Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kloeke, W.K.J.J. van Ommen
"Inhoud :
1. De beperking van de vrijheid van beroep en bedrijf door het optreden der gilden
2. He vrijheid van beroep en bedrijf als grondrecht
3. De beperking van de vrijheid van beroep en bedrijf door den wetgever
"
's-Gravenhage: Martinus Nijhoff, 1946
K 381 OMM v
Buku Klasik  Universitas Indonesia Library
cover
Syahrul Fathi
"Dari berbagai macam jenis pembayaran elektronik yang ada, salah satu jenisnya adalah e-wallet. Di Indonesia sudah banyak produk e-wallet yang dikeluarkan oleh pihak bank maupun pihak swasta. Doku, sebagai salah satu perusahaan payment gateway yang terbesar di Indonesia mempunyai sebuah produk e-wallet bernama Doku Wallet. Meskipun Doku Wallet sudah diluncurkan sejak akhir tahun 2012, penggunaannya oleh masyarakat Indonesia masih sangat minim. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang memengaruhi adopsi penggunaan Doku Wallet di Indonesia sebagai alternatif alat pembayaran. Data responden didapat dari pengisian form secara online di Google form, yang link-nya disebarkan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, dan forum online. Target respondennya adalah orang yang pernah menggunakan Doku Wallet. Dari pengumpulan data selama satu bulan, mulai tanggal 5 April 2014 sampai 5 Mei 2014, terkumpul sebanyak 111 responden yang mengisi kuesioner. Data tersebut kemudian dianalisis dengan teknik multivariate structural equation modeling (SEM) menggunakan software LISREL 8. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi penerimaan dari Doku Wallet adalah electronic word-of-mouth (e-WOM), trust, perceived risk, dan perceived ease of use.

E-wallet is one type of electronic payment. In Indonesia there are so many e-wallet products, which are issued by banks and private sectors. Doku is one of the largest payment gateway companies in Indonesia, which have an e-wallet product called Doku Wallet. Although Doku Wallet was lauched in late 2012, its usage is very low in Indonesia. This study was conducted to determine factors that affect the adoption of Doku Wallet as an alternative payment method in Indonesia. Data were obtained from online questionnaire on Google form. Its link was advertised on social media, such as Facebook, Twitter, and online forums. The respondents are Doku Wallet users. The data were collected within one month from 5 April 2014 until 5 May 2014. There are 111 respondents, who filled out the questionnaire. Then the data was analyzed using LISREL 8, as a tool of a multivariate data analysis called structural equation modeling (SEM). The results shows that the factors affecting acceptance of Doku Wallet is electronic word-of-mouth (e-WOM), trust, perceived risk, and perceived ease of use."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Septia Restiani
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi dan kelayakan investasi pada PT ABC, perusahaan jasa keuangan online di Indonesia. Hasil dari studi melalui alat manajemen stratejik dan capital budgeting memberikan indikasi bahwa PT ABC memiliki prospek bisnis yang baik di Indonesia dan menghasilkan NPV positif. Hasil dari capital budgeting menunjukkan PT ABC menghasilkan NPV sebesar Rp31.291.157.632, IRR 260%, payback period 7,73 bulan, dan profitability index 42,17. Untuk mengukur risiko dari investasi, analisa sensitivitas dilakukan untuk mengukur variabel mana yang memberikan pengaruh terbesar bagi NPV. Hasil analisa melalui analisa sensitivitas menunjukkan bahwa biaya operasional sebagai broker memiliki tingkat sensitivitas tertinggi diantara variabel biaya lainnya.

This study aims to evaluate the strategy and investment decision on PT. ABC, a new online financial services in Indonesia. The result of the study through strategic management tools and capital budgeting technique indicates that PT. ABC has both great business prospect in Indonesia and create positive NPV. The result from capital budgeting technique shows that PT ABC creates NPV Rp31.291.157.632, IRR 260%, payback period 7,73 months, and profitability index 42,17. To measure the risk on the investment, sensitivity analysis is used to measure which variable would create the most impact on the NPV. The result from sensitivity analysis shows that the brokerage operational cost has the highest sensitivity level among other cost variables.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Kus Andriadi
"[ABSTRAK
Pengguna internet di Indonesia berkembang cukup besar. Hal ini mempengaruhi
perkembangan bisnis online s-commerce. Banyak penelitian yang membahas
faktor-faktor yang mempengaruhi intensi pembelian pada s-commerce dilihat dari
sisi interaksi pada media sosial, tapi masih sedikit yang melihatnya dari sisi
relasional dan transaksional. Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor-faktor
pada ketiga sisi tersebut, sehingga nantinya dapat dijadikan pertimbangan bagi
pebisnis s-commerce dalam membuat strategi yang tepat untuk meningkatkan
penjualannya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif yang dilakukan
dengan menyebarkan kuesioner online melalui surveymonkey.com, sehingga
diperoleh 404 responden yang mengisi kuesioner. Analisis statistik yang
digunakan pada penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan
perangkat lunak SmartPLS v.3.2.1. Penelitian yang dilakukan memberikan
kesimpulan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan konsumen
dalam melakukan pembelian online pada bisnis s-commerce adalah Transaction Safety, Relationship Maintenance dan Rating.

