Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 36 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakhri Subhana Haiti
Abstrak :
ABSTRAK Perkembangan era global dimana teknologi, sarana dan infrastruktur, hingga sistem informasi saat ini berkembang sangat pesat, dan telah merubah cara-cara tradisional yang biasa digunakan dalam melakukan pemasaran. Seiring dengan perkembangan teknologi hingga sistem informasi, kemudahan dalam mengakses suatu konten telah membawa konsumen kepada penggunaan media digital berbasis online. Dalam beberapa tahun terakhir, media sosial menjadi semakin populer sebagai alat bisnis dan komunikasi. Instagram merupakan salah satu jejaring sosial yang paling cepat perkembangannya sejak pertama kali diluncurkan, hal inilah yang membuat Instagram menjadi alat pemasaran yang efektif bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui attitude dan menganalisa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi attitude pengguna Instagram terhadap aktivitas komunikasi pemasaran Instagram ads. Selain itu penelitian ini juga betujuan untuk mengetahui pengaruh attitude toward brand dan attitude toward the Instagram ads dapat mempengaruhi behavioral intention. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional descriptive research. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa baik brand attitude maupun attitude toward instagram ads sama-sama memiliki pengaruh positif yang signifikan antara keduanya, dan untuk brand attitude dan attitude toward instagram ads yang memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap behavioral intention. Dan untuk model 2, diketahui bahwa Ad Perception, Ad Credibility, Informativeness, Irritation, dan Mood memiliki pengaruh yang signifikan terhadap attitude toward the ads pada media sosial instagram.
ABSTRACT The development of the global era where technology, facilities and infrastructure, to information systems is currently developing very rapidly, and has changed the traditional ways commonly used in marketing. Along with the development of technology to information systems, the ease of accessing a content has brought consumers to the use of online-based digital media. In recent years, social media has become increasingly popular as a business and communication tool. Instagram is one of the fastest growing social networks since it was first launched, this is what makes Instagram an effective marketing tool for the company. This study aimed to determine attitude and analyze the factors that can influence the attitude of Instagram users towards Instagram ads marketing communication activities. Moreover, this study also aimed to determine the effect of attitude towards the brand and attitude towards Instagram ads may affect behavioral intention. This is a quantitative research with cross sectional descriptive research design. Based on the results of this study, it is known that both brand attitudes as well as attitude towards Instagram ads have a significant positive effect between the two, and that brand attitude and attitude towards Instagram ads have a significant, positive effect on behavioral intention. And for model 2, it is known that Ad Perception, Ad Credibility, Information, Irritation, and Mood have a significant influence on attitude toward the ads on social media instagram
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Regina Carla Handayani
Abstrak :
Perkembangan Internet dan perangkat telepon pintar secara langsung dapat mempengaruhi masyarakat dalam menggunakan media sosial. Peningkatan pengguna media sosial dapat dimanfaatkan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Instagram sebagai platform komplementer dari e-marketplace berpeluang besar dalam meningkatkan pendapatan UMKM. Pada kenyataannya, di Indonesia Instagram for Business belum secara efektif digunakan oleh UMKM. Penelitian ini membangun model adopsi Instagram for Business berdasarkan model Stimulus-Organism-Response (S-O-R) oleh UMKM. Metodologi penelitian menggunakan kuantitatif dan kualitatif (mixed methods), data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner kepada UMKM dan pembelinya di Instagram. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara dengan dengan beberapa UMKM. Model S-O-R digunakan pada penelitian sebelumnya mengenai impulse buying di Facebook. Pada penelitian ini model S-O-R dikembangkan untuk menganalisis response dari stimulus, berupa impulse buying, kepada UMKM dan pembelinya, yang dianggap sebagai organism. Data responden yang terkumpul diolah menggunakan SmartPLS 3. Hasil dari pengujian model S-O-R menunjukkan bahwa respon impulse buying dari sudut pandang UMKM hanya dipengaruhi oleh stimulus yang memiliki pengaruh positif secara langsung pada perceived usefulness yaitu product availability, ease of use, visual appeal dan advertisement content yang berdampak pada adopsi serta impulse buying. Apabila dari sudut pandang pembeli, keseluruhan stimulus tersebut memiliki pengaruh positif terhadap perceived usefulness dan perceived enjoyment yang mengestimasi respon perilaku impulsif dari pembeli.
