Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
Hay, William W.
New York: John Wiley & Sons, 1982
625.1 HAY r
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Bandung: Idea Dharma, 1981
625.1 IMA j
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Deni Moh. Armand R.
Abstrak :
Kereta api merupakan salah satu bagian dari infrastruktur di Indonesia dan merupakan sistem transportasi yang sudah mengakar sejak lama. Keberadaan jaringan infrastruktur transportasi dalam hal ini kereta api dipandang sebagai pemicu/penggerak perkembangan ekonomi di daerah tersebut. Sebagai alat transportasi kereta api telah banyak membantu kegiatan ekonomi masyarakat yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan dan pembangunan (Infrastructure driven economic growth). Di sisi lain pengelolaan dan pengembangan jaringan kereta api memerlukan biaya yang sangat besar sedangkan dana yang tersedia dari pemerintah terbatas dan penyelenggaraan kereta api cenderung dimonopoli sehingga terjadi penurunan aset dan pelayanan. Oleh karena itulah untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja perekeretaapian serta memacu pertumbuhan ekonomi (PAD dan APBD) dalam konteks otonomi daerah perlu dilakukan suatu terobosan dengan mengelola kereta api secara terbuka baik dari sistem pengelolaan termasuk kelembagaan maupun sumber pendanannya.
Dalam rangka memacu perkembangan perkeretaapian dan pertumbuhan ekonomi daerah, peningkatan profit merupakan bagian dari kinerja dan hasil akhir yang ingin dicapai dari pengelolaan kereta api secara keseluruhan. Untuk mencapai peningkatan tersebut diperlukan pola pendanaan yang diperkuat dengan bentuk kelembagaan yang optimal dimana di dalam pola kelembagaan ini akan dilakukan kerjasama antara pihak-pihak yang terlibat dalam pengelolaan kereta api. Untuk itu maka dilakukanlah penelitian ini dengan tujuan mengidentifikasi pola kelembagaan dan pendanaan yang mampu meningkatkan profit perusahaan pengelola kereta api.
Dalam penelitian ini, untuk mendapatkan bentuk pola kelembagaan yang optimal maka digunakan 3 (tiga) macam metode analisis yaitu analisis AHP (untuk melihat peringkat faktor yang berpengaruh pada pola kelembagaan dan pendanaan), analisis deskriptif (untuk mencari tingkat pengaruh variabel penelitian terhadap profit), dan yang terakhir adalah analisis sensitivitas (mensimulasi Net Present Value/NPV dengan simulasi Monte Carlo yang bertujuan mencari NPV yang paling tinggi).
Setelah ketiga metode tersebut dilaksanakan, maka diperoleh hasil penelitian bahwa bentuk pola kelembagaan yang paling optimum adalah Joint Venture dengan masa konsesi 54 tahun (dilihat dari NPV dan profit yang paling tinggi) serta pihak yang terlibat adalah Pemerintah Pusat dan Daerah, PT. KA, Developer dan Kalangan Industri.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
T14809
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Bonnett, Clifford F.
London: Imperial College Press, 1996
625.1 BON p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Pearson, H. M.
London: Odham Press, 1960
627.17 Pea r
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Keng-Weng Lao
Abstrak :
This book offers a brief review of and investigations into the power quality problem in the new technology of co-phase high-speed traction power supplies, which benefits for higher locomotive speed. In addition, it presents detailed design procedures and discusses the chief concerns in connection with a newly proposed solution: compensation in co-phase traction power using a co-phase railway hybrid power quality conditioner (Railway HPQC). Further, it provides essential information on the modeling of power quality in co-phase, high-speed traction power supplies, and on power quality compensation algorithm derivations. Lastly, it delineates the design of railway HPQC and analyzes the effect of different parameters on its performance to accommodate different priorities. All design is supported by simulations and the results of experimental verification.
Singapore: Springer Singapore, 2019
e20501250
eBooks Universitas Indonesia Library
Searles, William H.
New York: John Wiley & Sons, 1949
R 625.1 I SEA f
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Abstrak :
These conference proceedings include a collection of articles presented at the RailExchange conference in October 2017 at Newcastle University, UK. They will be useful for researchers in developing countries looking for opportunities of knowledge exchange. The RailExchange project aimed to develop sustainable railway education in Thailand, via international partnerships and industry collaborations based around stakeholders' expertise and experiences. It involved staff exchange (academics and researchers) between Mahidol and Newcastle University for joint research and curriculum development and also organizing railway conferences and workshops in both Thailand and the UK.
The papers published here focus on rail-related issues and present a perspective of a widely understood 'exchange' in academia and industry environments. 'Exchange' is perceived as rail knowledge exchange between partners, rail staff exchange between academia and/or industry, research exchange between teams, student-lecturer knowledge exchange, academia-industry collaboration, etc. In addition, more general rail-related papers are also included.
Switzerland: Springer Cham, 2019
e20501497
eBooks Universitas Indonesia Library