Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Melly Preston
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pola asuh orangtua terhadap efikasi-diri dalam pengambilan keputusan karier melalui mediasi kepribadian proaktif pada siswa SMA. Sebanyak 949 data responden terkumpul dengan menggunakan tiga macam skala, Career Decision Self-Efficacy-Short Form, Parental Authority Questionnaire, dan Proactive Personality Scale, yang sudah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia. Data dianalisis menggunakan macro PROCESS dari Hayes. Secara keseluruhan, hasil uji menunjukkan bahwa pola asuh otoritatif dari ayah dapat berpengaruh terhadap efikasi-diri dalam pengambilan keputusan karier secara langsung maupun tidak langsung melalui kepribadian proaktif; pola asuh otoritarian ayah dan ibu, serta pola asuh permisif ibu berpengaruh terhadap efikasi-diri dalam pengambilan keputusan karier hanya melalui mediasi kepribadian proaktif; sedangkan pola asuh permisif ayah tidak dapat berpengaruh terhadap efikasi-diri dalam pengambilan keputusan karier baik secara langsung maupun tidak langsung melalui mediasi kepribadian proaktif. Implikasi, limitasi, dan saran untuk penelitian selanjutnya didiskusikan.
ABSTRACT
This study aimed to examine the influence of parenting styles on career decision self efficacy through the mediation of proactive personality in senior high school students. A total of 949 data respondent were collected by using three scales Career Decision Self Efficacy Scale Short Form, Parental Authority Questionnaire, and Proactive Personality Scale, that have been adapted to Indonesian. The data were analyzed using macro PROCESS from Hayes. Overall, test results showed that authoritative parenting styles from father affects career decision self efficacy directly and indirectly through the proactive personality mothers rsquo authoritative parenting style affects the career decision self efficacy directly authoritarian parenting styles from both father and mother, as well as mothers rsquo permissive parenting style only affect the career decision self efficacy through the proactive personality while fathers rsquo permissive parenting style did not affect the career decision self efficacy directly or indirectly through the proactive personality. Implications, limitations, and suggestions for future study are discussed.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
T50578
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muazila Norisnita
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktok-faktor yang mempengaruhi Cryptocurrency Investment Intention. Faktor-faktor tersebut antara lain Information Quality, Investment Experience, Financial Self-Efficacy, Effort Expectancy, Social Influence, dan Performance Expectancy yang dimoderasi oleh Age dan Gender. Penelitian ini dilakukan menggunakan kuesioner pada masyarakat yang sudah memiliki pengalaman investasi, berusia 17 tahun keatas dan berdomisili di Jabodetabek. Sampel penelitian berjumlah 354 responden. Dalam mengolah data dilakukan dengan Software SPSS vs 25 menggunakan regresi berganda untuk menguji pengaruh langsung variabel independen terhadap variabel dependen dan Moderated Regression Analysis untuk menguji pengaruh moderasi antar variabel. Hasil penelitian menunjukan Investment Experience, Financial Self-Efficacy, Effort Expectancy, Social Influence, dan Performance Expectancy berpengaruh signifikan secara positif terhadap Cryptocurrency Investment Intention. Information Quality, Age dan Gender tidak berpengaruh terhadap Cryptocurrency Investment Intention. Hasil penelitian uji moderasi menujukan hanya Social Influence yang dimoderasi Age berpengaruh secara negatif terhadap Cryptocurrency Investment Intention, sedangkan hasil moderasi lainnya tidak perngaruh. ......This study aims to analyze the factors that influence Cryptocurrency Investment Intentions. These factors include Information Quality, Investment Experience, Financial Self-Efficacy, Effort Expectancy, Social Influence, and Performance Expectancy moderated by Age and Gender. This research was conducted using a questionnaire on people who already have investment experience, aged 17 years and over and domiciled in Jabodetabek. The research sample amounted to 354 respondents. In processing the data, SPSS vs. 25 software used Multiple Regression Analysis to test the direct effect of the independent variable on the dependent variable and Moderated Regression Analysis to examine the moderating effect between variables. The study results show that Investment Experience, Financial Efficacy, Business Expectations, Social Influence, and Performance Expectations significantly positively affect Cryptocurrency Investment Intentions. Information Quality, Age and Gender do not affect Cryptocurrency Investment Intentions. The results of the moderation test show that only Social Influence moderated by Age has a negative effect on Cryptocurrency Investment Intentions, while other moderating results have no effect.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
David P.
