Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Heru Fahmi Irawan
Abstrak :
Musik rock disebut sebagai bentuk dari budaya popular yang mengglobal,yang diidentikkan dan diperuntul-:kan bagi anak muda. Bahkan sekarang musik rock telah rnenjadi sebuah bagian dari identitas dan gaya hidup yang tak terpisahkan dari anak muda (pnda generasi atau zamannya) yang diterima dan eksis di belahan bumi mana pun. Fenomena tersebut muncul seiiring dengan berkembangnya aliran musik rock n roll kurang iebih 50 tahun yang lalu. Fenomena tentang musik rock sebagai musiknya anak muda hingga kini masih terus dipahami keterkaitannya dan melekat satu sama lain. Oleh karena itu daiam penelitian ini, dengan melihat kaitannya dengan kehadiran media rnassa, perrnasalahan yang muncul dan akan dijawab adalah bagaimana musik rock direpresentasikan oleh media cetak di Indoensia dalam icurun waktu 1977 - 2002. Adapun tujuan yang ingin dicapai daiam penelitian ini, setelah melihat bagaimana media massa mewacanakan pemberitaan tentang musik rock dan budaya anak muda, adalah juga berupaya untuk menguak ideologi apa yang berada di balik musik rock yang dari tahun 1950-an hingga kini masih digandrungi, digemari, dan bahkan menjadi identitas bagi anak muda. Kerangka pemikiran yang melandasi penelitian ini adalah dengan menggunakan dua pendekatan atau perspektif yaitu cultural studies, berasal dari Birmingham School dan critical studies, berasal dari Frarzlgurt School, yang sama-sama berakar dari aliran Marxian. Dua pendekatan itu akan mengkaji dan menganalisis musik rock sebagai sebuah bentuk dari praktik budaya popular, budaya massal dan budaya industri yang telah mengglobal. Praktik-praktik budaya tersebut haruslah dihubungkan dengan hadimya media massa, yang dalam kacamata cuirurai studies dan crirical studies, ikut beroran mengkonstruksi pemaknaan musik rock dan budaya anak muda lewat konsep ideologi, hegemoni, dan wacana. Paradigrna penelitian yang digunakan adalah paradigma kritis yang bersifat kualitatif dengan metode analisisnya critical discourse analyisis, yang melakukan texr anaivsis dan multi-level analysis secara inrertextuol. Adapun theoretical framework yang digunakan adalah berdasarkan pemikiran-pemikiran Raymond Williams, Theodore W. Adamo, Louis Althusser, Antonio Gramsei, dan Stuart Hall. Sedangkan analythical framework yang dipergunakan mengacu pada critical discourse analysis-nya Norman Fairclough yang terbagi menjadi tiga dimensi yaitu, makro-struktur (sociocullurai pracrice), meso-struktur (discourse practice) dan mikro-struktur. Kesimpulannya bahwa musik rock dalam pemberitaannya pada media cetak di Indonesia dalam kurun Waktu 1977 - 2002 selalu dikonstruksi dan direpesesentasikan ke dalam makna sebagai sesuatu yang dinamis, penuh dengan jiwa perlawanan, pemberontakan dan sebagai bentuk dari gerakan anti~kemapanan atau counrer-cuirure. Media cetak dalam kurun waktu tersebut disimpulkan telah berhasil melanggengkan hubungan yang identik antara musik rock dan anak muda secara sistematis dan terstruktur. Musik rock yang tumbuh dan berkembang di Indonesia, oleh media cetak di Indonesia dalam kurun waktu 1977 - 2002, dipandang sebagai bentuk dari perlawanau ideologis yaitu perlawanan terhadap penguasa politik. Pada akhirnya, ideologi yang bisa direpresentasikan oleh pemberitaan media cetak tersebuf adalah ideologi perlawanan terhadap "kekuasaan".
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
T3271
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rezky Biancahya Oktavianto
Abstrak :
Penelitian yang berjudul Giant Step dan Musik Rock Progresif di Indonesia 1970-1985 berusaha mengkaji sejarah perkembangan musik rock progresif di Indonesia pada tahun 1970 hingga 1985 yang ditandai dengan hadirnya grup musik Giant Step. Penelitian tersebut dikembangkan dengan metode sejarah. Tahap pertama yang dilakukan adalah heuristik kemudian verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Aliran musik rock progresif mulai populer di Indonesia pada periode 1970-an. Kepopuleran aliran musik progresif rock mulai pudar pada periode 1980-an seiring berakhirnnya grup musik Giant Step. Grup musik Giant Step merupakan salah satu pelopor yang memberikan pengaruh terhadap dunia musik Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah penulis mengangkat perjalanan grup musik Giant Step yang memperkenalkan sekaligus mempopulerkan aliran rock progresif di dalam perjalanan sejarah dunia musik Indonesia. ......This research is using historical method Giant Step and Rock Progressive Musik in Indonesai 1970 1985 is try to review the progress of progressif rock music in Indonesia history in 1970 to 1985 era which is marked by the exsistence of a music group called Giant Step. This research is develop using historical method. The progressive rock genre became popular in the 1970 rsquo s era. Unfortunately, this popularity come to an end along with the end of the Giant Step group. The Giant Step is one of the breakthroughs artist in the progressive rock genre and very influential in Indonesia music history. The result of this research is the Giant Step as one of the artist progressive rock is success to introduce and popularized the progressive rock genre in the Indonesia music history.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Altschuler, Glenn C.
