidikan, sebab Sosiologi memiliki alat-alat dan teknik ilmiah untuk mempelajari pendidikan dan dapat memberikan sumbangan berharga kepada sistem pendidikan dalam masyarakat. Melalui analisis hubungan dan interaksi manusia dalam pendidikan, akan diperoleh prinsip-prinsip dan generalisasi hubungan manusia dalam sistem pendidikan. Sosiologi pendidikan merupakan analisis ilmiah atas proses sosial dan pola-pola sosial yang terdapat dalam sistem pendidikan. Dengan demikian, para pendidik diharapkan dapat mengenal sosiologi dan memanfaatkannya, walaupun ia bukanlah ahli sosiologi. Bagi seorang pendidik/guru, pengetahuan tentang perubahan sosial dan pendidikan serta berbagai dinamika perubahan sosial diperlukan sebagai upaya antisipatif dan responsif terhadap perubahan tersebut yang diharapkan berdampak positif dalam proses pembelajaran. Buku Sosiologi Pendidikan ini memuat konsep-konsep sosiologis yang menjadi alat analisa bagi para pendidik/guru untuk memudahkan proses belajar mengajar dan pengembangan pendidikan. Buku ini ditujukan untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 di kalangan ilmu Pendidikan dan tentu saja bagi para praktisi pendidikan."
Depok: Rajawali Press, 2019
370.19 ABD s
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Abdullah Idi
Jakarta: Rajawali, 2011
370.19 ABD s
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Rakhmat Hidayat
"uku ini berupaya memetakan pemikiran Durkheim dalam studi sosiologi pendidikan dan memiliki dua tujuan penting (1) menjadi pintu masuk untuk memperkuat diskursus sosiologi pendidikan dalam perspektif Durkhemian di Indonesia. Sebagai pintu masuk, sangat memungkinkan untuk mengembangkan terjadinya dialektika secara intensif dalam produksi wacana dan gagasan tentang studi sosiologi pendidikan Durkheim, (2) buku ini berupaya merangkai berbagai referensi primer Durkheim yang ditulis dalam bahasa Prancis maupun referensi sekunder yang ditulis berbagai sosiolog mancanegara tentang analisis Durkheim dalam sosiologi pendidikan. Hal ini dalam upaya mengatasi keterbatasan referensi tentang Sosiologi Pendidikan menurut Durkheim. Buku ini sekaligus juga di dalamnya tergambarkan dinamika pemikiran sosiologi di Prancis yang sangat dinamis."
Depok: Rajawali Press, 2016
370.19 RAK s
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Wright, Charles Robert
Bandung: Ramaja Karya, 1986
302.23 WRI s
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Murphy, Raymond
Toronto: McGraw-Hill , 1979
370.15 MUR s
Buku Teks Universitas Indonesia Library