Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 82 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Twitchell, K.S.
Princeton, NJ: Princeton University Press, 1953
915.3 TWI s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Al-Farsy, Fouad
Guernsey: Knight Communications, 2002
953.8 ALF m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Baeshen, Lamia
Jeddah: King Fahd National Library, 2002
398.209 538 BAE f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzan Muslim
Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2000
892.730 8 FAU c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Riyadh: Al-Arabi Printing Press, 2002
953.1 KIN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Riyadh: The Arab Printing Press, 2002
953.1 KIN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ryadh: Ministry of Information Foreign Information, 2002
953.1 KIN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Syafril bin Abdul Halim
Abstrak :
Penelitian dalam tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan idiosinkresi "orang kuat", Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, dalam membangun integrasi Uni Emirat Arab. Masalah integrasi menjadi isu sentral di Timur Tengah karena sulitnya mewujudkan masalah tersebut. Lain halnya dengan Uni Emirat Arab yang terdiri dari tujuh emirat (Abu Dhabi, Dubai, Sharjah, Ajman, Umm al-Qaiwain, Ras al-Khaimah dan Fujairah), integrasi negara ini sejak 2/12/1971 sampai sekarang (2004) masih utuh, dan bahkan bertambah kuat. Karena itu, penulis tertarik untuk mengungkapkan sifat-sifat istimewa Sheikh Zayed yang membuatnya berhasil membangun integrasi yang menyatukan ketujuh emirat tersebut. Penelitian ini menggunakan paradigma klasikal dengan pendekatan kualitatif dan metode biografi. Seperti diyakini sementara pihak bahwa metode biografi sangat balk untuk menjelaskan perilaku seseorang dalam menggeluti suatu masalah. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka. Melalui data yang dapat dikumpulkan, penulis berusaha mengangkat sifat-sifat khas Sheikh Zayed yang berkaitan dengan inasalah integrasi di Uni Emirat Arab. Di antara temuan penelitian ini adalah bahwa sikap pemurah, solider dan sederhana Sheikh Zayed sangat menunjang keberhasilannya dalam menggalang persatuan di kawasan Teluk. Berangkat dari keyakinannya bahwa persatuan akan mendatangkarl kebaikan dan perpecahan akan menimbulkan malapetaka bagi masyarakat kawasan, Sheikh Zayed berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkan persatuan antara berbagai emirat yang ada di Teluk. Sheikh Zayed, Presiden UEA sekaligus emir Abu Dhabi, dalam bertindak sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai Islam yang luhur. Dia paham betul bahwa yang berpunya berkewajiban mengulurkan tangan kepada yang kurang beruntung. Sheikh Zayed berkeyakinan bahwa emirat-emirat yang lebih kecil dan miskin yang ada di kawasan juga berhak menikmati kekayaan minyak Abu Dhabi. Agaknya kebijakan "open hand" yang dijalankan oleh Sheikh Zayed ini merupakan salah satu pilar yang menopang tegaknya federasi Uni Emirat Arab. Kiranya kebijakan "open hand" ini diadopsi oleh "orang kuat" lainnya, seperti Muammar Gadhafi, dalam menggalang integrasi dengan negara tetangganya yang lebih miskin, seperti Tunisia dan lainnya, tentu dia sudah berhasil mewujudkan persatuan di kawasan. Kendatipun demikian, UEA sendiri tampaknya Bakal menghadapi masalah integrasi di masa depan, mengingat sukarnya mencari tokoh seperti Sheikh Zayed.
This research shows the important contributions of Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, the ruler of Abu Dhabi and the president of the United Arab Emirates, in the foundation of the Emirates union and in it's success. The success of the Emirates model of unity is so important to the Arab world since the failure of other efforts to make unity as in the case of Egypt and Syria in 1961. So the UAE model, in which 7 small states united in 1971, is giving hope that one day another unity may take place among the Arab countries. The researcher show the important role played by Sheikh Zayed in creating this unity in the UEA, and his personal charisma that make this union very strong and rooted. The researcher in the frame work of this research used descriptive and analytical methods and biography analysis of Sheikh Zayed and his patriarch role that led to this long lasting union. The research tells that the success of the union in the United Arab Emirates, owes a lot to Sheikh Zayed personal leadership traits, and to his farsightedness and wisdom. In additional to that, Sheikh Zayed deeply believes in unity as an Islamic value, so he endured so many challenges and differences with patience to overcome the obstacles in the way of the unity. He helped the poor emirates in the union saying that they have the right to enjoy the benefit of Abu Dhabi oil wealth. So the researcher believes that the liberal financial policy of Sheikh Zayed is one of the most important factors for the success of this model of unity in the Arab World. The researcher believes that, if other Arab leaders in the countries with the same background as the United Arab Emirates, could follow Sheikh Zayed liberal financial method in helping neighboring Arab countries, the Arab unity would have come true since a long time. The researcher also thinks that the United Arab Emirates could face political challenges in the future after the death of Sheikh Zayed (86 years) because no other leader will be able to play his charismatic role.
