Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nathanael Matthew
Abstrak :
Smartphone telah dikembangkan sebagai alat deteksi pothole oleh berbagai penelitian karena potensinya dalam memberikan manfaat pengumpulan data secara crowdsourcing tanpa memerlukan suatu infrastruktur khusus dan mahal. Namun, metode deteksi pothole berbasis smartphone memiliki tantangan dalam menghadapi berbagai ketidakpastian intrinsik dalam mengukur sinyal yang dihasilkan oleh perangkat smartphone berbeda. Ketangguhan metode dalam menghadapi ketidakpastian intrinsik tersebut diperlukan agar potensi pengumpulan data secara crowdsourcing dapat tercapai. Meskipun telah banyak penelitian yang menghasilkan kinerja deteksi yang memuaskan, berbagai macam faktor ketidakpastian masih mencegah ketangguhan penuh dari metode deteksi pothole tersebut. Penelitian menanggapi faktor-faktor ketidakpastian potensial sebagai faktor prediktor dalam mengembangkan model deteksi berbasis algoritma Random Forest dengan memanfaatan sudut Euler untuk menyelaraskan percepatan akselerometer terhadap percepatan vektor gravitasi; menerapan profil matriks untuk mengurangi kesalahan pelabelan pothole dan memberikan apriori untuk klasifikasi secara efisien; dan diskritisasi temporal pada data sensor dengan penghalusan data tersegmentasi berdasarkan jarak roda platform deteksi (Zona Deteksi). Ketangguhan metode dibuktikan dengan eksperimen faktorial bertingkat dengan variasi spesifikasi perangkat sensor, variasi rute dan tingkatan pothole, serta variasi ketersediaan sensor. Eksperimen membuktikan bahwa faktor-faktor ketidakpastian memiliki efek signifikan secara statistik, namun tidak mempengaruhi kinerja model-model yang dihasilkan. Selain tangguh, kinerja model klasifikasi yang dihasilkan menunjukkan hasil serupa atau bahkan lebih baik dari metode lain yang ada saat ini. ......Smartphones have been developed as a pothole detection tool by various studies due to their potential in providing crowdsourced data collection without the need for special and expensive infrastructure. However, a reliable smartphone-based pothole detection method is challenging to develop due to various uncertainties in measuring the signal generated by different smartphone devices. A robust method is needed to deal with said uncertainties so crowdsourced data collection potential can be achieved. Although many studies have yielded satisfactory performance, various uncertainty factors still prevent the full robustness of the existing pothole detection methods. This study endeavors to address the potential uncertainty factors as predictors in developing a pothole detection model with Random Forest algorithm. This is done by incorporating Euler angles to align the relevant sensor data to gravitational vector acceleration; matrix profile to reduce pothole labeling errors and provide a priori for efficient classification; and temporal discretization of sensor data with data segment-smoothing based on detection platform wheelbase (Detection Zone). The robustness of the proposed method is proven using multilevel factorial experiment with variations of sensor device specifications, variations in routes and levels of potholes, and variations in sensor availability. The conducted experiment proves the statistical significance of the simulated uncertainty factors does not affect the performance of the resulting models. Besides showing robustness, the performance of the resulting classification models shows promising results that are comparable to or better than other currently available smartphone-based pothole methods.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Langner, Ralph
New York: Momentum press, 2012
005.8 LAN r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hovakimyan, Naira
Abstrak :
This book presents a comprehensive overview of the recently developed L1 adaptive control theory, including detailed proofs of the main results. The key feature of the L1 adaptive control theory is the decoupling of adaptation from robustness. The architectures of L1 adaptive control theory have guaranteed transient performance and robustness in the presence of fast adaptation, without enforcing persistent excitation, applying gain-scheduling, or resorting to high-gain feedback.
