Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dicky Ahmad Ghiffari
Abstrak :
Profil Usaha House of Juice adalah UMKM yang didirikan pada tanggal 20 Mei 2020 dengan produk jus buah alami dengan pemanis madu. House of Juice berlokasi di daerah Srengseng, Jakarta Barat. House of Juice menggunakan metode pemesanan terlebih dahulu (pre-order) melalui akun Instagram @_houseofjuice Analisis Situasi Strength Produk jus buah dengan pemanis alami berupa madu Menggunakan buah berkualitas dengan tingkat kematangan yang baik, rasa manis alami, dan berasal dari distributor terpercaya Menggunakan media sosial Instagram sebagai platform utama untuk menjalankan usahaBisnis dengan metode pre-order memiliki peluang kerugian yang kecil (lowrisk) Weakness) Belum tersedia di layanan e-commerce (Gojek, Grab, Tokopedia) Belum memiliki strategi kehumasan yang jelas dan direncanakan dengan matang Pemasaran produk berhenti sejak bulan November 2020 Belum rutin mengunggah konten di sosial media Instagram, rata-rata hanya 2 konten setiap minggu. Opportunity Banyak masyarakat yang mencari produk kesehatan untuk memenuhi kebutuhan vitamin di masa pandemi Banyak kompetitor jus yang lebih memilih menggunakan pemanis jus dari gula dan susu kental manis Perkembangan media sosial Instagram yang dapat dimanfaatkan untuk pemasaran produk Threat Kompetitor bisnis serupa yang sangat banyak Nama brand House of Juice sudah pernah ada yang menggunakan Pernyataan Masalah House of Juice belum memiliki strategi kehumasan yang direncanakan dengan matang untuk mengkomunikasikan pesan tentang produk jus buah sehat yang dimilikinya. Hal ini didukung dengan keberadaan pandemi Covid-19 yang telah menghadirkan permasalahan baru yang mengganggu kesehatan, khususnya bagi kalangan remaja. Sehingga House of Juice dapat membuat strategi kehumasan berupa program kesadaran kesehatan yang bertujuan untuk membangun citra brand House of Juice sebagai brand yang peduli dengan kesehatan remaja generasi Z. Usulan Program Program bernama It’s Healthy Juice for You dengan pesan kunci #MulaiDariSekarang. Rangkaian program ini terdiri dari: Aktivasi media sosial Instagram Kolaborasi komunitas bersama komunitas sepak bola Lapan Rasa FC dan komunitas lari Running Rage Kolaborasi content creator untuk menggerakan 7 Days Healthy Challenge Special event Juice Day at School Tujuan Membangun citra brand House of Juice yang peduli dengan kesadaran kesehatan generasi Z Target Khalayak Demografis Jenis Kelamin: Laki-laki dan Perempuan Usia: 15-24 tahun Pekerjaan: Pelajar dan mahasiswa SES: B Geografis Domisili: Jakarta Barat Wilayah khusus: Srengseng, Kembangan, Palmerah, Kemanggisan, Slipi. Behaviour Aktif menggunakan media sosial untuk mencari informasi Suka mengikuti akun influencer di Instagram Suka mencari informasi mengenai komunitas olahraga di Instagram Memiliki ketertarikan untuk mengonsumsi produk berbahan dasar buah Psikografis Suka bersenang-senang Menggunakan media sosial untuk mencari rekomendasi makanan dan minuman sehat Suka memesan makanan dan minuman dari aplikasi online Suka mencari tahu tren yang populer di Instagram Jadwal Juni - Oktober 2022 Anggaran Rp16.154.000 Monitoring & Evaluasi Input: Monitoring & Evaluasi terhadap perencanaan dan pelaksanaan setiap kegiatan Output: Monitoring & Evaluasi terhadap Indikator Keberhasilan tiap kegiatan Outcome: Monitoring & Evaluasi terhadap hasil dan pengaruh program terhadap kesadaran kesehatan generasi Z dan citra brand ...... Company Profile House of Juice is an MSME founded on May 20, 2020 with natural fruit juice products with honey sweetener. House of Juice is located in Srengseng area, West Jakarta. House of Juice uses pre-order method via Instagram account @_houseofjuice. Situation Analysis Strength Fruit juice products with honey natural sweeteners Using good quality ripe fruit with natural sweet taste, and comes from a trusted distributor Using Instagram as the main platform to run the business Businesses with the pre-order method have a small chance of loss (low risk) Weakness Not available on e-commerce services (Gojek, Grab, Tokopedia) Does not have a clear and well-planned communication strategy Business activities have stopped operating since November 2020 Not routinely uploading content on social media, only two times a week Opportunity Many people are looking for health product to meet their vitamin needs during the pandemic Many brands juice competitor prefer to use sweetened from sugar and condensed milk The use of social media that can be used for product marketing Threat A lot of similar business competitors House of Juice brand name had been used before by others Problem Identification House of Juice does not have a well-planned public relations strategy to communicate its message about its healthy fruit juice products to customers. This is supported by the Covid-19 pandemic which has presented new problems that interfere with health, especially for teenagers. With that opportunity, House of Juice can create a public relations strategy in the form of a health awareness program that aims to build the House of Juice brand image as a brand that cares about the health of generation Z teenagers. Programs The program called It's Healthy Juice for You with the key message #StartFromNow. This series of programs consists of: Instagram social media activation Community collaboration (Lapan Rasa FC & Running Rage) Content creator collaboration (7 Days Healthy Challenge) Special event “Juice Day at School” Goals Building a House of Juice brand image that cares about the health awareness of generation Z. Target Audience Demographic Gender: Male and Female Age: 15-24 years old Occupation: Student SES: B Geographical Area: West Jakarta Focus area: Srengseng, Kembangan, Palmerah, Kemanggisan, Slipi. Behavior Actively use social media to find information Likes to follow influencer accounts on Instagram Likes to find information about the sports community on Instagram Have an interest in consuming fruit-based products Psychographic Likes to having fun Using social media to find healthy food and drink recommendations Likes to order food and drinks from online applications Loves to find out what trends are popular on Instagram Schedule June - October 2022 Budget Rp. 16.154.000,- Monitoring & Evaluation Input: Monitoring & Evaluation of the planning and implementation of each activity Output: Monitoring & Evaluation of the KPI of each activity Outcome: Monitoring & Evaluation of the results and impact of the program on Generation Z's health awareness and brand image
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library