New York: Oxford University Press, 2003
781.660 Alt a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fahmi Firmansyah
Abstrak :
Skripsi ini merupakan sebuah studi mengenai perjalanan karier grup musik Slank periode 1983-1996 dan pengaruh mereka terhadap gaya hidup generasi muda, terutama para Slankers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode 19831996, Slank telah banyak mencatat prestasi. Di antaranya adalah penghargaan BASF Award sebagai grup musik rock pendatang baru tahun 1990 dengan jumlah penjualan album yang mencapai angka 300.000 copy. Dalam perjalanannya, para personel Slank sempat terjerumus dalam lembah narkotika dan menjadi pecandu berat. Gaya hidup seperti ini yang kemudian juga turut diikuti oleh para Slankers. Segala perilaku para personel Slank, baik positif dan negatif diikuti oleh para Slankers.
This thesis is a study about the career journey of rock band Slank in 1983-1996 and its influence to the life style of young generation, especially the Slankers. The result of this study shows that during the period of 1983-1996, Slank had recorded many accomplishments. One of the achievements is the BASF Award for the best newcomer rock band in 1990, with the total album selling reached 300.000 copies. In their journey, Slank noted a black record in their career as drugs addicts, by which many of their fans followed this kind of life style. It seems that almost all of the Slank personnel behaviors, whether they?re positive or negative, are followed and imitated by the Slankers.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S45
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Regev, Motti
Cambridge: UK Polity, 2013
782.421 REG p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jatmiko Adhi Ramadhan
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas bagaimana perjalanan karir Pas Band sebagai musisi indie tahun 1993-1998. Pas Band adalah sebuah band yang mengusung genre rock dengan membawa tema kritik sosial. Pas Band mengawali karir dengan merekam lagu mereka sendiri (indie). Cara ini ditempuh karena perusahaan major label pada umumnya menolak karakter musik Pas Band. Setelah proses rekaman selesai, Pas Band mendistribusikan albumnya dengan sistem titip edar. Hasil penjualan yang sangat tinggi didapatkan Pas Band, sehingga membuat PT. Aquarius Musikindo tertarik mengkontrak Pas Band. Kesempatan ini langsung diterima Pas Band, karena harapan mereka dalam bermusik yaitu menyampaikan aspirasi dan kritik sosial mereka kepada masyarakat bisa terwujud. Prestasi Pas Band dalam bermusik menjadikan mereka sebagai pelopor kemunculan musik indie dalam industri musik Indonesia. Keberhasilan Pas Band dalam bermusik melahirkan generasi-generasi baru dari musik indie. Idealisme mereka dalam bermusik banyak ditiru dan mewarnai belantika musik Indonesia.
ABSTRACT
This research tries to explain the life of Pas Band as an indie musician 1993-1998. Pas Band is a rock band with critic-toward-politic lyrics. Pas Band began their career with recording their own song (indie). This method they take because Major Labels cant accept their choice of lyrics, because -- according to the label -- it have no sell potentials. This denial made them go indie. After they produce their first mini album "For Through The Sap" independently, PT. Aquarius Musikindo offered them a contract. The success of their mini album moved Aquarius Musikindo. Pas Band signed the contract, and hoped to publicize their critictoward- politic lyrics. Another new indie band was formed here and there. That showed a birth of a generation of indie musician.