Philadelphia: Society for Industrial and Applied Mathematics, 2010
e20443393
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Wira Herucakra
Abstrak :
ABSTRAK
Produksi minyak dan gas di Indonesia telah dilakukan lebih dari tiga puluh tahun, lebih dari 70% anjungan lepas pantai di Indonesia telah malampaui umur desainnya dan akan terus meningkat jumlahnya seiring berjalannya waktu serta biaya dekomisionig dan membangun platform baru yang relatif mahal. Platform yang mengalami penuaan dan penurunan akibat korosi, kerusakan dan anomali lainnya akan memunculkan masalah terhadap integritas struktur kecuali dikelola dan dirawat dengan baik dengan program inspeksi, perawatan, perbaikan serta metode analisis struktural yang baik. Program inspeksi bawah air rutin telah diatur pemerintah dalam keputusan Ditjen Migas No. 21.K/38/DJM/1999, dan sejak tahun 2013 pemerintah telah mengeluarkan persetujuan penerapan rencana inspeksi bawah air berbasis risiko dalam surat edaran Ditjen Migas no 8433/18.01/DMT/2013 yang memberikan kesempatan kepada operator untuk mengoptimalkan sumber daya untuk program peningkatan integritas struktural. Salah satu faktor yang menentukan risiko suatu platform adalah kemungkinan kegagalan yang selama ini dinilai dengan pendekatan semikuantitatif. Tulisan ini akan membahas pendekatan kuantitatif terhadap penilaian kemungkinan kegagalan anjungan lepas pantai berdasarkan tingkat robustness melalui analisa kekuatan ultimit yang akan meningkatkan konfidensi dalam penilaian kemungkinan kegagalan sesuai dengan karakter struktur, metocean, serta anomali platform di wilayah perairan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode semikuantitatif yang selama ini diterapkan dalam perencanaan inspeksi berbasis risiko untuk menyusun kemungkinan kegagalan platform telah cukup mengidentifikasi sejumlah faktor yang berpotensi memperngaruhi kemunduran struktur, namun tidak cukup memberikan gambaran pengaruhnya terhadap tingkat kemunduran platform. Pendekatan kuantitaif dapat memberikan gambaran pengaruh anomali terhadap kemunduran platform yang lebih baik.
ABSTRACT
Production of oil and gas in Indonesia has been performed over thirty years, more than 70% of offshore platforms in Indonesia has exceed of design life and will continue increase in number over time since decommisioning cost and build a new platform is relatively expensive. Agein and deteriorated offshore platforms as a result of corrosion, damage and other anomalies would bring up the issue of the structural integrity unless managed by inspection, maintenance, repair program and good structural analysis methods. Routine underwater inspection program has been regulated by the government on Keputusan Ditjen Migas No. 21.K/3/DJM/1999, since 2013 the government has issued approval of the implementation risk-based underwater inspection planning on Surat Edaran Ditjen Migas No. 8433/18.01/DMT/2013, which provides the opportunity for the operator to optimize the resources to improve the structural integrity. One of the factor that determine the risk of an offshore platform is the Likelihood of Failure (LoF) that assessed by semiquantitative approach. This paper will discuss the quantitative approach as a tools to assess the Likelihood of Failure of offshore platforms based on the level of robustness through ultimate strength analysis that will increase confidence to assess the Likeihood of Failure in accordance with the character of the structure, metocean, as well as anomalies of offshore platforms in the territorial waters of Indonesia. Result shown that the recent semiquantitative approach to identifiy likelihood of failure is enough to capture some potential factor affecting platform deterioration, however can not present level of platform deterioration for each factor. Quantitative approach give better acknowledge about the effect of anomaly to platform deterioration.
2016
T46641
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Langner, Ralph
New York: Momentum Press, 2012
005.8 LAN r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Eartha Khairunnissa Ramadhanty
Abstrak :
Pada penelitian ini akan dilakukan analisis pada struktur baja dengan sistem concentric braced frameterhadap ketahanannya mengatasi progressive collapse saat terjadinya penghilangan kolom. Metode analisis yang akan digunakan adalah analisis statis linear dan nonlinear dengan maksud untuk mengetahui efektivitas dari kedua metode analisis. Variasi pada jumlah lantai dan lokasi penghilangan kolom dilakukan untuk mengetahui hubungannya dengan proses terjadinya progressive collapse. Model yang digunakan adalah model berdasarkan jurnal acuan dan model berdasarkan hasil desain sesuai dengan SNI 1726:2012. Penggunaan standar desain bangunan gempa dilakukan pada tahap desain untuk menentukan ketahanan struktur bangunan di Indonesia terhadap progressive collapse.  Nilai demand capacity ratio dan overload factorakan digunakan untuk mengetahui dampak terjadinya penghilangan kolom terhadap struktur terhadap kekokohan struktur. Didapatkan bahwa semakin banyak jumlah lantai, semakin kuat struktur terhadap progressive collapse. Struktur berdasarkan hasil desain SNI memberikan struktur yang lebih kuat terhadap progressive collapse.  ......In this study an analysis of steel structures with a concentric braced frame system will be carried out to analyze the resistance to progressive collapse during column removal. The analytical method that will be used is static linear and nonlinear analysis with a view to knowing the effectiveness of the two analysis methods. Variations on the number of floors and locations of column removal were carried out to determine the relationship with the progressive collapse process. The models used are based on reference journals and based on design results in accordance with SNI 1726: 2012. The use of earthquake building design standards was carried out at the design stage to determine the resistance of building structures in Indonesia to progressive collapse. The value of the demand capacity ratio and overload factor will be used to determine the impact of the removal of columns on the structure against the robustness of the structure. It was found that the higher the structure, the stronger the structure regarding progressive collapse. The structure based on SNI design result provides a structure that is resistance towards progressive collapse.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library