Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mochammad Taufik Pradito
"Iklan adalah suatu bentuk informasi yang isinya berupa pesan tentang sebuah produk atau jasa untuk mendorong masyarakat sehingga menjadi tertarik menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Salah satu cara agar iklan tersebut menjadi efektif adalah menggunakan gaya bahasa yang tepat dan tokoh masyarakat seperti atlit olahraga nasional yang dilakukan oleh Nutella dalam iklan kampanye yang bertajuk Hast dus drauf?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa, jenis kalimat, dan bentuk kalimat yang digunakan pada iklan televisi Nutella di Jerman pada tahun 2008 hingga 2011.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kalimat yang sering muncul adalah kalimat pernyataan dan bentuk kalimat yang sering muncul adalah kalimat sederhana. Gaya bahasa yang paling sering digunakan adalah gaya bahasa ellipsis yang digunakan sebanyak enam kali. Penggunaan gaya Bahasa ellipsis dalam iklan ini memiliki tujuan keekonomisan bahasa, namun dapat pesan yang terkandung di dalam iklan tetap dapat tersampaikan. Gaya bahasa lain yang muncul adalah gaya bahasa metafora, hiperbola, geminasi, dan metonimia.

Advertising is a form of information whose content is a message about a product or service to encourage the community to become interested in using the product or service offered. One way to make these ads effective is to use appropriate language styles and community leaders such as national sports athletes conducted by Nutella in campaign advertisements titled Hast dus drauf?. This study aims to describe the language style, type of sentence, and sentence form used in Nutella television advertisements in Germany from 2008 to 2011.
The results of this study indicate that the types of sentences that often appear are statement sentences and sentence forms that often appear are sentences simple. The most frequently used language style is the ellipsis language style used six times. The use of the ellipsis Language style in this advertisement has the language economic goals, but can the message contained in the advertisement still be conveyed. Other language styles that emerge are the styles of metaphor, hyperbole, resonance, and metonymy.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Astria Zahra Nabila
"Pada era modern, kemampuan persuasif menjadi salah satu senjata politik yang paling efektif dalam mendapatkan kepercayaan masyarakat. Artikel ini menganalisis teknik-teknik retorika yang digunakan Barack Obama dalam menyampaikan pidatonya dan bagaimana teknik-teknik tersebut memberikan impresi tertentu pada peserta Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 2015. Dengan menggunakan kerangka teori retorika, artikel ini menelaah bagaimana fitur-fitur linguistik berhubungan dengan konteks politik hingga memberikan efek persuasif. Artikel ini berkesimpulan bahwa dalam menjalankan politik agendanya, Barack Obama menggunakan strategi-strategi sistematik dalam merancang struktur pidato, menyeleksi diksi dan ungkapan deiksis, serta memilih referensi.
In these modern days, soft power becomes one of the most effective political weapons for winning people?s trust and confidence. This article analyses how Barack Obama adopts certain rhetorical skills in delivering his speech to the United Nations General Assembly in 2015 and the impression that they make on the audience. Using the rhetorical framework, this article examines how several linguistic features are intertwined with the political context until they leave persuasive effects. This article concludes that in establishing his political agendas, Barack Obama employs systematic strategies in devising the structure of the speech, choosing the proper dictions and deictic expressions, and making a reference."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library