The development of the Internet and smartphone devices can directly influence the public in using social media. Increased social media users can be utilized by Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). Instagram as a complementary platform of e-marketplace has a great opportunity to increase MSME income. But in reality, MSMEs in Indonesia have not used Instagram for Business effectively. This study builds an Instagram for Business adoption model based on the Stimulus-Organism-Response (S-O-R) model by MSMEs. The research methodology uses quantitative and qualitative methods (mixed methods), quantitative data collected through questionnaires to MSMEs and buyers on Instagram. While qualitative data is obtained through interviews with several MSMEs. The S-O-R model was used in previous studies regarding impulse buying on Facebook. In this study the S-O-R model was developed to analyze responses from stimulus, in the form of impulse buying, to MSMEs and buyers, which are considered as organisms. The collected respondents' data were processed using SmartPLS 3. The results of the SOR model testing showed that the impulse buying response from the perspective of MSMEs was only influenced by stimuli that had a direct positive influence on perceived usefulness, namely product availability, ease of use, visual appeal and advertisement content have an impact on adoption and impulse buying. Whereas from the buyer's point of view, the overall stimulus has a positive influence on perceived usefulness and perceived enjoyment. Thus causing a response to impulsive behavior from buyers.
Depok: Fakultas Ilmu Kompter Universitas Indonesia, 2019
T52031
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fifa Italia
Abstrak :
Tesis ini merupakan sebuah tulisan yang memaparkan mengenai analisa model AISAS yang merupakan perjalanan konsumen di era digital dewasa ini terhadap Komunikasi Pemasaran di Media Sosial pada Situs Jual Beli Online. Aspek utama dalam tesis ini adalah bagaimana masing-masing variabel dalam model AISAS, yakni Awareness, Interest, Search, Action dan Share mempengaruhi variabel lainnya sehingga cenderung meningkatkan keterlibatan konsumen yang lebih dalam Communication with low involvment to Communication with high Involvement . Peningkatan pengguna internet di Indonesia secara ekstrim membuat internet menjadi aspek penting bagi kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Perkembangan ini membuat terjadinya banyak perubahan sosial, budaya dan gaya hidup masyarakat Indonesia, salah satunya adalah perubahan pola interaksi yang kini dilakukan melalui media sosial. Media sosial pada akhirnya dilirik oleh para pemasar sebagai salah satu sarana komunikasi pemasaran karena memiliki pasar dengan jumlah audience yang sangat luas dan bahkan tidak terbatas. Lebih lanjut, perkembangan internet juga membuat banyaknya situs jual beli online bermunculan dan saling bersaing merebut pasar Indonesia.Penelitian yang dilakukan dari bulan November 2016 hingga bulan April 2017 menunjukkan bahwa pada model AISAS, Communication with low involvement yang dilakukan oleh situs jual beli online melalui media sosial secara signifikan mempengaruhi Communication with high involvement, namun ketika diimplementasikan pada setiap variabel dalam model AISAS, diketahui bahwa setiap variabel tidak selalu menunjukkan adanya direct relationship dalam perjalanan konsumen seperti yang digambarkan oleh model tersebut.
