Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 93 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Djuharno
Abstrak :
Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengkaji implementasi manajemen perpustakaan dalam otonomi daerah (2) untuk mengkaji pengaruh dan implikasi otonomi daerah terhadap manajemen perpustakaan. Otonomi daerah berimbas terhadap bergesernya sistem pemerintahan yang sentralistik ke desentralistik sehingga menimbulkan perubahan dalam kebijakan penyelenggaraan pembangunan nasional. Populasi penelitian adalah pejabat struktural dan fungsional pustakawan Badan Perpustakaan Daerah D,I Yogyakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara mendalam (depth interview). Hasil penelitian menunjukan bahwa otonomi daerah berdampak terhadap manajemen perpustakaan dan fungsi-fungsinya yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organi:ing), pengelolaan staf (staffing), pengarahan (directing), koordinasi (coordinating) dan penganggaran (budgeting) (2) otonomi daerah berpengaruh terhadap manajemen perpustakaan yang terkait dengan aspek status/organisasi, pembiayaan, ketenagaan, koleksi, teknis layanan perpustakaan. (3) otonomi daerah berdampak positif tehadap kesejahteraan pegawai, penghargaan (reward) dan pemberdayaan pustakawan, namun sebaliknya otonomi daerah juga berdampak negatif terhadap terhambatnya kemajuan karier, promosi jabatan serta pengembangan staf perpustakaan di lingkungan Perpustakaan Daerah D.I Yogyakarta.
The Implementation of Autonomy and Its Impact on Library Management = Case study at the Province library of D.I YogyakartaThe objectives of the study are as follows : (1) to find out how the library management implementation of autonomy and ,(2) to find out the impacts and implication of autonomy on the library management That authonomy brings about a shift in local administrative system, that is from a centralized system to a decentralized one, which causes a change in the policy in implementing national development. The population of the study are the top and middle managers, librarians and clerical staf at the provincial library of Yogyakarta. The study uses qualitative approach and the depth interview method. The result of study show that (1) autonomy has impacts on library management including planning, organizing, staffing, directing, coordinating and budgeting (2) autonomy has impacts on library management in relation with organizational status, funding, staffing, collection and library services, and (3) autonomy has not only positive impacts on staff welfare, rewards and empowering librarians but also negative impacts on career development, job promotion and staff development in the Provincial Library of D.I Yogyakarta.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11585
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. I. Eko Wiyanti
Abstrak :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengungkapkan kondisi Perpustakaan Umum (PU) Dati II/Kotamadya yang ada di Indonesia, dengan memberi gambaran tentang: 1) Profil PU Dati II/Kotamdya ditunjukkan dengan penyebaran, tahun pendirian, instansi yang membawahi serta sumber daya yang dimiliki; 2) Perkembangan PU Dati II/Kotamadya; 3) Peran surat-surat keputusan yang mendasari pembentukan dan pengelolaan PU di Indonesia; 4) Mengetahui hubungan antara penyelenggaraan PU (besarnya koleksi yang dimiliki) dengan minat baca masyarakat yang tercermin dari jumlah pengunjung dan jumlah buku yang dipinjam di PU Dati II/Kotamadya. Penelitian dilakukan di Jakarta pada tahun 1996. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatoris. Data yang dimanfaatkan : 1) Data Perpustakaan Nasional RI tahun 1992-1995; 2). Statistik (perpustakaan Umum Dati II) 1992; 3). Surat-surat keputusan menyangkut pembentukan PU Dati II/Kotamadya; 4). Laporan Tahunan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia periode 1992 hingga l996. Hasil penelitian menyimpulkan: 1). Penyebaran PU Dati II/Kotamadya di Kawasan Barat Indonesia 2 kali lebih besar dari Kawasan Timur Indonesia. 2) Perkembangan. jumlah PU Dati II/Kotamadya sejak tahun 1950 hingga tahun 1995 dengan mencapai jumlah 270 buah. Instansi yang membawahi PU Dati II/Kotamadya adalah Dinas P & K dan Pemda. Sumber Daya perpustakaan dilihat dari koleksi menunjukkan 53,3 % berjumlah anatara 5000 - 10.000 eks, untuk gedung 91,3 % dengan luas antara 300 - 500 m2 Anggaran yang dimiliki 34 % kurang dari 1 juta rupiah. Peralatan kerja yang dimiliki 57 % menunjukkan kelengkapan dan 37 perpustakaan dari 270 menunjukkan stafnya yang telah mendapatkan pendidikan dan pelatihan; 3). Pemerintah dalam melaksanakan misi pencerdasan bangsa dengan menerbitkan surat-surat keputusan yang menyangkut PU Dati II/Kotamadya. Tiga surat keputusan yang panting adalah SK Men. P & k RI No: 7870/Kab. Tertanggal 5 Maret 1953 mengenai peraturan Perpustakaan Rakyat; SK Mendagri No: 09/1988, tertanggal 1 Maret 1988 mengenai pedoman organisasi dan tatakerja PU; SK Mendagri No: 56/1994, 6 Juni 1994 mengenai Pedoman organisasi dan tatakerja PU Dati II/Kotamadya; 4) Ada pengaruh signifikan antara banyaknya koleksi terhadap jumlah pengunjung dan peminjaman koleksi PU Dati II/Kotamadya dengan pembaca yang beragam. PU dalam rangka mencerdaskan bangsa tentunya dapat diadakan mempunyai potensi peran yang dapat dikembangkan tentunya apabila dilakukan langkah-langkah progresif baik dalam pembinaan/pengembangan PU Dati II/Kotamadya. Penelitian ini menyarankan untuk diadakan perencanaan strategis PU Dati II/Kotamadya secara nasional.