ABSTRACT
Internet users in Indonesia are growing rapidly which influence the growth of
online business for example s-commerce. Many researches have discussed about
factors that can influence intention to buy in s-commerce from social media
interaction side, but only few have discussed from relational and transactional
side. This research aims to identify factors from relational, transactional, and
social side that affect consumers? intention to purchase in s-commerce. This
research using quantitative method and researchers collect data through
questionnaire online from surveymonkey.com. There are 404 respondents who
participated in this research. Statistical analysis used in this research is Partial
Least Square (PLS) with tools SmartPLS v3.2.1. The conclusions from this
research showed the factors that influence consumers decision to buy are
Transaction Safety, Relationship Maintenance and Rating. The results of this
research are expected can be used for s-commerce business to create strategy business to increase sales growth., Internet users in Indonesia are growing rapidly which influence the growth of
online business for example s-commerce. Many researches have discussed about
factors that can influence intention to buy in s-commerce from social media
interaction side, but only few have discussed from relational and transactional
side. This research aims to identify factors from relational, transactional, and
social side that affect consumers’ intention to purchase in s-commerce. This
research using quantitative method and researchers collect data through
questionnaire online from surveymonkey.com. There are 404 respondents who
participated in this research. Statistical analysis used in this research is Partial
Least Square (PLS) with tools SmartPLS v3.2.1. The conclusions from this
research showed the factors that influence consumers decision to buy are
Transaction Safety, Relationship Maintenance and Rating. The results of this
research are expected can be used for s-commerce business to create strategy business to increase sales growth.]"
2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifatul Haq Ratri
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas mengenai analisis pengendalian internal atas piutang dagang pada PT XYZ. Analisis difokuskan pada prosedur perusahaan yang tertulis di dalam standar operasional terkait piutang dagang, apakah sudah cukup lengkap untuk dapat meminimalkan risiko berdasarkan teori pengendalian internal terkait piutang dagang serta kesesuaiannya dengan praktik yang terjadi di perusahaan.
Hasil laporan magang ini menyimpulkan bahwa prosedur yang tertulis dalam standar operasional terkait piutang dagang pada PT XYZ telah sesuai dengan teori terkait sehingga diharapkan dapat meminimalkan risiko piutang dagang perusahaan. Akan tetapi, lingkungan pengendalian serta lemahnya pengawasan pada praktiknya membuat prosedur yang baik ini tidak berjalan optimal dalam usaha meminimalkan risiko terkait piutang dagang tersebut. Ini dibuktikan dengan buruknya rasio perputaran piutang dan umur piutang perusahaan pada tiga tahun terakhir.

ABSTRACT
The internship report discusses about the analysis of internal control of PT XYZ trade receivable. The analysis focuses on the company procedures written on the operational standard, whether its complete enough to be able to minimize the related risks to the company trade receivable referring to internal control theories as well as the congruence of its practice in PT XYZ.
The results of this internship report concludes that PT XYZ procedures in its operational standard has complied to related internal control theories to minimize trade receivable related risks. However, due to lack of company control environment and supervision in practice, the well-built procedures are not performing properly to minimize trade receivable related risks. This proved by the bad receivable turnover ratio and aging of receivable the company has in the last three years.
"
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Alanudin
"The rapid changes in the world today, especially with digitization and the technological revolution, are transforming the way humans live. The internet revolution has brought significant changes, with over 63% of the world's population, reaching 5 billion out of the current 7.8 billion, regularly using the internet. In Indonesia, 213 million people, or more than 75%, have embraced internet usage. These changes profoundly impact various aspects of our lives, from ordering food, entertainment services to accessing educational services. Although e-commerce opportunities continue to grow, shifts in customer behavior pose challenges for companies in creating products and services that meet customer expectations. E-commerce competition is intense, with only 1% of companies having a competitive advantage (Chevalier, 2021). Eighty-four percent of e-commerce companies reveal that competition in this industry is fierce and dominated by price competition. While e-commerce continues to grow, its growth rate is slowing down. Business analytics becomes the key to effectively leveraging data. In an era of disruption filled with uncertainty, top executives' intuition, experience, and education need to be supported by relevant data. Most companies understand the crucial role of data and analytics but have not yet incorporated them into their routine operations. This research comprehensively discusses strategies to maximize the use of data and analytics, known as business analytics adoption. Furthermore, the technology-organization-environment (TOE) factors, as antecedents to business analytics adoption, are not fully utilized to support adoption, leading to companies struggling to grow and compete. This research aims to elaborate on these critical factors using fundamental questions: "Are knowledge retention, dynamic capabilities, and TOE (technology, organization, and environment) important in adopting business analytics to enhance competitive advantage?" To fill the literature gap, this study proposes the TOE framework, knowledge retention, and dynamic capabilities as crucial factors in the adoption of business analytics to enhance competitive advantage for e-commerce companies. In the e-commerce era, the use of data and analytics is not just a necessity but a requirement for companies to adapt and remain relevant in the ever-changing market.