This thesis describes the analysis of AISAS model which is a consumer journey in digital age towards Marketing Communications in Social Media on Online shopping sitess. The main aspects of this paper are how each variable in the AISAS model, ie Awareness, Interest, Search, Action and Share affect other variables, thus creating a tendency to increase the higher involvement of consumers Communication with low involvement to Communication with high Involvement . The extrem enhancement of internet users in Indonesia makes Internet become an important aspect for Indonesian citizen rsquo s daily life. Internet development has made a lot of changes, one of them is the changing pattern of daily interaction that currently popular through social media. Since social media has a very broad audiece, marketers start to glance at social media as marketing communication channel and treat social media as the market it self. Furthermore, the development of internet also makes the number of online shopping sitess company popping up and competing in Indonesian market. Various ways are used by online sales sites to attract consumers intention to buy, one of them is by using social media to spread marketing communication messages and hope it will effectively influence cunsomers to start using online sales site to shop their daily needs. This research was conducted from November 2016 to April 2017. The result shows that in the AISAS model, Communication with low involvement through social media significantly affects Communication with high involvement on online shopping sitess, but when we break each variables of the AISAS model, we found out that each variables does not necessarily indicate a direct relationship in the consumer 39 s journey as illustrated by the model.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T48779
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aziiz Muhaajir
Abstrak :
Perkembangan ndash; perkembangan yang terjadi pada media sosial membawa perubahan juga bagi lingkungan bisnis, terutama dalam bidang e-commerce. Perubahan yang dibawa media sosial adalah dalam bentuk social commerce, di mana konsumen dapat melakukan aktivitas e-commerce di media sosial. Berangkat dari teori dukungan sosial, transfer kepercayaan, dan komitmen-kepercayaan, penelitian ini menganalisis pengaruh dari social support, trust dan community commitment terhadap social commerce intention. Sampel penelitian ini terdiri atas 150 orang responden yang merupakan pengguna aktif media sosial dan pernah melakukan transaksi komersial di media sosial dalam satu tahun terakhir. Data dianalisis menggunakan metode PLS-SEM, di mana ditemukan bahwa emotional dan informational support memiliki pengaruh terhadap trust, yang pada akhirnya akan mempengaruhi commitment dan social commerce intention.
The development of social media has brought changes into the business environment, specifically in the context of e commerce. Changes brought by social media in e commerce context is in the form of social commerce, where consumers can perform e commerce activities in social media. Using theories such as social support theory, trust transfer theory, and commitment trust theory, this research analyzes the effects of social support, trust, and community commitment on social commerce intention. The sample in this research consist of 150 active social media user and and have performed a commercial transaction on their social media within the last year. The data was analyzed using PLS SEM, and shows that informational and emotional support has some effect on trust, which in turn affects commitment and social commerce intention.
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Cahyani
Abstrak :
ABSTRAK
Penggunaan media sosial semakin marak akhir-akhir ini karena tidak hanya digunakan oleh pribadi tetapi juga organisasi dengan tujuan lebih dari sekedar komunikasi. Tesis ini membahas bagaimana Perpustakaan Nasional RI mengelola dan menggunakan media sosial sebagai sarana promosi. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh dari wawancara yang menggunakan teknik snowball sampling, observasi dan analisis dokumen. Wawancara terhadap admin akun media sosial Perpustakaan Nasional RI dan analisis dokumen peraturan untuk mengidentifikasi pengelolaan media sosial di Perpustakaan Nasional RI. Sedangkan, data yang diperoleh dari observasi terhadap posting Perpustakaan Nasional RI pada akun media sosialnya digunakan untuk menganalisis penggunaan media sosial sebagai sarana promosi oleh Perpustakaan Nasional RI. Hasil penelitian menunjukkan Perpustakaan Nasional RI menyadari pentingnya promosi melalui media sosial tetapi cenderung fokus pada target posting dalam hal perencanaan, ditemukan beberapa kendala dalam pengelolaan media sosial dan masih kurangnya evaluasi terhadap kegiatan tersebut. Perpustakaan Nasional RI menggunakan Facebook, Twitter dan YouTube untuk mempromosikan koleksi, layanan dan kegiatannya. Selain itu, media sosial dapat juga berfungsi sebagai customer service, dimana audience dapat menyampaikan pertanyaan dan keluhan untuk ditanggapi oleh Perpustakaan Nasional RI. Dengan demikian, pernyataan audience melalui media sosial dan respon audience terhadap posting Perpustakaan Nasional RI dapat dijadikan landasan untuk perbaikan dalam hal layanan dan pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka. Oleh karena itu, Perpustakaan Nasional RI perlu menerbitkan pedoman tertulis, mengikutsertakan admin dalam pelatihan pengelolaan media sosial, menambah sumber daya manusia dan fasilitas penunjang agar penggunaan media sosial lebih optimal.
