Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Raden Gana
Abstrak :

Kolaborasi disiplin ilmu manajemen risiko dan audit internal dipercaya dapat memperkuat praktik pengelolaan risiko dalam memenuhi harapan pemangku kepentingan. Penelitian ini akan menyelidiki seberapa baik keterlekatan manajemen risiko lintas unit bisnis di perusahaan minyak dan gas XYZ Ltd., dalam memastikan pembukuan cost recovery sudah sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku. Berawal dari temuan audit berulang periode 2014-2016 dengan subyek biaya remunerasi ekspatriat, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menekankan bahwa jika temuan tersebut terus berulang maka ada kemungkinan perusahaan terpapar risiko sanksi hukuman pidana. Kerangka COSO 2 akan menjadi kerangka pemikiran untuk menentukan risk treatment bersama dengan konsep pengaruh sense giving. Penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan vertical yaitu penjualan ide baru dilengkapi dengan instrumen manajemen risiko mampu menarik kesadaran HR agar koordinasi dalam mengelola temuan audit berada pada pemahaman yang sama. Pengaruh secara horizontal juga digunakan untuk mengelola informasi lintas unit dalam menciptakan panduan yang komprehensif atas pembukuan biaya remunerasi ekspatriat. Selain itu, dengan KRI dan Heat Map menjadi fitur tambahan yang meningkatkan kriteria dan kualitas informasi pada laporan audit kepada manajemen, maka pengambilan keputusan menjadi lebih efektif. Hasil penelitian ini berkontribusi terhadap pemahaman kita tentang bagaimana kombinasi konsep sense giving dan instrumen manajemen risiko membantu perusahaan dalam mengelola temuan audit berulang.


Collaboration on risk management and internal audit disciplines is believed to strengthen risk management practices in meeting stakeholder expectations. This study will investigate how well the risk management is embedded within cross-business units in XYZ Ltd. oil and gas company in ensuring the bookkeeping of cost recovery align with the government regulations. Starting from 2014-2016 repetitive audit findings on expatriate remuneration costs, the supreme auditor stressed that if these findings continue to recur, there is risk exposure of being criminalized. COSO 2 will be the framework for determining risk treatment along with the influence concept of sense giving. This study shows that vertical approach of selling new ideas equipped with risk management tools can attract HR awareness to enable coordination in managing audit findings at the same perception level. Horizontal influences are also used to manage information cross boundaries when creating a comprehensive bookkeeping guide of expatriate remuneration costs. With KRI and Heat Map being additional features that improve the criteria and quality of information on audit reports to management, decision making become more effective. The results contribute to our understanding of how the combination of sense giving concept and risk management tools assist company in mitigating repetitive audit findings.

2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lina Setiawati
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan menganalisis peran audit internal terhadap good corporate governance, pengendalian internal, dan manajemen risiko pada PT ABC. Penelitian ini menggunakan metode observasi dengan deskriptif kualitatif untuk menjelaskan peran audit internal terhadap good corporate governance, pengendalian internal, dan manajemen risiko berdasarkan the Institute of Internal Auditor (IIA) Standard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Satuan Pengawasan Internal (SPI) PT ABC sebagai auditor internal terhadap GCG, pengendalian internal, dan manajemen risiko secara umum telah sesuai dengan IIA Standard melalui aktivitas assurance dan konsultasinya. Namun demikian perlu adanya peningkatan peran SPI yang berkaitan dengantata kelolaorganisasi, operasi, dan sistem informasi mengenai keandalandan integritas informasikeuangan dan operasional,efektivitas dan efisiensi operasidan program, pengamanan aset, dan kepatuhan terhadap hukum, peraturan, kebijakan, prosedur, dan kontrak, terutama yang berkaitan dengan risikonya.
This study aims to analyze the role of internal audit to good corporate governance, internal control and risk management at PT ABC. This study uses the descriptive qualitative observations to elucidate the role of internal audit to good corporate governance, internal control and risk management is based on the Institute of Internal Auditors (IIA) Standard. The result of study indicates that the role of the Satuan Pengawasan Internal (SPI) PT ABC as internal auditors to corporate governance, internal control, and risk management in general has complywith IIA Standards through assurance and consulting activity. However there are need to improve the role of SPI related to organizational governance, operations, and information systems regarding the reliability and integrity of financial and operational information, effectiveness and efficiency of operations and programs, safeguarding assets, and compliance with laws, regulations, policies, procedures, and contracts, particularly with regard to risk.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rajagukguk, Rainy Lousiana
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen risiko dan peran internal audit dalam manajemen risiko pada Bank XYZ. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan mengumpulkan data dan fakta langsung pada Divisi Manajemen Risiko yang terdapat pada Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola Perusahaan DMST dan Departemen Audit Intern DAI pada Bank XYZ. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen risiko pada Divisi Manajemen Risiko belum efektif karena belum memiliki guidance dalam mengidentifikasi risiko. Fungsi Assurance dan Konsultasi Departemen Audit Intern DAI dalam manajemen risiko belum efektif.