ABSTRACT The purpose of the research is to reveal the condition of public libraries in Indonesia which includes 1) The characteristic of public libraries in Indonesia shown by their distribution, years of foundation, the institutions they are responsible to, and the human resources they have; 2) The development of the libraries; 3) The decrees and regulations which become the base of the foundation and management of public libraries in Indonesia; 4) The significance of public libraries existence (number of collections) and the public interest in reading which is shown by the number of visitors and the borrowed books in each public library. The research was carried out in 1996. This is an explanatory research based on the following data: 1) Data from the National Library of Indonesia from the year 1992 to 1995; 2) Statistical report on the public libraries in the year 1992; 3) Decrees on the development and management of public libraries in Indonesia; 4)Annual Reports of the National Library of Indonesia from the year 1992 to 1996. Conclusions drawn from the result of the research are: 1) The distribution of the public libraries in the western part of Indonesia is twice bigger than that in the eastern part of Indonesia. The number of public libraries from 1950 to 1995 kept increasing until it reached 270. Generally, the Libraries are run under the responsibility of The Ministry of Education and Culture. Based on their collections, it was found that 53.3 percent of the libraries have 5,000-10,000 copies in their collections. It was also found that 91.3 percent occupies 300 - 500 meters square area. Thirty four percent of the libraries get less than an annual 1 million rupiah budget. Fifty seven percent of the libraries show that they have complete equipment to support the operation. However only 37 of 270 libraries have trained librarians. 2) The government of Indonesia on its mission to enhance the intellectual level of the nation had issued some decrees which were to be carried out by the local government. Those decrees are SK Men. P & K RI No 7870/Kab. dated on March 5.1953 about rules on the people's libraries; Ministerial Decree No.9/1988, dated on March 1 st, 1988 about the Guidelines on the Organization and mechanism of public libraries; The Minister of Home affairs Decree No.56/1994 dated on June 6th, 1994 about the Guidelines on the Organization and Mechanism of the Public Libraries. 4) It was found significant that the number of visitors and users is based on the amount of collections . Therefore, public libraries with some references can be considered as having potential roles in increasing the intellectual level of the Indonesian people. This research suggests that a strategic planning on a national level of the development of public libraries is needed to enable the libraries to fulfill their potential roles.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stephanie Amalia
Abstrak :
Skripsi ini membahas kebutuhan informasi masyarakat di pulau Panggang dan Pramuka DKI Jakarta yang diwakili oleh kelompok nelayan, ibu rumah tangga dan pelajar SMA tingkat akhir dalam mendukung aktifitas kehidupan mereka sehari-hari terhadap Perpustakaan Umum Kepulauan Seribu DKI Jakarta. Penelitian ini melakukan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, Perpustakaan Umum Kepulauan Seribu DKI Jakarta sudah memenuhi kebutuhan informasi masyarakat melalui koleksi-koleksi bukunya. Namun, masyarakat pulau Panggang dan Pramuka tidak mengakses koleksi-koleksi tersebut. Hasil penilaian kebutuhan dan pola penyebaran informasi dalam penelitian ini, menunjukan bahwa masyarakat pulau Panggang dan Pramuka terbiasa menggunakan sumber informasi informal. Hal ini dipengaruhi oleh kearifan lokal (Indigenous Knowledge) yang telah tertanam pada masa sebelumnya, dan ikatan kekeluargaan yang erat antara individu satu dengan lainnya. Karena itu, perpustakaan umum sebagai fasilitas publik diharapkan dapat mendekatkan pola-pola pelayanan sesuai dengan budaya masyarakat setempat, sehingga bermanfaat di lingkungan tersebut. ......The focus of this study is the needs of the information society on the Panggang and Pramuka islands represented by groups of fishermen, housewives and high school students in support of the activities of their daily lives. This research is approach by qualitative case study method. The results of this study found that, the Thousand Islands Public Library Jakarta meets the information needs of the community through collections of books. However, the societies do not familiar to access these collections. The results are needs assessment and information dissemination patterns showing that the societies used to use informal information sources. It is influenced by indigenous (Indigenous Knowledge) that has been embedded in the past, and the close family ties between individuals to one another. Therefore, the public library as a public facility is expected to be closer to the patterns of service in accordance with the local culture, making it useful in that environment.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44440
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Izhaar Dienillah
Abstrak :