ABSTRACT
Social media use is ubiquitous recently because they are not only used by individuals but also organizations for the purpose of more than a mere communication. This thesis discusses how National Library of Indonesia manages and uses social media as promotion tool. This descriptive research uses qualitative approach and case study method. Data are obtained from interviews using snowball sampling, observation and document analysis. Interviews with administrators of National Library of Indonesia's social media and regulatory document analysis are intended to identify social media management at National Library of Indonesia. Meanwhile, data obtained from observation on National Library of Indonesia's postings on its social media accounts are used to analyze social media use as promotion tool by National Library of Indonesia. The results of this research show that National Library of Indonesia is aware of the importance of promotion via social media but tends to focus on posting target in terms of planning, there are some obstacles in managing social media and there is lack of evaluation on the activity. National Library of Indonesia uses Facebook, Twitter and YouTube to promote its collections, services and events. In addition, social media can serve as customer service, in which library users can ask questions and express complaints to be responded by National Library of Indonesia. Thus, audiences rsquo expression via social media and audiences responses towards National Library of Indonesia's postings can be considered as basis for improvement in services and in fulfilling library users rsquo information needs. Therefore, National Library of Indonesia should issue written guidelines, attend training on social media management and add more administrators as well as supporting facilities in order to use social media in a more optimal manner.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
T50291
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paragitha Kusuma Wardhani
Abstrak :
Peningkatan pengunaan media sosial untuk beriklan memunculkan pertanyaan aspek iklan apa saja yang penting dimiliki pada sebuah iklan sehingga dapat menarik perhatian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek dari paparan iklan pada media sosial yang sedang marak digunakan di Indonesia, Instagram, terhadap sikap perilaku dari konsumen terhadap iklan, merek, dan niat pembelian. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan survey yang disebarkan pada responden sampel dengan kuisioner yang dikelola sendiri. Data diolah menggunakan structural equation modelling SEM dengan LISREL 8.70. Penelitian ini dilakukan di Indonesia dan berfokus pada pengguna Instagram serta kampanye iklan media sosial yang beredar di Indonesia. Meskipun terdapat limitasi, penelitian ini dapat membantu pemasar untuk meningkatkan efektivitas iklan untuk mendapatkan ROI yang ingin dicapai dengan iklan yang memiliki daya tarik emosional, kreativitas, informasi, dan aspek hiburan sehingga dapat meningkatkan sikap positif konsumen terhadap iklan, merek, dan niat pembelian. ...... The continuous growth of social media usage for advertising has sparked questions about important aspects of advertisement which could attract the customers. The purpose of this paper is to understand which aspects of the advertising exposure in the widely use social media in Indonesia, Instagram, towards the behavioral attitudes of customers toward the advertising, brand, and purchase intention. Quantitative research was conducted by a survey among a sample respondents via self administered structured questionnaires. Data was analyzed using Structural Equation Modelling SEM using LISREL 8.70. This study was only conducted in Indonesia which focus on Instagram user and the advertising campaign runs in Indonesia. Despite this limitation, the findings on this study enable marketers to enhance the effectiveness of their advertising campaign to reach the targeted ROI by an advertising that has emotional appealss, creativity, information, entertainment aspects to increase customer positive attitude toward the advertising, attitude toward the brand and purchase intention.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50699
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riyan Emeraldi Rahman
Abstrak :
Menurut penelitian yang dilakukan oleh We Are Social bersama dengan HootSuite, YouTube adalah platform media sosial yang paling aktif digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain menjadi media untuk mempublikasikan hasil karya, YouTube juga dapat digunakan sebagai media dalam melakukan pemasaran berbagai macam produk. Orang yang melakukan pemasaran pada media digital seperti YouTube umumnya disebut influencer. Penelitian ini melihat peran perceived trust dalam memediasi pengaruh model social media influencer value (SMIV) yang terdapat pada influencer marketing terhadap sebuah produk, yang dalam konteks penelitan ini dikategorikan sebagai high involvement product. Pengaruh antara model SMIV yang terdiri dari advertising value dan source credibility terhadap brand awareness dan purchase intention dengan perceived trust sebagai variabel mediasi juga akan dibahas pada penelitian ini. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan proses survei dan data yang didapat akan dianalisis dengan metode Structural Equation Model (SEM).