Abstrak :
Salah satu proses evaluasi yang dilakukan untuk menentukan kelulusan siswa SMA di Indonesia adalah melalui ujian nasional (UN) dan ujian sekolah berbasis nasional (USBN). UN maupun USBN tidak terlepas dari berbagai kecurangan akademik. Dari berbagai penelitian terdahulu, sebagian besar siswa pernah melakukan kecurangan akademik dalam berbagai bentuk. Terdapat banyak faktor yang memengaruhi perilaku kecurangan akademik diantaranya adalah academic self-efficacy dan takut akan kegagalan. Academic self-efficacy merupakan salah satu prediktor dan memiliki hubungan negatif dengan kecurangan akademik. Di sisi lain, takut akan kegagalan memiliki hubungan positif dengan perilaku kecurangan akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh keduanya secara bersama-sama pada perilaku kecurangan akademik. Partisipan dalam penelitian berjumlah 875 siswa SMA kelas 12 dari 146 sekolah, 56 kota dan 22 provinsi di Indonesia. Analisis dilakukan dengan uji multiple regression dan factorial anova. Diketahui bahwa academic selfefficacy dan takut akan kegagalan memiliki pengaruh signifikan yang bertolak belakang terhadap perilaku kecurangan akademik. Takut akan kegagalan ditemukan cenderung memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan academic self-efficacy terhadap perilaku kecurangan akademik. Kolaborasi dukungan guru serta orang tua untuk meningkatkan academic self- efficacy dan menurunkan derajat takut akan kegagalan diharapkan dapat mengurangi potensi perilaku kecurangan akademik pada siswa SMA kelas 12. ......One of the evaluation processes carried out to determine high school student graduation in Indonesia is through national examination (UN) and national based school examination (USBN). Both of them are inseparable from possibilities of academic dishonesty behavior. From previous studies, most student had committed academic dishonesty in various forms. There are many factors that influence academic dishonesty including academic self-efficacy and fear of failure. Academic self-efficacy is a predictor and has a negative relation with academic dishonesty. On the other hand, fear of failure has a positive relation with academic dishonesty. The purpose of this study is to find out the effect of both variables collectively on academic dishonesty. Participant in this study were 875 12 grade high school students from 146 schools, 56 cities and 22 provinces in Indonesia. The analysis was performed using multiple regression and factorial anova test. Result showed that academic self-efficacy and fear of failure have a significant and opposite effect on academic dishonesty. Fear of failure tends to have more dominant influence than academic self-efficacy on academic dishonesty behavior. Collaboration of support from teachers and parent to improve academic self-efficacy and reduce fear of failure is expected to minimize the academic dishonesty behavior potential in 12 grade high school student.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Winda Ria Sutjonong
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas dari workshop yang dirancang untuk meningkatkan efikasi diri guru TK dalam kemampuan mengajar secara kreatif. Workshop ini dilakukan kepada 60 guru TK yang berasal dari beberapa kota di Indonesia secara daring. Penelitian ini menggunakan dasar teori empat sumber efikasi diri dari Bandura dan teori experiential learning dari Kolb. Pemilihan subjek menggunakan teknik accidental sampling. Workshop dilakukan sebanyak 6 sesi dalam waktu 2 hari. Desain penelitian yang digunakan adalah before and after study design untuk membandingkan perolehan skor kelompok (tanpa grup kontrol) sebelum dan sesudah pemberian intervensi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Teaching for Creativity Scales (Rubenstein et al., 2013) dengan mengambil salah satu dimensinya yaitu efikasi diri guru. Dari 60 peserta awal workshop, terdapat 38 data peserta yang dapat diolah menggunakan metode Repeated-Measures ANOVA. Penarikan kesimpulan penelitian ini dilihat dari nilai Sig Greenhouse-Geisser (0.000 < 0.05) dan perbedaan skor rata-rata kelompok yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai efikasi diri guru TK mengenai kemampuan mengajar kreatif setelah diberikan intervensi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa workshop yang dilakukan efektif untuk meningkatkan efikasi diri guru TK dalam kemampuannya mengajar secara kreatif. ......This study aims to examine the effectiveness of a workshop designed to increase kindergarten teachers’ self-efficacy regarding their creative teaching abilities. The workshop was conducted online for 60 kindergarten teachers from several cities in Indonesia. This study uses the theoretical