Skripsi ini membahas kepuasan pengguna terhadap layanan perpustakaan umum Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Identifikasi kepuasan pengguna didasarkan pada empat dimensi LibQUAL+TM , yaitu dimensi sikap dan kemampuan petugas perpustakaan dalam melayani pengguna (Affect of Service), dimensi mengenai kecukupan dan akses terhadap koleksi perpustakaan (Access to Information), dimensi mengenai kemandirian pengguna dalam memanfaatkan perpustakaan (Personal Control), dan dimensi perpustakaan dalam pengertian fisik (Library as a Place). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna puas akan layanan yang diterimanya. Dan kepuasan pengguna berdasarkan kesenjangan (gap) antara dirasakan dan harapan responden menunjukkan bahwa kualitas layanan perpustakaan umum Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok dinilai baik, berada pada “zone of tolerance”, dimana kualitas layanan berada di antara tingkat harapan minimum yang dapat diterima dan tingkat harapan yang diinginkan.
This thesis discusses the user satisfaction of library services at Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok. This study uses a quantitative approach. User satisfaction identified base on four dimension LibQUAL+TM, that is dimensions of the attitude and ability of library staff to serve the users (Affect of Services), dimensions regarding adequacy and access to library collections (Access to Information), dimensions on the independence of the user in utilizing the library (Personal Control), and libraries in terms of physical dimensions (Library as a Place). Results showed that users were satisfied with the services received. User satisfaction based on the gap between the perceived and the expectations of respondents indicated that the quality of services rated as good, in the "zone of tolerance", where quality of service is between the minimum expectation level that is acceptable and desirable level of expectation.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46838
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Huimassa, Happy
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai Evaluasi Layanan Taman Bacaan Masyarakat @ Mall : Blok M Mall, Pejaten Village dan Plaza Semanggi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan dan mengetahui keberhasilan penyelenggaraan layanan Taman Bacaan Masyarakat @ Mall di Blok M Mall, Pejaten Village dan Plaza Semanggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna TBM@Mall Blok M Mall, Pejaten Village dan Plaza Semanggi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa koleksi yang dimiliki TBM@Mall Blok M Mall cukup membantu pengguna sedangkan koleksi yang dimiliki TBM@Mall Pejaten Village dan TBM@Mall Plaza Semanggi membantu pengguna. Layanan yang diberikan TBM@Mall Blok M Mall, TBM@Mall Pejaten Village dan TBM@Mall Plaza Semanggi dinilai baik oleh pengguna, terutama mahasiswa. ......This research describes the evaluation of service towards Taman Bacaan Masyarakat @ Mall: Blok M Mall, Pejaten Village and Plaza Semanggi. The objective of this research is to describe and determine the achievement of service delivery Taman Bacaan Masyarakat @ Mall at Blok M Mall, Pejaten Village and Plaza Semanggi. This research is quantitative research using the survey method. Respondents in this study were users TBM @ Mall Blok M Mall, Pejaten Village and Plaza Semanggi. The results of this study indicate that the collection owned by TBM @ Mall Blok M Mall sufficient assist users while the collection is owned by Pejaten Village Mall @ TBM and TBM @ Mall Plaza Semanggi help users. Services provided TBM@Mall Blok M Mall, TBM@Mall Pejaten Village and TBM@Mall Plaza Semanggi rated well by users, especially college students.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S53061
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
McMenemy, David
London: Facet, 2009
027.4 MCM p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Pijar Ari Shaka
Abstrak :
Skripsi ini menjelaskan tentang representasi fungsi perpustakaan umum dalam film The Library. Penelitian ini menggunakan metode semiotik Roland Barthes yaitu analisis hubungan sintagmatik dan paradigmatik yang bertujuan untuk mendeskripsikan representasi fungsi perpustakaan umum dengan memahami gambaran perpustakaan umum yang ditampilkan dalam film. Hasil analisis sintagmatik menunjukkan representasi fungsi perpustakaan umum tercermin dari kegiatan pustakawan dan pemustaka di perpustakaan umum tersebut. Analisis paradigmatik menunjukkan representasi fungsi perpustakaan umum dilihat dari deskripsi para tokoh dan latar tempat. Sebagai kesimpulan, film The Libraryini merepresentasikan fungsi perpustakaan umum dalam menjalankan fungsi rekreasi, fungsi pendidikan, dan fungsi kultural. Selain itu perpustakaan umum juga berfungsi sebagai ruang dan tempat, yaitu sebagi tempat bertemu orang baru, tempat menghabiskan waktu dengan orang terdekat, tempat bertemu, dan menyediakan ruang dan tempat gratis untuk pelaksanaan kegiatan kelompok.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S69824
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kendrick, Terry
London: Facet, 2006
025.197 4 KEN d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nelson, Sandra
Abstrak :
The PLA Results Series has long served to help public librarians envision, evaluate, and respond to community needs with distinctive programs and services. Building from this proven model, Strategic Planning for Results is the fully revised version of Planning for Results, the foundational book in this groundbreaking series.