According to a research conducted by We Are Social and HootSuite, YouTube is recently the most active social media platform used by Indonesian people. Apart from being a medium for publishing contents, YouTube can also be used as a medium in marketing for various kinds of products. People who do marketing on digital media usually called as an influencer. This research looks at the mediating role of perceived trust on mediating the impact of social media influencer value (SMIV) model in influencer marketing towards a product, which in the context of this research is categorized as high involvement product. The impact of the SMIV model which consists of advertising value and source credibility to brand awareness and intention to purchase, with perceived trust as a mediator will also be discussed in this research. The method used in this research is quantitative research by conducting survey process and the data obtained will be analyzed with Structural Equation Model (SEM) method.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54647
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Himmatul Ulya
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis hubungan social media engagement dan social media advertising engagement serta pengaruhnya terhadap advertising evaluation dan purchase intention. Mengacu pada pendekatan engagement experience framework, social media engagement dianalisis melalui experience dimensi yakni entertainment, negative emotion, pastime, stimulation, identification, practical use, social interaction, innovation/ trendsetter, topicality, dan empowerment. Social media advertising engagement dianalisis dengan experience dimensi entertainment, negative emotion, pastime, stimulation, identification, practical use, social interaction, dan topicality. Penelitian ini dilakukan dalam konteks Instagram dengan 407 responden yang termasuk kedalam pengguna aktif Instagram dan pernah melihat Instagram Ads sebagai objek penelitian. Data kemudian diolah menggunakan SEM (Structural Equation Model). Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media engagement terbukti memiliki pengaruh terhadap social media advertising engagement, namun tidak terbukti memiliki pengaruh terhadap advertising evaluation. Sedangkan social media advertising engagement terbukti memiliki pengaruh terhadap advertising evaluation, selain itu advertising evaluation juga terbukti memiliki pengaruh terhadap purchase intention.
ABSTRACT
This study analyzes the relationship between social media engagement and the social media advertising engagement and their effect on advertising evaluation and purchase intentions. The experience engagement framework is referred, social media engagement is analyzed through the experience of the entertainment dimension, negative emotions, hobbies, stimulation, identification, practical use, social interaction, innovation/trendsetters, topics, and empowerment. Social media advertisement engagement is analyzed by experience dimensi entertainment, negative emotion, pastime, stimulation, identification, practical use, social interaction, dan topicality. This research was conducted in social media Instagram with 407 respondents those are active Instagram users and had seen Instagram Ads as research objects. The data is then processed using SEM (Structural Equation Model). The results showed that the social media engagement was proven to have an influence on the social media advertising engagement, but it was not proven to have an influence on the evaluation of advertisements. While the social media advertising engagement has been proven to have an influence on advertising evaluations, besides that advertising evaluations have also been shown to have an influence on purchase intentions.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Almira Vania Puspitasari
Abstrak :
Seiring dengan meningkatnya penggunaan perangkat seluler, media sosial, dan online review yang semakin penting dalam penyebaran WOM, serta berperan penting dalam pengambilan penting dalam pengambilan keputusan konsumen dan consumer journey. Perusahaan dapat memanfaatkan online review berupa User-Generated Review (UGR) dan Influencer-Generated Review untuk meningkatkan strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui online review manakah yang lebih efektif antara user-generated review dan influencer-generated review. Penelitian ini memprediksi adanya perbedaan antara kedua online review tersebut dalam mempengaruhi consumer purchase intention. Hasil penenelitian ini menemukan influencer-generetad review lebih efektif dalam mempengaruhi purchase intention. Penelitian ini juga menemukan