Perubahan pesat dunia saat ini, terutama dengan digitalisasi dan revolusi teknologi yang mengubah cara hidup manusia. Revolusi internet membawa perubahan signifikan, lebih dari 63% populasi dunia, yaitu mencapai 5 miliar dari 7,8 miliar populasi dunia saat ini telah menggunakan internet secara rutin. Di Indonesia sebanyak 213 juta orang, yaitu lebih dari 75% telah menggunakan internet. Perubahan ini sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan kita, mulai dari cara memesan makanan, layanan hiburan hingga mengakses layanan pendidikan. Meskipun peluang e-commerce terus bertumbuh, perubahan perilaku pelanggan menimbulkan tantangan bagi perusahaan dalam menciptakan produk dan layanan yang sesuai dengan harapan pelanggan. Persaingan e-commerce sangatlah ketat, hanya 1% perusahaan yang memiliki competitive advantage (Chevalier, 2021). Sebanyak 84% perusahaan e-commerce mengungkapkan persaingan di industri ini sangatlah ketat dan didominasi oleh persaingan harga. E-commerce masih terus bertumbuh, namun tingkat pertumbuhannya mulai melambat. Business analytics menjadi kunci untuk memanfaatkan data secara efektif. Di era disrupsi yang penuh dengan ketidakpastian, intuisi, pengalaman, dan pendidikan para eksekutif puncak perlu didukung oleh data yang relevan. Sebagian besar perusahaan memahami peran penting data dan analytics, namun belum menggunakannya secara rutin. Penelitian ini membahas secara menyeluruh strategi untuk memaksimalkan penggunaan data dan analitik, yang dikenal sebagai adopsi business analytics. Selain itu, faktor teknologi-organisasi-lingkungan (kerangka TOE) sebagai antecedent dari adopsi analisis bisnis tidak dimanfaatkan sepenuhnya untuk mendukung adopsi dan sebagai konsekuensinya perusahaan kesulitan untuk tumbuh dan bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan faktor-faktor penting ini dengan menggunakan pertanyaan mendasar: “Apakah faktor retensi pengetahuan, kemampuan dinamis, dan TOE (teknologi, organisasi, dan lingkungan) penting dalam mengadopsi analisis bisnis untuk meningkatkan keunggulan kompetitif? Untuk mengisi kesenjangan literature, penelitian ini mengusulkan kerangka TOE, retensi pengetahuan, dan kemampuan dinamis sebagai faktor penting dalam adopsi analisis bisnis untuk meningkatkan keunggulan kompetitif bagi perusahaan perdagangan elektronik. Dalam era perdagangan elektronik, penggunaan data dan analitik bukan hanya menjadi kebutuhan, tetapi suatu keharusan agar perusahaan dapat beradaptasi dan tetap relevan di pasar yang terus berubah."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daitel, H.M.
New Jersey : Prentice-Hall, 2001
658.84 DIE e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Viky George Lettu Radja Pono
"Revolusi teknologi informasi telah memicu terbentuknya pola pergaulan yang baru serta globalisasi kegiatan ekonomi secara strategis. E-commerce mulai berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal baru saat ini yang menjadi masalah penting yaitu kepercayaan daring, berdasarkan dari besarnya publisitas kebocoran informasi, pembajakan akun, dan pelanggaran privasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang memengaruhi kepercayaan daring pengguna C2C e-commerce di Indonesia terhadap merchants dan platform providers terhadap niat dalam melakukan belanja daring. Dengan menggunakan metode olah data kuantitatif, kuesioner akan dibagikan secara daring kepada responden yang merupakan pengguna C2C e-commerce di Indonesia. Kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan PLS-SEM.
Penelitian ini menghasilkan kepercayaan pada merchants dipengaruhi oleh dari kualitas informasi, kualitas pelayanan dan reputasi dari merchants tersebut, sedangkan kepercayaan pada platform providers dipengaruhi oleh kualitas informasi, kualitas sistem, sertifikasi pihak ketiga dan reputasi dari platform providers tersebut.
Dalam penelitian ini, kepercayaan konsumen dalam C2C e-commerce ditemukan hanya dipengaruhi oleh kepercayaan pada platform providers. Pada akhirnya, dengan mendapatkan dan meningkatkan kepercayaan konsumen maka akan sejalan dengan mengingkat niat konsumen dalam melakukan pembelian.

