Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nainggolan, Bernadette Romauli
Abstrak :
Indonesia sebagai negara dengan penduduk yang besar, ternyata tidak dapat menjadikan jumlah penduduknya yang besar sebagai sumber daya negara. Hasil pengukuran yang dilakukan oleh Human Development Report Office menunjukkan angka indeks pengembangan sumber daya manusia Indonesia berada pada peringkat ke-110 dari seluruh negara di dunia. Salah satu penyebab dari rendahnya angka indeks ini adalah rendahnya partisipasi belajar siswa sekolah dasar. Partisipasi belajar yang dimaksud adalah keterikatan dan keterlibatan siswa terhadap proses belajar di sekolah. Rendahnya partisipasi belajar ditunjukkan dengan angka siswa yang mengulang kelas dan putus sekolah. Rendahnya partisipasi belajar siswa sekolah dasar (sebagai tingkat pendidikan dasar) di Indonesia ini diyakini disebabkan oleh kemiskinan (Semiawan, 2005; Slavin, Karweit & Madden,1989 dalam Kauchak & Eggenth, 1989; Rycraft ,1990 dalam Seregreg, 1997; BPS, 2004). Kemiskinan dari sisi materi mempengaruhi pemelajaran dalam berbagai cara termasuk menyebabkan rendahnya self-regulated learning siswa yang menyebabkan rendahnya partisipasi belajar siswa (Pellino, 2005). Hal ini dikuatkan oleh penelitian dari Howse, dkk (2003) menunjukkan self regulated learning siswa miskin lebih rendah dari siswa yang tidak miskin. Di lain pihak, beberapa penelitian menunjukkan bahwa rendahnya partisipasi belajar disebabkan oleh rendahnya self-regulated learning siswa, bukan karena kemiskinannya, melainkan karena kualitas guru dan sekolah (Mathis, 2004). Untuk itu, peneliti melihat pengaruh kemiskinan, pengaruh guru yang diwakili oleh gaya kepemimpinan guru dan pengaruh sekolah yang diwakili oleh Quality of School Life (QSL) terhadap self-regulated learning siswa sekolah dasar. Untuk menjawab masalah penelitian ini, metode penelitian kuantitatif yang dilaksanakan terhadap 88 anak kelas V SD di Jakarta Selatan, dengan mengontrol IQ rata-rata ke atas. Hasil menunjukkan bahwa kemiskinan dan gaya kepemimpinan guru tidak memberikan pengaruh terhadap self-regulated learning siswa sekolah dasar, sedangkan Quality of School Life memberikan pengaruh terhadap self-regulated learning siswa sekolah dasar. Di lain pihak analisis regresi menunjukkan berperannya variabel gaya kepemimpinan guru Selling dan Quality of School Life terhadap self regulated learning siswa sekolah dasar. Gaya kepemimpinan Selling adalah gaya kepemimpinan guru yang memiliki orientasi tugas dan orientasi hubungan yang keduanya tinggi terhadap siswa, dalam hal ini siswa sekolah dasar. Hasil penelitian tambahan menunjukkan adanya pengaruh jenis kelamin terhadap self regulated learning siswa sekolah dasar, dimana siswi memiliki self-regulated learning yang lebih tinggi dibandingkan siswa. Selain itu ditemukan pula tidak adanya perbedaan yang bermakna antara siswa yang memiliki IQ rata-rata ke atas dan IQ di bawah rata-rata terhadap skor self-regulated learning. Dengan hasil ini penelitian ini membuktikan pengaruh Quality of School Life dan gaya kepemimpinan guru Selling terhadap self-regulated learning siswa sekolah dasar. Peningkatan self-regulated learning melalui peningkatan kualitas guru, sekolah yang dimediasi oleh peningkatan self-regulated learning pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar anak sekolah dasar secara khusus, dan partisipasi belajar penduduk Indonesia pada umumnya.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T18620
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leo Wiradharma
Abstrak :
Robot adalah suatu hasil dari perkembangan teknologi, yang dipergunakan untuk membantu manusia, baik di bidang industri maupun di luar bidang industri. Sistem penggerak yang banyak dipergunakan pada Robot antara lain adalah Motor AC, Motor DC, Motor Stepper dan Pneumatik. Pada Tugas Akhir ini, sistem penggerak yang pergunakan adalah Motor Stepper. Keuntungan menggunakan sistem penggerak ini adalah mudah untuk mengendalikan kecepatannya, dan dapat diatur gerakannya sesuai dengan jenis Motor Stepper yang digunakan serta pengendalian program yang sesuai. Pada pembuatan Perangkat Lunak (Software) untuk menggerakan Robot ini, semua sistem dikendalikan oleh sebuah Komputer yang menggunakan rangkaian digital berbasis 8 - Bit Synchronous Shift Register dengan kendali Komputer melalui Antar Muka (lnterface) Paralel Port untuk mengaktifkan rangkaian Perangkat Keras (Hardware). Bahasa Pemrograman yang digunakan pada Tugas Akhir ini adalah Bahasa Pemrograman Microsoft Visual Basic versi 6.0 sebagai sarana untuk mengendalikan gerakan Robot dan' Microsoft Visual CH- sebagai sarana komunikasi Komputer dngan Pengendali Gerakan Robot. Pada akhir pembuatan Perangkat Lunak (Software) dan Antar Muka (Interface) Paralel Port, ditunjukan dengan aktifnya 4 buah Motor Stepper sesuai dengan perencanaan dari Perangkat Lunak (Software) yang diborikan dan kemudian digunakan sebagai penggerak Robot.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S39239
