Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
S. S. Benyamin
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang pemenuhan hak identitas anak melalui pelibatan masyarakat untuk mengembangkan model perlindungan anak berbasis komunitas. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan penelitian aksi sebagai strategi penelitiannya. Hasil penelitian menunjukan adanya kesenjangan antara kebijakan pemerintah dengan realitas di masyarakat dalam pemenuhan hak identitas anak. Peran pekerja masyarakat diperlukan untuk memberdayakan masyarakat khususnya orang tua agar mampu melakukan perannya. Pemerintah, pekerja masyarakat dan tokoh masyarakat perlu bersinergi membuat strategi agar partisipasi masyarakat berjalan secara efektif dalam mengembangkan model perlindungan anak berbasis komunitas. ......This research is about fulfillment of the child’s rights identity through community involvement to develop a child protection model with community-based approach. This research used a qualitative approach with descriptive type and action research as the strategy. The result shows the gap between government policy and the reality in community in fulfilling the child's rights of identity. The community workers is needed to empower people, especially the parents to be able to perform their roles. Goverment, community workers and community leader have to work together in making a strategy so the community have a child protection model with community-based approach.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Joni
Jakarta : Peran Indonesia, 2012
323.352 MUH p (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
West Lafayette, Indiana: Purdue University Press, 2012
342.087 72 CHI
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Imelda Meinar Sari
Abstrak :
ABSTRAK
Anak sebagai penerus bangsa hingga saat ini masih berada pada kondisi memprihatinkan. Anak perlu disosialisasikan haknya agar mampu menyuarakan aspirasi berkaitan dengan kepentingan dan kebutuhan mereka. World Vision Indonesia (WVI) sebagai NGO yang fokus pada anak telah melakukan sosialisasi hak anak melalui program anak sebagai wadah transfer nilai hak partisipasi. Program yang dilakukan adalah kegiatan kelompok minat dan bakat (tari, futsal, musik), pertemuan rutin Forum Anak, penyuluhan dan perayaan. Penelitian kuantitatif ini dilakukan terhadap 94 anak dampingan WVI ADP Kebon Pala, Jakarta Timur. Terdiri atas 50 anak yang mengikuti program WVI dan 44 anak yang tidak mengikutinya dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Tujuannya untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengetahuan hak partisipasi dan partisipasi dalam keluarga terhadap kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan hak partisipasi berbeda signifikan secara statistik pada α=0.05 (pvalue= 0.005) antara mengikuti program WVI dengan yang tidak mengikutinya. Tingkat pengetahuan hak partisipasi yang mengikuti program WVI lebih tinggi (76%) daripada yang tidak mengikutinya (48%). Partisipasi dalam keluarga terdapat perbedaan signifikan secara statistik pada α=0.05 (p-value=0.025) dimana partisipasi dalam keluarga yang mengikuti program WVI lebih tinggi (64%) daripada yang tidak mengikutinya (41%). Hal ini menunjukkan perlunya untuk menfasilitasi forum anak menjadi wadah sosialisasi hak anak termasuk hak partisipasi.
ABSTRACT
As the next generation, children until now are still in poor condition. Children need to be socialized to be able to express the aspirations of their rights related to their interests and needs. World Vision Indonesia (WVI) as an NGO that focuses on children had socialized child rights through program which transfer participation rights values. The program is a interests and talent group (such as dance, indoor soccer, music), Children's Forum regular meetings, education and celebration. Quantitative research was conducted on 94 children assisted WVI ADP Kebon Pala, East Jakarta. It consists of 50 children who attend the program WVI and 44 children who did not follow within the past year. The goal is to determine whether there are differences in knowledge and participation rights of participation in the family of the two groups. The results showed different levels of knowledge of the rights of participation are statistically significant at α = 0.05 level (p-value = 0.005) between children who attend the WVI program and children that does not follow. The level of knowledge of rights WVI program participation is higher (76%) than those not followed (48%). Participation in the family show that there is a statistically significant difference at α = 0.05 level (pvalue = 0.025) where participation in the family who attend the program WVI higher (64%) than those not followed (41%). This suggests the need for a forum to facilitate the child into socialization container children's rights including the right of participation
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42318
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
London: Martinus Nijhoff, 1996
346.013 MON (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: UNICEF, 2003
346.013 PEN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library