Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Khaidir Yusuf
Abstrak :
Dengan mulai meluasnya penggunaan modular floating system dalam aplikasinya sebagai ponton sekaligus sebagai dock, maka kini diperlukan suatu sistem pendukung tambahan yang dapat difungsikan sebagai penambat pada modular floating. Multiple side anchor ini dirancang khusus digunakan untuk multi penjangkaran termasuk penjangkaran dibawah air (bottom anchor) dan tentunya penjangkaran sisi. Alat ini diproyeksikan untuk menahan nilai suatu beban yang mungkin terjadi pada sistem serta di proporsikan dengan baik sehingga materialnya tidak mengalami deformasi plastis selama masa penggunaan. ......With start of the widespread use of modular floating system in the pontoon application as well as a dock, so now is required an additional support system that has function as mooring at modular floating. Multiple side anchor is designed spesifically to be used for multiple anchor including anchoring at the bottom level of water (bottom anchor) and thus anchoring the side. This tool is projected to withstand the load that may occur to them, and used properly so that the material does not undergo plastic deformation during the period of use.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S44154
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Slamet Kasiyanto
Abstrak :
Angkutan penyeberangan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera selama ini hanya mengandalkan satu lintasan rute penyeberangan Merak-Bakauheni. Dalam beberapa tahun terakhir, kondisi Pelabuhan Penyeberangan Merak tidak ideal sebagai pelabuhan penyeberangan karena selalu mengalami kepadatan antrean kendaraan yang terus berulang-ulang. Bila kondisi ini (sistem transportasi penyeberangan) tetap dipertahankan, maka akan terjadi kelebihan permintaan. Oleh karena itu, perlu analisis kemungkinan pengembangan rute penyeberangan baru dengan mempertimbangkan keekonomian rute penyeberangan baru. Penelitian ini, mengkaji alternatif lokasi pengembangan pelabuhan penyeberangan Cigading-Kiluan. Rencana pemilihan lokasi pelabuhan, analisis manajemen finansial transportasi pelabuhan baru, analisis keekonomian rute Cigading-Kiluan dibandingkan dengan rute Merak-Bakauheni dan prospek pengembangan Pelabuhan Penyeberangan Cigading-Kiluan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa rute penyeberangan Cigading-Kiluan dapat dipilih sebagai alternatif penyeberangan baru dimana analisis manajemen finansial rute penyeberangan baru dengan penghematan 39,4% dibandingkan rute penyeberangan Merak-Bakauheni. Sedangkan analisis keekonomian rute penyeberangan Cigading-Kiluan terdiri dari pengembangan kawasan pariwisata, pengembangan kawasan indutri, pengembangan infrastruktur jaringan transportasi dan kesejahteraan masyarakat sehingga keputusan untuk mengembangkan alternatif ini layak secara ekonomis.
Transportation connective of crossing Java and Sumatra Island during time relling on one track Merak-Bakauheni route. In recent years, the conditions are not ideal port of Merak as ferry ports because always had density queue of vehicles that continue over and over. If the condition (crossing transport system) is maintained, there will be over demand. Therefore, the necessary analysis of the possibility of developing a new crossing route by considering economic value of a new crossing route. This research, examines the development alternative of location Cigading- Kiluan ports. Plan of port the site selection, analysis of financial management new port of transportation, economic analysis Cigading-Kiluan route than Merak- Bakauheni route and development prospects Cigading-Kiluan port. The research concludes that Cigading-Kiluan route can be selected as an alternative new crossing which analysis of financial management a new crossing route to 39.64% savings compared Merak-Bakauheni route. While the economic analysis of Cigading-Kiluan crossing route consist of the development of the tourism, the development of the industry region, the development of transport infrastructure and public welfare so the decision to develop a economically feasible alternative.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44224
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kiki Juniarko
Abstrak :
Kemacetan di rute penyeberangan Merak-Bakauheni sudah sangat sering terjadi sehingga banyak membuat rugi perindustrian dan masyarakat. Namun sampai saat ini belum ada penyelesaian untuk memecah kemacetan tersebut sehingga membutuhkan alternatif penyeberangan baru untuk memberikan solusi mengatasi kepadatan antrean yang sering terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Merak. Untuk membuat rute penyeberangan baru ini sangat butuh banyak analisis terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan manajemen saat pengoperasiannya nanti. Oleh karena itu penelitian kali ini akan menganalisis manajemen waktu dan biaya rute penyeberangan baru agar tidak terjadinya kemacetan dan biaya yang mahal untuk rute penyeberangan baru ini. Penelitian ini lebih mengarah kepada kendaraan dengan golongan VIII karena kendaraan golongan ini memiliki beban waktu dan biaya yang lebih ekstra. Kemudian dari penelitian ini didapat hasil yang cukup memuaskan karena rute penyeberangan baru ini memiliki potensi yang sangat menguntungkan dari segi jarak, waktu, dan biaya dari pada rute penyeberangan Merak-Bakauheni. ......Route Congestion in Merak-Bakauheni route is very often the case that many make the loss of industry and society. But until now there has been no resolution to break up the congestion and thus require a new crossing to provide an alternative solution to the density of lines is often the case in the port of Merak crossing. To create a new pedestrian route so it took a lot of analysis beforehand to avoid future mismanagement of the time of operation. Therefore, this research will analyze the management time and cost of new crossing routes to avoid congestion and the expensive cost for this new crossing route. This research is more leads to the vehicle with the vehicle group VIII because this group has the burden of time and cost much extra. Then from this research obtained satisfactory results due to the new pedestrian route has potential benefits in terms of distance, time, and cost of the Merak-Bakauheni route.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44228
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library