Chicago: [American Management Association, ], 2008
e20437773
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Rosnaiti
Abstrak :
Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta (Perpumda) merupakan unsur penunjang Pemerintah DKI Jakarta di bidang pelayanan informasi, pengembangan dan pembinaan perpustakaan, telah berusaha memberikan peiayanan yang berkualitas dan memuaskan pelanggannya (pengunjung perpustakaan umum). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kualitas pelayanan pada Perpustakaan Umum DKI Jakarta, dan untuk mengetahui pola Seven S dari MC Kinsey terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta sebagai institusi pengelola perpustakaan umum.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori yang dikembangkan oleh Zeitaml, Parasuraman dan Leonard L. Berry dengan lima dimensinya yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan teori yang dikemukakan oleh MC Kinsey melalui model Seven S (Strategy, Structure, System, Style, Staff, Skill, dan Shared Value).

Penelitian ini ada dua macam yaitu pertama, penelitian mengenai kualitas pelayanan yang jenis penelitiannya kuantitatif yang bersifat deskriptif menggunakan metode survey dengan pendekatan cross-sectional survey, pengumpulan data primer dan sekunder, serta pengambilan sampel sebanyak 335 responden dari 4264 orang pelanggan/pengunjung perpustakaan umum melalui kuesioner berskala Likert, Pengolahan data melalui teknik statistik yang hasilnya digunakan untuk mengukur servqual pada Gap-5. Kedua penelitian mengenai pola Seven S terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta (Perpumda) dianalisis secara kualitatif, pengumpulan data primer dan sekunder, serta sampel yaitu semua pegawai bidang layanan dan informasi perpustakaan (sampel jenuh) sebanyak 18 orang, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara, penyebaran kuesioner dan teknik observasi non partisan.

Berdasarkan hasil pengolahan data maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan : a. Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Perpustakaan Umum di Tingkat Provinsi) belum memuaskan pelanggan/pengguna jasa, karena masih terdapat kesenjangan antara harapan dengan pelayanan yang diterima (tingkat kinerja pelayanan); b. Pemanfaatan Perpustakaan Umum DKI Jakarta oleh masyarakat belum maksimal karena masih sangat kurang pelaksanakan sosialisasi, publikasi dan promosi yang dilakukan Perpustakaan Umum DKI Jakarta; c. Kepemilikan Peralatan yang modern dan mutakhir masih sangat kurang seperti fasilitas komputer untuk intemet; d. Komponen Seven S dari Mc Kinsey yang ada pada Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta belum memadai dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan; e. Status dan kedudukan institusi Perpustakaan Umum DKI Jakarta sebagai Kantor, sudah tidak sesuai dengan volume dan beban kerja yang diembannya. Selanjutnya berdasarkan kesimpulan di atas, dapat dipertimbangkan beberapa saran sebagai berikut: a. Membenahi kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan dan meningkatkan disiplin dan loyalitas pegawai dalam melaksanakan tugas terutama saat menjalankan tugas pelayanan pada Perpustakaan Umum; b. Meningkatkan pelaksanaan sosialisasi, publikasi dan promosi agar masyarakat tahu, kenal dan tertarik kepada perpustakaan umum; c. Menambah fasilitas peralatan yang modem dan mutakhir, antara lain; menambah fasilitas komputer untuk internet; d. Untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum Daerah Khu sus Ibukota Jakarta (Perpustakaan Umum di Tingkat Provinsi) perlu dibenahi komponen 7 S dari Mc. Kinsey pada Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai institusi pengelola Perpustakaan Umum Daerah Khusus Ibukota Jakarta antara lain : - Memberi kesempatan kepada Pegawai untuk meningkatkan pendidikannya, terutama mengusahakan pegawai untuk mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan pada bidang studi ilmu perpustakaan; - Mengupayakan agar status dan kedudukan Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta ditingkatkan menjadi Badan atau Dinas.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
T22578
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>