This study aims to analyze the implementation of risk management and internal audit 39 s role in risk management at XYZ Bank. This study uses a descriptive analytical method to collect data and facts directly on the Risk Management Division contained in the Department of Strategic Management and Corporate Governance DMST and the Internal Audit Department DAI at XYZ Bank. The results of this study indicate that the application of risk management in the Risk Management Division has not been effective because it has no guidance in identifying risks. Function of Assurance and Consulting Internal Audit Department DAI to risk management has not been effective.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Rosyadi
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian proses perencanaan audit berbasis risiko di Inspektorat Jenderal Kementerian Agama dengan praktik profesional dan standar audit IIA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus eksplanatoris explaining case study. Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses perencanaan audit berbasis risiko di Inspektorat Jenderal Kementerian Agama masih belum optimal dan belum sepenuhnya sesuai dengan standar audit IIA. Kekurangan mendasar bahwa Kementerian Agama belum melakukan manajemen risiko, penilaian risiko dilakukan oleh Inspektorat Jenderal tanpa adanya keterlibatan dari satuan kerja sebagai pihak manajemen. Tidak ada komunikasi dan persetujuan dari Menteri Agama terhadap perencanaan yang dibuat.
This research aims to determine the suitability process of risk based internal audit planning in General Inspectorate Ministry of Religion with professional practices and IIA auditing standards. This research uses a qualitative method with explaining case study design. The result of this research concludes that the process of risk based internal audit planning in General Inspectorate is not working optimally and not fully in accordance with IIA auditing standards. The fundamental shortcomings of Ministry of Religion are there are no risk management and the risk assessment is carried out by the General Inspectorate itself without the involvement of the working unit as a management. And also, there is no communication and approval of the Minister of Religion on the plans.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fernandes Ignatius
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan RBIA dalam menilai risiko pada lini bisnis Asuransi Kredit, menganalisis penilaian RBIA dan rekomendasi penerapan RBIA dalam mendukung pencapaian rencana strategis perusahaan. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan case study method. Hasil penelitian ini antara lain risk register dan top-ten risk dapat dipertimbangkan sebagai salah satu indikator pemilihan faktor risiko guna penyusunan Program Kerja Pengawasan Tahunan PKPT, SPI memfasilitasi pengidentifikasian risiko-risiko dalam proses RBIA, dan rekomendasi berupa pengendalian tambahan telah mendukung rencana strategis yang tertuang dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan RJPP.
The purpose of this research is to analyze the Risk Based Internal Audit RBIA implementation to assessing risk in the Credit Insurance rsquo s business line, analyze RBIA assessment and recommendations of RBIA implementation in supporting the achievement of the Corporate Strategic Plan. The method in this research is qualitative with the case study method. The results of this research are the risk register and top ten risks can be consider as one of indicators of the risk factor to preparing audit schedule, SPI facilitates the identification of risks in the RBIA process, and recommendation as additional controls has supported the Corporate Strategic Plan.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haura Nabila
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan audit internal dalam Enterprise-Risk-Management ldquo;ERM rdquo; dan kekuatan relasi komite audit-audit internal, serta interaksi keduanya terhadap kesediaan pelaporan kegagalan dalam prosedur manajemen risiko. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat persepsi peran dan tanggung jawab ideal auditor internal dalam ERM. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain 2 x 2 between subject melalui kuesioner. Analisis data menggunakan two-way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keterlibatan auditor internal dalam ERM tidak mempengaruhi kesediaan melaporkan kegagalan prosedur manajemen risiko kepada komite audit. Namun, relasi yang kuat dengan komite audit terbukti mempengaruhi kesediaan auditor internal melakukan pelaporan kegagalan prosedur manajemen risiko. ......This study aims to examine the impact of internal auditors involvement in ERM on and strength of audit committee internal auditor relationship on willingness to report breakdown in risk procedure. This study also aims to examine the perceived ideal roles and responsibilities of internal auditors in ERM. The study uses a quasi experimental with 2x2 factorial design, using manipulation scenarios in questionnaire. Two way ANOVA univariate were used to analyze data. The study indicates that there's an impact of strong relationship with the audit committee on internal auditors'perceived willingness to report a breakdown in risk procedures to the audit committee. However, high involvement in ERM doesn't affect their willingness to report.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aninditra Nuraufi Sardjono
Abstrak :
Laporan magang ini membahas Compliance Risk Assessment Review(CARA) yang diterapkan Bank CBB Indonesia pada bagian Kartu Kredit dalam periode tahun 2017. CARAmerupakan tahapan prosedural internal audit yang diterapkan oleh Bank CBB untuk mengecek kesesuaian prosedural kebijakan internal perusahaan dengan kebijakan terkait yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Dari hasil pemeriksaan CARAtersebut, dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan prosedur yang dilaksanakan oleh Bank CBB Indonesia telah mematuhi peraturan terkait yang berlaku, baik yang dikeluarkan oleh BI ataupun OJK. Terdapat penemuan bahwa beberapa prosedur masih harus disempurnakan kembali.