2004
T14900
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Uci Kusyanti
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang citra perempuan pada masyarakat konservatif yang terdapat dalam novel Ikhtilas. Novel Ikhtilas terjemahan Indonesia berjudul Perempuan terpasung. Penulis melakukan penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra dan kritik sastra feminis. Hasil dari penelitian ini penulis memaparkan unsur ekstrinsik novel terkaitbiografi pengarang dan budaya masyarakat konservatif terkait patriarkat dan ideologi gender. Setelah itu penulis menemukan citra perempuan dalam novel Ikhtilas dengan tinjauan data sosiologis tentang masyarakat konservatif Saudi Arabia dengan menggunakan dua pendekatan yang telah disebutkan di atas.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57159
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadira Nurfitria
Abstrak :
[ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang perubahan fungsi shemagh sebagai kain pelindung atau penutup kepala atau tubuh yang bermula dipakai oleh petani, suku Badui, dan rakyat desa di Palestina yang berpindah ke kota, dan menyebar ke kota-kota Palestina. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan, mencatat, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk teks naratif, kata-kata, ungkapan, pendapat, dan gagasan yang dikumpulkan oleh penulis dari beberapa sumber sesuai dengan teknik atau cara pengumpulan data. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik studi kepustakaan yang dilakukan dengan cara membaca dan mempelajari sejumlah buku, literatur, jurnal ilmiah, laman internet dan wawancara untuk mendapatkan data yang menjadi landasan dalam penelitian ini. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh informasi mengenai perubahan fungsi shemagh dan bagaimana shemagh dapat tersebar di dunia Internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shemagh digunakan sebagai simbol solidaritas perlawanan rakyat Palestina terhadap penjajah Inggris dan Zionisme. Pemimpin Palestina Yasser Arafat menggunakan shemagh sebagai pelindung kepala sehari-hari sebagai simbol atau ciri khas Palestina dan juga sebagai simbol solidaritas. Kemunculan Arafat dengan menggunakan shemagh dalam acara-acara penting yang diliput oleh media, mengundang banyak pertanyaan mengapa shemagh selalu digunakan. Berbagai negara dengan kondisi geografis yang berbeda mulai tertarik dengan penggunaan shemagh. Selain sebagai pelindung kepala, negara-negara bermusim dingin seperti Eropa, shemagh digunakan sebagai syal atau scarf. Shemagh di negara-negara Arab seperti Arab Saudi digunakan sebagai tanda kedewasaan seorang pria, acara-acara formal, atau sebagai tanda seseorang yang penting dalam kepemerintahan dengan egal sebagai mahkotanya. Kemudian shemagh menjadi terkenal di dunia Barat dan menjadikannya sebagai mode fesyen. ;
ABSTRACT
This study focuses on the changes of shemagh functions as a protector of the head and body that originated used by farmers, bedouin, and the Palestinian villagers. They moved into the cities, causes shemagh spread out. In the writing of this study, the author uses a qualitative research approach and descriptive research, which is a research that describes, records, analyzes, and interprets data presented in the form of narrative text, words, expressions, opinions and ideas collected by the author from several sources in accordance with techniques or method of data collection. At this phase the author uses literary research, phase by reading and studying a number of books, literature, scientific journals, the internet website and interview to get a theoretical framework which form the basis for this study. The results of the descriptive analysis obtained information about the changes of shemagh functions and how shemagh can spread internationally. The results show that shemagh used as a symbol of solidarity with the Palestinian people's resistance against the British and the Zionism. Palestinian leader, Yasser Arafat, used shemagh as protective headgear and he always wearing shemagh everyday as a symbol and characteristic of Palestine and also a symbol of solidarity of the Palestinian. The appearance of Arafat using shemagh in important events covered by the media, are open to question why shemagh always used. Various countries with different geographical conditions became interested in the use of shemagh. Besides as protective headgear, many people in the seasonal cold countries like Europe use shemagh as a scarf. In Arab countries like Saudi Arabia use it as a sign of maturity of a man, formal occasions, or as a sign of someone who is important in governance with egal as crown. Then, shemagh have been knowing in the Western and make it as a fashion. ,
ABSTRACT
This study focuses on the changes of shemagh functions as a protector of the head and body that originated used by farmers, bedouin, and the Palestinian villagers. They moved into the cities, causes shemagh spread out. In the writing of this study, the author uses a qualitative research approach and descriptive research, which is a research that describes, records, analyzes, and interprets data presented in the form of narrative text, words, expressions, opinions and ideas collected by the author from several sources in accordance with techniques or method of data collection. At this phase the author uses literary research, phase by reading and studying a number of books, literature, scientific journals, the internet website and interview to get a theoretical framework which form the basis for this study. The results of the descriptive analysis obtained information about the changes of shemagh functions and how shemagh can spread internationally. The results show that shemagh used as a symbol of solidarity with the Palestinian people's resistance against the British and the Zionism. Palestinian leader, Yasser Arafat, used shemagh as protective headgear and he always wearing shemagh everyday as a symbol and characteristic of Palestine and also a symbol of solidarity of the Palestinian. The appearance of Arafat using shemagh in important events covered by the media, are open to question why shemagh always used. Various countries with different geographical conditions became interested in the use of shemagh. Besides as protective headgear, many people in the seasonal cold countries like Europe use shemagh as a scarf. In Arab countries like Saudi Arabia use it as a sign of maturity of a man, formal occasions, or as a sign of someone who is important in governance with egal as crown. Then, shemagh have been knowing in the Western and make it as a fashion. ]
2015
S61464
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9   >>