Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 26 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Boston: Kluwer, 1991
004.33 FOU
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rajkumar, Ragunathan
Boston: Kluwer, 1991
004.33 RAJ s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Boston: Kluwer, 1991
004.33 FOU
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Romi Darmawan
"Aplikasi berbasis jaringan internernet real-time seperti VoIP dan Video Conferencing sangat sensitif terhadap gangguan berupa ketersediaan bandwidth, terjadinya delay, packet loss, dan jitter. Untuk jaringan data dengan trafik bervariasi (seperti voice, video, data), dibutuhkan perlakuan khusus terhadap trafik data tertentu. Implementasi teknologi Quality of Service u n t u k menguji kinerja umum dilakukan dan teknik yang paling populer adalah Differentiated of Service (DiffServ). Namun dengan meningkatnya penetrasi trafik data pada jaringan komunikasi, masalah skalabilitas dan efisiensi menjadi penting. Multi- Protocol Label Switching (MPLS) memberikan kecepatan, skalabilitas serta efisiensi terhadap unjuk kerja jaringan. Dengan mengintegrasikan kedua teknologi tersebut, diharapkan unjuk kerja jaringan semakin baik bagi aplikasi atau layanan yang memerlukan garansi Quality of Service (QoS). Dalam penelitian ini implementasi teknologi MPLS DiffServ-Aware tidak hanya dilakukan pada jaringan IPv4 namun juga pada jaringan IPv6.
Simulasi menunjukkan aplikasi yang sensitif terhadap QoS seperti VoIP, implementasi MPLS/DiffServ mampu memberikan garansi QoS dengan delay mencapai 87 ms, packet loss sebesar 0% dan jitter yang sangat kecil. Untuk aplikasi video conferencing, unjuk kerja juga lebih baik jika dibandingkan dengan hanya menggunakan teknologi IP Best- Effort, DiffServ, maupun MPLS secara independen. Untuk jaringan IPv6, unjuk kerja throughput lebih baik dari IPv4, namun secara keseluruhan unjuk kerja jaringan IPv4 masih lebih baik dibandingkan jaringan IPv6.

Real-time network based applications such as VoIP and Video Conferencing are critical when it deals with bandwidth, delay, packet loss, and jitter. In a service integrated network (such as voice,video, and data services), it is needed to treat a service accordingly. The implementation of Quality of Service are common in today's networks : one of those technologies is Differentiated of Service (DiffServ). Nevertheless, with higher penetration of data traffics from time to time, the issues of scalability and eficiency appear significantly. Multi-Protocol Label Switching (MPLS) offers a good solution for improving the network performance. By integrating those two technologies, it is expected to improve the overall network performance, especially for service or application that needs QoS-guaranteed. This research not only focus on the implementation of MPLS DiffServ- Aware in IPv4 networks environment but also in IPv6 as well.
Simulation results, showed that MPLS/DiffServ technology provides best performance for real-time or QoS-sensitive applications. For VoIP application, the delay is recorded as 87 ms, packet loss 0% and a very low jitter. For video conferencing service, those QoS parameters are also better if compared to those technologies if are implemented separately. Althought IPv6 showed a higher throughput performance, still IPv4 showed a better performance generally."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S58309
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Alif Saddid
"Aplikasi kolaboratif berbasis real-time menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia, terutama di masa pandemi ketika setiap orang sulit untuk bertemu secara langsung. Salah satu aplikasi tersebut adalah aplikasi collaborative whiteboard, yang bisa digunakan untuk menggambar secara bebas. Salah satu implementasi dari sistem collaborative whiteboard adalah Tldraw. Tldraw yang semula dikembangkan menggunakan arsitektur client-server kemudian diimprovisasi menggunakan arsitektur peer-to-peer yang memanfaatkan teknologi WebRTC, menghasilkan aplikasi Tldraw yang rendah latensi. Namun, aplikasi Tldraw tersebut dinilai tidak bersifat scalable, karena arsitektur peer-to-peer tersebut menggunakan topologi full-mesh. Dilatarbelakangi oleh hal tersebut, penelitian ini mengusulkan optimasi aplikasi Tldraw menggunakan topologi random peer sampling. Usulan optimasi tersebut dinilai memiliki pertumbuhan penggunaan sumber daya yang lebih landai apabila dibandingkan dengan Tldraw P2p, meskipun memiliki sedikit overhead.