The information technology revolution has triggered the formation of new social patterns and the globalization of strategic economic activities. E-commerce has started to develop in recent years. The new thing that is currently an important issue is online trust, based on the amount of publicity of information leakage, account hijacking, and violation of privacy.
This study aims to find out what factors influence the online trust of C2C e-commerce users in Indonesia to merchants and platforms providers in their intention to shop online. By using quantitative data processing methods, the questionnaire will be distributed online to respondents who are C2C e-commerce users in Indonesia. The questionnaire was then analyzed using the PLS-SEM approach.
This research generated trust in merchants influenced by the quality of information, service quality and reputation of these merchants, while trust in platform providers was influenced by the quality of information, system quality, third party certification and reputation of the platform providers.
In this study, consumer trust in C2C e-commerce was found to be only influenced by trust in platform providers. In the end, getting and increasing consumer trust will be in line with increasing consumer intentions in making purchases.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ferdi Sjaiful
"Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian tujuan e-procurement berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 yang meliputi peningkatan transparansi dan akuntabilitas, akses pasar dan persaingan usaha yang sehat, efisiensi proses pengadaan, monitoring dan audit, dan akses informasi yang real time. Evaluasi dilakukan dengan menyelidiki persepsi responden, baik pejabat organisasi pengadaan dan penyedia barang/jasa, yang terlibat langsung pengadaan barang/jasa di Sekretariat Presiden Jakarta serta dengan menghitung tambahan manfaat dan tambahan biaya yang diperoleh dari pelaksanaan e-procurement.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif melalui penyebaran kuesioner, observasi langsung dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan e-procurement di Sekretariat Presiden Jakarta telah berjalan dengan baik dan mencapai tujuan e-procurement dan tambahan manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan e-procurement lebih besar dari tambahan biaya yang harus dikeluarkan.

This thesis aims to evaluate the accomplishment of e-procurement purposes on the basis of President Regulation Number 54 / 2010 covering the improvement of transparancy and accountability, market access, and the promotion of fair and open competition, efficient procurement process, monitoring and audit, not to mention real time information access. Evaluation is conducted by studying respondent perception both procurement officials and suppliers, who are involved directly in procurement at the Presidential Secretariat Jakarta and calculating marginal benefit and marginal cost which result from conducting e-procurement.
This research applies descriptive quantitative approach. Therefore the writer carried out questionaires, direct obervation, and literature study. The findings of the research are: 1. e-procurement at the Presidential Secretariat has been has achieved e-procurement purposes, 2. marginal benefit from e-procurement is bigger than its marginal cost.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T38617
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safiral Alam
"
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan dari dimensi variabel intrinsic motives yang terdiri dari concern for others, self enhancement, dan social benefit, serta variable extrinsic motives terhadap e-wom participation, selanjutnya e-wom participation tersebut di mediasi dengan variabel personal identification dan social identification untuk mengetahui pengaruhnya terhadap e-loyalty. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksploratif dan deskriptif yang dilakukan satu kali dalam satu periode. Responden penelitian ini berjumlah 150 orang e-commerce user dengan aktivitas online shop terakhir adalah 6 bulan. Model penelitian dengan sembilan hipotesis diuji menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menyatakan bahwa intrinsic motives dan extrinsic motives berpengaruh signifikan dan positif terhadap e-wom participation pada e-commerce. E-wom participation memiliki pengaruh signifikan positif terhadap personal dan social identification. Personal site identification berpengaruh positif signifikan terhadap e-loyalty, dan social site identification tidak memiliki pengaruh terhadap e-loyalty pada e-commerce.

ABSTRACT:
The purpose of this study is to identify the impact and relation from dimension of variable intrinsic motives which is consist of concern for others, self enhancement, and social benefit, also extrinsic motives variable toward e-wom participation, and then that e-wom participation on e-loyalty with intervening variable which is consist of personal site identification and social site identification. This research uses exploratory and descriptive design research conducted in one time period (cross sectional design). Respondents of this study are 150 people who have account of e-commerce and have been done last six month online shopping activity. The six-hypotheses research model in this study are tested with Structural Equation Modeling (SEM). The study states that the intrinsic motives and extrinsic motives significant and positive impact on e-wom participation in e-commerce. e-WOM participation have a positive significant effect on personal and social site identification, and then personal site identification have a positive significant effect on e-loyalty and social site identification have no significant effect on e-loyalty."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56659
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>