This report is aimed to explain about Compliance Risk Assessment Review (CARA) implementation in Credit Card Products Bank CBB Indonesia for period 2017. CARA is an internal audit stage undertaken by Bank CBB to check the conformity of the company's internal policy procedures related to Bank Indonesiaand Otoritas Jasa Keuangan rules. From the results, it can be concluded the procedures that have been implemented by Bank CBB Indonesia has complied with the regulations, either issued by BI or OJK. Despite all, there are some procedures that still have to be refined.
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ilham Ananda Putra
Abstrak :
Laporan magang ini membahas masalah yang biasanya muncul pada Perusahaan Jasa Konstruksi, yaitu bagaimana dan kapan mengakui pendapatan yang diperoleh dari kontrak konstruksi yang berjangka waktu melebihi satu periode akuntansi. Selain itu, laporan magang ini juga membahas prosedur audit yang dilakukan atas pengakuan pendapatan dari kontrak tersebut, apakah sudah sesuai dengan Standar Audit SA dan standar akuntansi yang berlaku, yaitu PSAK 34 revisi 2017 . Untuk memudahkan pembaca laporan magang ini, penulis juga akan membahas tahap-tahap yang dilakukan oleh Perusahaan Jasa Konstruksi dalam mendapatkan kontrak konstruksi sampai menyelesaikan kontrak tersebut. Hasil analisis penulis menunjukkan bahwa pendapatan diakui dengan menggunakan metode persentase penyelesaian dengan survei pekerjaan sebagai metode untuk menilai progress penyelesaian pekerjaannya. Lalu dari hasil audit, menunjukkan adanya selisih atas pendapatan proyek yang diakui pada akhir periode, yang dikarenakan masalah pembulatan. Secara keseluruhan, pengakuan pendapatan pada PT IAP dinyatakan telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material dan sesuai dengan PSAK 34 revisi 2017.
This report examines the problems that typically arise in Construction Services Company, which are how and when to recognize revenue derived from construction contracts that over one accounting period. In addition, this report also discusses the audit procedures performed on the revenue recognition from the contract, whether they comply with the "Standar Audit (SA)" and related accounting standard, which is PSAK 34 (revised 2017). To facilitate the reader, author also discusses the stages undertaken by the Construction Services Company in obtaining the construction contract until completing the contract. The results of the author's analysis show that the revenue is recognized by using the percentage of completion method with the job survey as a method to assess the progress of work completion. Then from the audit result, shows that there is difference on the recognized project revenues at the end of the period, which is due to rounding issues. In conclusion, the recognition of revenues in PT IAP is fairly presented in all material respects and in accordance with PSAK 34 (revised 2017).
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Luh Suri Laksmi Krisna P
Abstrak :
Secara garis besar, Laporan Magang ini membahas tentang bagaimana kredit macet di Bank XYZ, penyebab dari kredit macet, pencadangan provisi atas kredit macet, dan manajemen risiko atas kredit macet di Bank XYZ. Data yang Penulis gunakan untuk analisis berasal dari dokumen yang digunakan saat melakukan prosedur audit. Hasil temuan menyatakan bahwa kenaikan rasio Non-Performing Loan dapat disebabkan karena faktor eksternal seperti risiko sistemik, dan faktor internal termasuk salah satunya implementasi manajemen risiko yang lemah. Jika manajemen risiko tidak diimplementasikan secara benar, maka bank akan dihadapi dengan ancaman dari segi likuiditas dan profitabilitas.
In general, this report discusses about the nature of non-performing loan in XYZ Bank, factors that affect non-performing loan, loan impairment and credit risk management in XYZ Bank. The data is gathered from document used for executing audit procedure. Findings indicated that the increase of non-performing loan are caused by external factor such as systemic risk, and internal factor such as the weak implementation of risk management. If risk management is not well-implemented, it will be a great threat to bank, from the higher liquidity risk to higher profitability risk.
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Citra Kristina T.M.
Abstrak :
ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk membahas peran audit internal terhadap penerapan manajemen risiko pada perusahaan reasuransi, prosedur dan pelaksanaan evaluasi atas penerapan manajemen risiko, pemberian rekomendasi dan pelaksanaan tindak lanjut atas hasil evaluasi penerapan manajemen risiko, dan efektivitas penerapan manajemen risiko pada perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa peran audit internal terhadap penerapan manajemen risiko dan proses manajemen risiko perusahaan yang belum efektif.
ABSTRACT
The focus on this research is the role of internal audit in Enterprise Risk Management process implemented in a reinsurance company, the procedures, which internal auditors used in evaluating the companys Enterprise Risk Management process, and the effectiveness of the companys implementation of Enterprise Risk Management. The method used in this research was qualitative with descriptive design. The results showed that internal audit did not exercise all of its roles and the companys Enterprise Risk Management process was not implemented effectively.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library