2014
S54561
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Abi Mulya
Abstrak :
ABSTRAK Punk merupakan cabang dari genre musik rock. Musik ini lahir pada tahun 1970-an sebagai bentuk perlawanan terhadap kondisi sosial dan politik di Inggris. Seiring berjalannya waktu, punk tersebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.Di sisi lain, punk sering diberi stigma negatif oleh media. Ekspos yang dilakukan media terhadap musik punk pun cenderung sedikit akibat musiknya yang lebih sulit diterima telinga masyarakat umum. Lahasil, informasi musik punk pun lebih sulit ditemukan dibandingkan musik yang lain. Kini, walaupun informasi musik punk sudah bisa ditemui di berbagai media daring, termasuk di Indonesia, konten-kontennya tetap memiliki beberapa kekurangan. Selain itu, hanya sedikit media yang memberi ruang bagi penggemar atau pegiat musik punk untuk mempublikasikan konten buatan sendiri. RIUH adalah portal berita daring yang membahas musik dan fokus pada musik punk serta turunannya. Pembahasan yang diangkat tak hanya berkutat pada punk dari segi musik, tetapi juga kaitannya dengan isu-isu sosial dan budaya yang ada. Tak hanya menyajikan informasi, media ini juga memfasilitasi khalayak membuat dan membagikan kontennya sendiri dalam kanal yang telah disediakan. Nantinya, situs media ini dapat menjadi wadah interaksi dan bertukar informasi bagi individu maupun kelompok yang menyukai musik punk. ......ABSTRACT Punk is a branch of the rock music genre. This music was born in the 1970s as a form of resistance to social and political conditions in Britain. Over time, punk spread to various parts of the world, including Indonesia. On the other hand, punk was often given a negative stigma by the media. The media exposure to punk tends to be a little due to the music which is more difficult for the general public to hear. As a result, punk music information is more difficult to find than other music. Now, even though information about punk music can already be found in various online media, including in Indonesia, the content still has some inadequacy. In addition, there are only few media that provides space for fans or punk music activists to publish their own content. RIUH is an online news portal that discusses music and focuses on punk music and its derivatives. The discussion raised not only dwells on punk in terms of music, but also its relation to existing social and cultural issues. Not only presenting information, the media also facilitates audiences to create and share their own content within the channels that have been provided. Later, media sites can become a forum for interaction and information exchange for individuals and groups who like punk music
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fathur Ichwan Satya
Abstrak :
ABSTRAK
Musik rock and roll atau yang biasa dieja sebagai rock lsquo;n rsquo; roll adalah sebuah aliran musik populer yang tidak hanya merupakan bagian dari hiburan dan seni, melainkan pula suatu bentuk budaya perlawanan. Seiring berkembangnya zaman dan pengaruh globalisasi, musik rock and roll yang berasal dari bangsa-bangsa barat ini kemudian masuk ke Uni Soviet. Di Uni Soviet, musik rock and roll pada awalnya mendapat larangan oleh pemerintah, karena merupakan budaya barat. Namun, setelah naiknya Mikhail Gorbachev sebagai pemimpin Uni Soviet, musik rock and roll kemudian dapat diterima dan berkembang karena kebijakan perestroika yang didalamnya terdapat kebijakan glasnost yang diusung oleh Gorbachev. Makalah ini akan mengungkap bagaimana perestroika mampu memberikan dampak bagi perkembangan musik rock and roll di Uni Soviet, serta bagaimana para khalayak musik rock and roll memaknai kebebasan yang diberikan pada masa pemerintahan Gorbachev melalui musik rock and roll.
ABSTRACT
Rock and roll music or also spelled rock lsquo;n rsquo; roll is a genre of popular music which is not only a part of entertainment and art, but also a form of counterculture. As the times progressed and impact of globalization, rock and roll music that came from the western countries entering the Soviet Union. At the first, rock and roll music was prohibited by the governmental regime, because it rsquo;s a part of western culture. After the rise of Mikhail Gorbachev as leader of the Soviet Union, rock and roll music can be accepted and developed because of perestroika policy which include glasnost by Gorbachev. This article will reveal how glasnost and perestroika can give impacts for the rock and roll development in Soviet Union, and how the audience of rock and roll expressed freedom that given on Gorbachev rsquo;s era through rock and roll music.Keyword: Perestroika, Glasnost, Rock and Roll, Impact
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
David Werhoru
Abstrak :
[ABSTRAK
Tesis ini akan membahas gagalnya Jimi Hendrix mencapai The American Dream di Amerika tahun 1960 an Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi keluarga dan lingkungan Jimi Hendrix berpengaruh kepada sisi psikologisnya dan berdampak besar pada kariernya di Amerika Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menggunakan literatur yang ditulis langsung oleh Jimi Hendrix dan beberapa penulis biografi lainnya Data tersebut akan dianalisis menggunakan teori psikologi konsep family influences dan attitude vs action oleh David Krech Richard S Crutchfield dan Norman Livson kemudian konsep The American Dreams yang didefinisikan oleh James Truslow Adams dan teori rasisme yang dikompilasikan oleh Les Back John Solomos Dari penelitian ini akan terlihat bagaimana Jimi Hendrix bisa gagal di Amerika.
ABSTRACT
This thesis will discuss the failure of Jimi Hendrix in achieving the American Dream in America in the 1960s The issues raised in this research is how the family and environmental conditions influenced the psychological side and how it results in Jimi rsquo s career in America Data collection for this study is using literature study based on literature written by Jimi Hendrix and some other biographers These data will be analyzed using the concept of family influences of psychological theory and attitude vs action by David Krech Richard S Crutchfield and Norman Livson as well as the concept of The American Dreams defined by James Truslow Adams and racism theory compiled by Les Back and John Solomos This research unveils how Jimi Hendrix could failed in America , This thesis will discuss the failure of Jimi Hendrix in achieving the American Dream in America in the 1960s The issues raised in this research is how the family and environmental conditions influenced the psychological side and how it results in Jimi rsquo s career in America Data collection for this study is using literature study based on literature written by Jimi Hendrix and some other biographers These data will be analyzed using the concept of family influences of psychological theory and attitude vs action by David Krech Richard S Crutchfield and Norman Livson as well as the concept of The American Dreams defined by James Truslow Adams and racism theory compiled by Les Back and John Solomos This research unveils how Jimi Hendrix could failed in America ]
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rushdie, Salman, 1947-
New York: Henry Holt, 1999
813.54 RUS g (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>