bahwa konsumen membuat kesimpulan penting saat melihat online review yang diposting pada media sosial instagram. ......As the use of mobile devices increases, social media and online reviews are increasingly important in the spread of WOM and play an important role in consumer decisions and the consumer journey. Companies can take advantage of online reviews in the form of User-Generated Reviews (UGR) and Influencer-Generated Reviews (IGR) to improve marketing strategies. This study aims to determine which online review is more effective between user-generated reviews and influencer-generated reviews. This study predicts differences between the two online reviews influencing consumer purchase intentions. This study found that influencer-generated reviews were more effective in influencing purchase intentions. This study also found that consumers make important inferences when viewing online reviews posted on Instagram.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teddy Bertrand
Abstrak :
Perkembangan media sosial dimanfaatkan oleh pemilik brand maupun marketer menjadi channel untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan konsumen. Tidak sedikit perusahaan yang bekerjasama dengan influencer sebagai source of message untuk menawarkan produk atau brand. Namun pemilihan influencer yang tepat bukanlah hal yang mudah. Beberapa fenomena yang terjadi, pelaku usaha mendapatkan hasil yang kurang efektif dari penggunaan influencer marketing. Selain itu, dari literasi sebelumnya didapatkan bahwa kegagalan menemukan keseimbangan antara influencer dan brand dapat menghasilkan citra terbalik, yang menyebabkan kebingungan pelanggan dan sikap negatif terhadap brand. Penelitian dilakukan untuk menjawab fenomena dan permasalahan yang ada dengan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi attitude toward influencer di media sosial dan mencari tahu pengaruhnya terhadap brand attitude dan purchase intention. Penelitian ini merupakan pengembangan dari Theory of Planned Behavior dan elaborasi dari penelitian yang sudah ada sebelumnya dengan menggunakan Structure Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi attitude toward influencer diantaranya perceived credibility, trust, perceived expertise, perceived congruence, dan influencer-brand congruence. Selain itu, didapatkan bahwa attitude toward influencer berpengaruh positif terhadap brand attitude dan purchase intention. Secara praktis penelitian ini memberikan gambaran bagi pelaku usaha dan pemasar mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen Indonesia terhadap influencer sehingga dapat memilih influencer yang tepat dan memberikan dampak positif terhadap brand attitude dan purchase intention. Hal ini juga membantu pelaku usaha dan pemasar untuk memahami kontribusi influencer marketing terhadap brand attitude dan purchase intention. ......The development of social media is used by brand owners and marketers as a channel to communicate and interact with consumers. Many companies have collaborated with influencers as a source of message to offer a product or brand. But choosing the right influencer is not an easy thing. Some phenomena that occur, business actors get less-effective results from the use of influencer marketing. In addition, from previous literature it was found that failure to find a balance between influencers and brands can result in a reversed image, which causes customer confusion and negative attitudes towards the brand. The research was conducted to answer existing phenomena and problems by identifying factors that influence attitudes toward influencers on social media and finding out their influence on brand attitudes and purchase intentions. This research is a development of the Theory of Planned Behavior and an elaboration of previous research using Structure Equation Modeling (SEM). The results of the study show that the factors that can influence attitudes toward influencers include perceived credibility, trust, perceived expertise, perceived congruence, and influencer-brand congruence. In addition, it was found that attitude toward influencers had a positive effect on brand attitude and purchase intention. Practically, this research provides an overview for business actors and marketers regarding the factors that influence Indonesian consumers' attitudes towards influencers so that they can choose the right influencer and have a positive impact on brand attitude and purchase intention. It also helps businesses and marketers to understand the contribution of influencer marketing to brand attitude and purchase intention.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>