Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fajar Adibuana Permana
"Kereta api di Indonesia telah dimonopoli oleh perusahaan milik negara sejak awal. UU No. 23 Tahun 2007 diperkenalkan untuk memberikan sektor swasta suatu kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengoperasian kereta api. Namun, kereta api adalah dianggap sebagai barang publik oleh karena itu distribusinya tidak dapat sepenuhnya dipindahkan ke sektor swasta. Karena itu, setiap sektor swasta harus berkomitmen a kemitraan dengan pemerintah melalui Kemitraan Pemerintah-Swasta untuk berpartisipasi di sektor kereta api. Penelitian ini membahas tentang bentuk-bentuk publik-swasta kemitraan di sektor perkeretaapian, penerapan kemitraan publik swasta di Indonesia Filipina dan Inggris, dan penerapan kemitraan publik-swasta dalam pengoperasian operator kereta api swasta. Metodologi penelitian yang diterapkan di PT Penelitian ini adalah metode yuridis normatif dengan sumber sekunder sebagai rujukan. Studi literatur digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data. Menurut hukum, bentuk Kemitraan publik-swasta yang dapat diterapkan pada sektor kereta api adalah konsesi, kerja sama pemanfaatan, build-operasikan-transfer dan bangun-transfer-operasikan, dan penyediaan infrastruktur, dengan konsesi pada penggunaan infrastruktur kereta api sebagai bentuk kemitraan yang mampu memfasilitasi operator kereta api swasta. Kereta api di Filipina dan Inggris telah menggunakan transfer sewa-bangunan dan waralaba untuk mengembangkan kereta api mereka. Pada akhirnya, pengoperasian kereta api swasta operator dianggap sebagai kemitraan publik-swasta jika operator swasta menggunakan
infrastruktur milik publik.

Railroads in Indonesia have been monopolized by state-owned companies from the start. UU no. 23 of 2007 was introduced to give the private sector an opportunity to participate in railroad operations. However, the train is
considered to be public goods therefore their distribution cannot be fully transferred to the private sector. Therefore, each private sector must commit to a partnership with the government through the Public-Private Partnership to participate in the railroad sector. This study discusses forms of public-private partnership in the railroad sector, the application of private public partnerships in Indonesia, the Philippines and the United Kingdom, and the application of public-private partnerships in the operation of private train operators. The research methodology applied at PT. This research is a normative juridical method with secondary sources as a reference. Literature studies are used as a tool to collect data. According to the law, the forms of public-private partnership that can be applied to the railroad sector are concessions, cooperative use, build-operate-transfer and build-transfer-operate, and infrastructure provision, with concessions on the use of railroad infrastructure as a form of capable partnership facilitate private train operators. Train in the Philippines and the United Kingdom have used rental-building and franchise transfers to develop their trains. Ultimately, the operation of a private railroad operator is considered a public-private partnership if the private operator uses publicly owned infrastructure."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Argyanti Rahayu
"Persaingan global dalam perekrutan tenaga kerja menuntut perusahaan untuk memiliki strategi efektif dalam menarik kandidat berkualitas, terutama dari generasi muda seperti mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduate. Employer branding muncul sebagai strategi kunci dalam membangun citra positif perusahaan di mata calon pelamar. Selain itu, implementasi corporate social responsibility (CSR) juga diyakini dapat memperkuat persepsi positif terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh employer branding PT Kereta Api Indonesia (Persero) terhadap intention to apply mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduate Universitas Indonesia, serta menelusuri peran CSR sebagai variabel moderasi dalam hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling terhadap 223 responden. Analisis data dilakukan melalui metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa employer branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to apply. Namun, CSR tidak memoderasi secara signifikan hubungan antara employer branding dan intention to apply. Hasil ini menunjukkan bahwa meskipun PT KAI telah melaksanakan CSR secara aktif, persepsi CSR di mata responden belum cukup kuat untuk memengaruhi niat melamar berdasarkan employer branding yang mereka terima. Temuan ini memberikan kontribusi teoretis bagi pengembangan kajian employer branding dan CSR dalam konteks rekrutmen generasi muda, serta implikasi praktis bagi PT KAI untuk meningkatkan komunikasi dan integrasi CSR dalam strategi employer branding-nya.

Global competition in talent acquisition requires companies to implement effective strategies to attract qualified candidates, especially among younger generations such as final-year students and fresh graduates. Employer branding has emerged as a key strategy in building a positive corporate image in the eyes of potential applicants. In addition, the implementation of corporate social responsibility (CSR) is also believed to strengthen positive perceptions of the company. This study aims to analyze the effect of PT Kereta Api Indonesia (Persero)’s employer branding on the intention to apply among final-year students and fresh graduates from Universitas Indonesia, and to examine the moderating role of CSR in that relationship. This research adopts a quantitative approach with purposive sampling of 223 respondents. Data analysis was conducted using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) through SmartPLS 4. The results indicate that employer branding has a positive and significant influence on intention to apply. However, CSR does not significantly moderate the relationship between employer branding and intention to apply. These findings suggest that although PT KAI has actively implemented CSR initiatives, respondents’ perceptions of CSR are not yet strong enough to affect their job application intention based on the employer branding they perceive. This study contributes theoretically to the development of employer branding and CSR research in the context of youth recruitment and offers practical implications for PT KAI to enhance CSR communication and integration in its employer branding strategy."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library