Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 32 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Davitz, Joel R.
New York: McGraw-Hill, 1970
370.15 DAV p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ali Nina Liche Seniati
Depok: UI-Press, 2009
PGB 0032
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Lydia Freyani Hawadi
Depok: UI-Press, 2009
PGB 0031
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Sitepu, Monika Iyana
Abstrak :
Agar siswa dapat mencapai potensi maksimalnya, proses pembelajaran harus berpusat pada anak didik. Pembelajaran yang berpusat pada anak didik berarti pendidikan yang memperhatikan keseluruhan dari aspek anak didik, yang berarti aspek kognitif, fisik, sosial, dan emosional, dan memperhatikan perbedaan individu anak didiknya. Pembelajaran inteligensi majemuk merupakan salah satu bentuk upaya pembelajaran yang berpusat pada anak didik. Gardner (1983) berpendapat bahwa setiap manusia memiliki delapan kecerdasan dasar yang saling berinteraksi dalam kadar yang berbeda-beda pada setiap manusia. Teori ini kemudian memberikan pemahaman bahwa dikarenakan setiap manusia memiliki aspek inteligensi yang berbeda-beda maka setiap individu tentunya mempunyai cara beiajar yang berbeda. Kedelapan .inteligensi yang diajukan oleh Gardner tersebut adalah inteligensi linguistik-verbal, inteligensi logis-matematis, inteligensi spasial-visual, inteligensi ritmik-musik, inteligensi kinestetik, inteligensi interpersonal, inteligensi intrapersonal, dan inteligensi naturalis. Pada penelitian ini, kedelapan inteligensi tersebut dilihat dalam bentuk profil. Profil yang dimaksud adalah gambaran umum dari inteligensi majemuk siswa yang diperoleh melalui instrumen panel itian yang bernama NIICY (Multiple Intelligences Checklist for Youngsters (grades 2-4)). A]at ukur yang digunakan pada penelitian ini berupa self-report dengan gaya Likert skala 4 yang terdiri dari delapan kategori inteligensi majemuk. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sumbangan dari inteligensi majemuk pada pencapaian akademik siswa kelas 2-3 sekolah dasar High/Scope Indonesia dalam pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Penelitian ini merupakan kajian lapangan dengan desain non-eksperimental. Responden penelitian ini adalah siswa kelas 2-3 sekolah dasar yang berada pada tahapan operasional kongkret (N= 78). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inteligensi linguistik-verbal menyumbang secara positif dan signifikan kepada pencapaian akademik pada pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 7,3% (Ian pada pelajaran Matematika sebesar 7.6%. Hal ini menwijukkan bahwa siswa kelas 2-3 sekolah dasar High/Scope® Indonesia - TB. Simatupang menggunakan inteligensi linguistik-verbalnya untuk menyelesaikan permasalahanpermasalahan dalam pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. PeneIitian ini belum dapat membuktikan bahwa kedelapan inteligensi bekerja secara bersama-sama dalam mempelajari Bahasa Indonesia dan Matematika. Saran yang diajukan untuk penelitian lebih lanjut adalah: (1) menggunakan metode wawancara dan observasi untuk mendapatkan profil inteligensi majemuk secara lebih komprehensif, (2) menggunakan pendekatan kualitatif karena sifat inteligensi majemuk yang unik dan individual (3) meningkatkan .reliabilitas alat ukur MICY dengan cara menambah item, memperbaiki susunan kalimat dan pilihan kata.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T17983
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novani Nugrahani
Abstrak :
Perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang cepat di era globalisasi ini menimbulkan tuntutan yang semakin besar terhadap adanya sumber daya manusia yang berkualitas untuk dapat terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Sumber daya manusia yang berkualitas dapat diperoleh melalui pendidikan yang baik dan berkualitas pula, terutama melalui jalur pendidikan formal atau sekolah. Dusek (1996) menyatakan bahwa sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal, memiliki tugas pokok untuk membantu peserta didik agar memiliki pengetahuan, keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan. Sekolah juga merupakan sarana anak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya dan dengan orang dewasa selain anggota keluarganya. Karena peran sekolah yang besar serta lamanya waktu anak yang dihabiskannya di sekolah, maka hal ini menimbulkan pertanyaan mengenai bagaimana sesungguhnya seorang anak mempersepsikan keadaan sekolahnya. Persepsi siswa mengenai sekolahnya sendiri dapat diukur dengan menggunakan skala Quality of School Life. Pengukuran Quality of School Life dinilai sebagai hal yang penting dan memiliki hubungan dengan prestasi akademik yang dicapai oleh siswa tersebut (Bourke, 1993; Mok & Flynn, 1997). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Quality of School Life pada siswa dan siswi SMA co-educational dan gambaran Quality of School Life pada siswa SMA non co-educational khusus laki-laki serta gambaran Quality of School Life pada siswi SMA non co-educational khusus perempuan. Selain itu, peneliti juga ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan antara gambaran Quality of School Life siswa dan siswi pada ketiga jenis SMA tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan juga merupakan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa dan siswi dari SMA coeducational, SMA non co-educational khusus laki-laki dan SMA non coeducational khusus perempuan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Quality of School Life yang merupakan skala tipe Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, siswa dari ketiga jenis SMA yaitu SMA co-educational, SMA non co-educational khusus laki-laki dan SMA non co-educational khusus perempuan merasa sejahtera dengan Ouality of School Life di sekolah mereka masing-masing. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada gambaran persepsi Quality of School Life menurut persepsi siswa SMA co-educational, siswa SMA non co-educational khusus laki-laki dan siswi SMA non co-educational khusus perempuan.
2004
S3360
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wilson, John A.R.
New York: McGraw-Hill, 1974
370.15 WIL p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Adams, Georgia Sachs
New York: Holt, Rinehart and Winston, 1965
370.15 ADA m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel, Robert S.
Boston: Hoghton Mifflin, 1965
150 DAN c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Biehler, Robert F.
New York: Houghton Miffiln, [Date of publication not identified]
158 BIE p (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yudrik Jahja
Jakarta: Kencana Prenada Media, 2011
155 YUD p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>