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kuipers, Fernando A., editor
Abstrak :
This book constitutes the refereed proceedings of the 6th IFIP TC 6 International Workshop on Self-Organizing Systems, IWSOS 2012, held in Delft, The Netherlands, in March 2012. The 5 revised full papers and 5 short papers presented together with 2 invited papers were carefully selected from 25 full paper and 8 short paper submissions. The papers address the following key topics, design and analysis of self-organizing and self-managing systems, inspiring models of self-organization in nature and society, structure, characteristics and dynamics of self-organizing networks, techniques and tools for modeling self-organizing systems, robustness and adaptation in self-organizing systems, self-organization in complex networks like peer-to-peer, sensor, ad-hoc, vehicular and social networks, control of self-organizing systems, decentralized power management in the smart grid, self-organizing group and pattern formation, self-organizing mechanisms for task allocation, coordination and resource allocation, self-organizing information dissemination and content search, and risks and limits of self-organization.
Heidelberg: [Springer, ], 2012
e20409965
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Cambridge, UK: MIT Press, 1993
003.7 DES
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Satoshi Murata
Abstrak :
The theme of this book is to examine the feasibility of creating such robots within the limitations of current mechanical engineering. The topics comprise the following aspects of such a pursuit : the philosophy of design of self-organizing mechanical systems, self-organization in biological systems, the history of self-organizing mechanical systems, a case study of a self-assembling/self-repairing system as an autonomous distributed system, a self-organizing robot that can create its own shape and robotic motion, implementation and instrumentation of self-organizing robots, and the future of self-organizing robots. All topics are illustrated with many up-to-date examples.
Tokyo : [, Springer], 2012
e20398794
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Der, Ralf
Abstrak :
The book provides answers by developing a general principle, homeokinesis, the dynamical symbiosis between brain, body, and environment. That is shown to drive robots to self- determined, individual development in a playful and obviously embodiment- related way, a dog-like robot starts playing with a barrier, eventually jumping or climbing over it, a snakebot develops coiling and jumping modes, humanoids develop climbing behaviors when fallen into a pit, or engage in wrestling-like scenarios when encountering an opponent. The book also develops guided self-organization, a new method that helps to make the playful machines fit for fulfilling tasks in the real world. The book provides two levels of presentation. Students and scientific researchers interested in the field of robotics, self-organization and dynamical systems theory may be satisfied by the in-depth mathematical analysis of the principle, the bootstrapping scenarios, and the emerging behaviors. But the book additionally comes with a robotics simulator inviting also the non- scientific reader to simply enjoy the fabulous world of playful machines by performing the numerous experiments.
Berlin: Springer, 2011
e20420048
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
This volume constitutes the thoroughly refereed post-conference proceedings of the International Workshop on Adaptive and Learning Agents, ALA 2011, held at the 10th International Conference on Autonomous Agents and Multiagent Systems, AAMAS 2011, in Taipei, Taiwan, in May 2011. The 7 revised full papers presented together with 1 invited talk were carefully reviewed and selected from numerous submissions. The papers are organized in topical sections on single and multi-agent reinforcement learning, supervised multiagent learning, adaptation and learning in dynamic environments, learning trust and reputation, minority games and agent coordination.
Berlin: Springer, 2012
e20406302
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Sokolova, Marina V.
Abstrak :
The main objective of this book is to bring together existing methods for decision support systems creation within a coherent agent-based framework and to provide an interdisciplinary and flexible methodology for modeling complex and systemic domains.
Berlin: [Springer, ], 2012
e20398178
eBooks  Universitas Indonesia Library