A real-time based collaborative applications are taking part in human daily life, especially in the pandemic era when it is prohibited to directly meet other people. One example of those kind of application is collaborative whiteboard application, which can be use to draw things freely. Tldraw previously developed using client-server architecture, which later improved using peer-to-peer architecture using WebRTC technology, resulting a low-latency Tldraw application. Nevertheless, those improvisations seem to be not scalable, since the peer-to-peer architecture use full-mesh network topology. Motivated by that, this research propose optimization for Tldraw application using random peer sampling topology. Those optimizations resulting in lower growth of cpu, memory, and bandwidth usage with little overhead.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cheng, Albert M.K.
Hoboken: Wiley-Interscience, 2002
658.403 8 CHE r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rothstein, Michael F.
New York : Wiley-Interscience, 1970
651.8 ROT g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Renaldio Pradipta Puspito
"Downtime kapal akibat proses docking rutin merupakan salah satu tantangan utama dalam industri maritim, terutama terkait efisiensi biaya dan operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi digital berbasis data yang mampu memprediksi keterlambatan, estimasi durasi perbaikan, dan total biaya perbaikan kapal di galangan. Data diperoleh dari laporan docking kapal di PT. Galangan Jakarta 1 periode 2020–2024, meliputi spesifikasi teknis kapal, jumlah replating, repair list, dan data operasional lainnya. Dua metode utama yang digunakan dalam pemodelan prediktif adalah Decision Tree Regression dan Least Square Regression, dengan evaluasi performa menggunakan MAE dan R² pada data uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Decision Tree lebih unggul dibanding Least Square dalam memetakan pola keterlambatan dan biaya perbaikan pada dataset terbatas, meskipun akurasi masih dipengaruhi oleh jumlah dan kualitas data latih. Aplikasi prediksi ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Python dan framework Streamlit, sehingga memungkinkan pengguna untuk memasukkan data kapal baru, melakukan prediksi secara real-time, serta memperoleh visualisasi hasil berupa grafik dan perbandingan data aktual. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat bantu pengambilan keputusan bagi galangan maupun operator kapal dalam mengantisipasi biaya downtime, mengoptimalkan jadwal perbaikan, dan meningkatkan efisiensi manajemen perawatan kapal. Pengembangan lebih lanjut disarankan untuk memperluas basis data, memperbaiki fitur input, serta mengadopsi variabel eksternal seperti kondisi cuaca dan musim perbaikan guna meningkatkan akurasi prediksi.

Ship downtime due to routine docking is a major challenge in the maritime industry, particularly regarding cost efficiency and operational management. This study aims to develop a data-driven digital Application capable of predicting repair delays, estimated repair duration, and total repair costs for ships in shipyards. Data were collected from docking reports at PT. Galangan 1 for the period 2020–2024, including technical specifications, the amount of replating, repair lists, and other operational variables. Two primary predictive modeling methods were used: Decision Tree Regression and Least Square Regression, with model performance evaluated using MAE and R² on test data. The results indicate that the Decision Tree model outperforms the Least Square model in mapping patterns of delays and repair costs within the limited dataset, although accuracy is still influenced by the quantity and quality of training data. The prediction Application was developed using the Python programming language and the Streamlit framework, enabling users to input new ship data, perform real-time predictions, and obtain graphical visualizations comparing predicted and actual data. This Application is expected to serve as a decision support tool for both shipyards and ship operators to anticipate downtime costs, optimize repair scheduling, and improve ship maintenance management efficiency. Further development is recommended to expand the database, enhance input features, and incorporate external variables such as weather conditions and repair seasonality to improve prediction accuracy."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Doan Andreas Nathanael
"Aplikasi real-time collaborative editor mengizinkan beberapa pengguna bekerja pada suatu dokumen dalam waktu yang sama meski dalam lokasi yang berjauhan. Real-time collaborative editor yang populer seperti Google Docs dan Figma memanfaatkan arsitektur client-server dalam mengimplementasikan fitur tersebut. Arsitektur client-server dalam membuat real-time collaborative editor memiliki beberapa kelemahan, diantaranya hilangnya kepemilikan data pengguna serta latensi sinkronisasi perubahan yang lebih tinggi daripada seharusnya. Tldraw adalah aplikasi real-time collaborative editor berupa whiteboard bersifat open-source. Tldraw masih memanfaatkan arsitektur client-server dalam implementasi real-time collaboration. Local-first software adalah proposal jenis aplikasi yang menyelesaikan kelemahan-kelemahan tersebut. Berdasarkan proposal tersebut, diusulkan implementasi Tldraw P2P yang merupakan pengembangan dari aplikasi Tldraw yang memenuhi aspek Local-first software. Tldraw P2P memanfaatkan teknologi peer-to-peer networkingWebRTC dan implementasi CRDT Yjs untuk memenuhi aspek local-first software. Dalam penelitian ini, Tldraw P2P diuji dalam aspek local-first software serta latensi sinkronisasi. Dari hasil pengujian, berhasil ditunjukkan bahwa Tldraw P2P berhasil memenuhi aspek local-first software yang tidak dipenuhi Tldraw, serta memiliki latensi sinkronisasi yang lebih rendah dibandingkan Tldraw.

A real-time collaborative editor allows multiple users to work on the same document simultaneously, even from distant geographic locations. Popular real-time collaborative editors such as Google Docs and Figma use client-server architecture in implementing these features. However, client-server architecture has a few weaknesses, such as lost user data ownership and unnecessarily higher update synchronization latency. Tldraw is an open-source real-time collaborative editor in the form of a whiteboard. Tldraw is still using a client-server architecture in its implementation. Local-first software is a proposal for a type of application that aims to solve these weaknesses. Based on the Local-first software proposal, Tldraw P2P is proposed as an implementation of Tldraw which fulfills local-first software aspects. Tldraw P2P utilizes WebRTC, a peer-to-peer networking technology, and Yjs, a CRDT implementation, to fulfill local-first software aspects. In this research, Tldraw P2P is evaluated on local-first software aspects and sync latency. The evaluation results demonstrated that Tldraw P2P had fulfilled local-first software aspects that Tldraw does not while also having lower sync latency than Tldraw"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chichester: John Wiley & Sons, 1993
004.33 REA
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>