basis of the four sources of self-efficacy from Bandura dan Kolb’s experiential learning. Subjects were selected using the accidental sampling technique. This workshop was conducted in 6 sessions for 2 days. The research design used in this study is a before and after study design (without a control group) to compare the group scores before and after the intervention. The research instrument used is the Teaching for Creativity Scales (Rubenstein et al., 2013) by taking one of the dimensions, which is teacher self-efficacy. From the initial 60 participants, there were only 38 participants’ data that could be processed using the Repeated-Measures ANOVA method. The conclusion of this research is seen from the value of Sig Greenhouse-Geisser (0.000 < 0.05) and the difference in the group average score, which shows that there is a significant difference in the self-efficacy score of kindergarten teachers regarding their creative teaching ability after the intervention. Thus, it can be concluded that the workshop is effective to increase the self-efficacy of kindergarten teachers regarding their ability to do creative teaching
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Samosir, Meilita Jamilah
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh parental career-related behaviors pada komitmen terhadap pilihan karier remaja dengan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier sebagai variabel mediator. Partisipan penelitian adalah siswa-siswi SMA di Jakarta Selatan N=315. Komitmen terhadap pilihan karier diukur dengan Commitment to Career Choice Scale CCCS, efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier dengan Career Decision Self-Efficacy Short Form CDSE-SF, serta persepsi anak terhadap perilaku orang tua terkait karier dengan Parental Career-Related Behaviors PCB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parental career-related behaviors yang mendukung B=-0,0212, p ......This study examined the role of parental career related behaviors towards commitment to career choice through career decision making self efficacy among adolescents. There are 315 high school students who participated in this study origin from school in South Jakarta. Commitment to career choice was measured using commitment to career choice scale CCCS, career decision making self efficacy was measured using career decision self efficacy short form CDSE SF, parental career related behaviors was measured using parental career related behaviors PCB. The result found that there are significant effects of parental career related behaviors support B 0,0212, p
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
T50707
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Pertiwi
Abstrak :
ABSTRAK
Usaha Mikro dan Kecil UMK memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Pertumbuhan dan perkembangan UMK menjadi perhatian banyak institusi, termasuk instansi pemerintah. Pemerintah menyediakan berbagai dukungan, termasuk bantuan keuangan, untuk mendukung pengembangan UMK. Studi ini menyelidiki peran dukungan pembiayaan pemerintah sebagai moderator kendala keuangan dan efek self-efficacy kewirausahaan terhadap inovasi UMK. Penelitian ini menggunakan teknik Structural Equation Model untuk menguji sampel yang terdiri dari 750 UMK. Hasilnya menemukan bahwa kendala finansial UMK dapat membatasi inovasi UMK, dan self-efficacy mereka meningkatkan inovasi. Lebih penting lagi, penelitian ini menegaskan bahwa dukungan pembiayaan pemerintah merupakan strategi efektif untuk memfasilitasi inovasi UMK. Makalah ini memberikan kontribusi dalam mengklarifikasi peran penting bantuan keuangan pemerintah sebagai moderator terhadap inovasi UMK.
ABSTRACT
Micro and Small Enterprises MSEs have important roles in Indonesian economy. The growth and development of MSEs is a concern of many institutions, including government agencies. Government provides various supports, including financial aids, to sustain the development of MSEs. This study investigates the role of government financing support as a moderator of financial constraint and entrepreneurial self efficacy effect toward MSEs innovation. This research applies Structural Equation Model technique to examine a sample consists of 750 MSEs. The results find that MSEs rsquo financial constraint might limit the MSEs rsquo innovation, and their self efficacy improve the innovation. More importantly, the research confirms that the government financing support is an effective strategy to facilitate MSEs rsquo innovation. This paper contributes in clarifying the importance roles of government financial aid as moderator to MSEs rsquo innovation.
2018
T50278
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library