Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Soleh Purwo Nugroho
Abstrak :
Tesis ini membahas tentang penelitian yang dilakukan pada kestabilan terbang hexacopter. Kestabilan terbang hexacopter ditentukan oleh enam motor propeller yang mempunyai daya angkat yang sama sepanjang rentang waktu .Apabila keenam motor berbeda daya angkatnya maka hexacopter tidak stabil dalam melakukan take-off, hover, maneuver dan landing. Sulit untuk dikendalikan dan bisa mengakibatkan tidak bisa take-off..Untuk itu perlu diusahakan agar keenam motor propeller mempunyai RPM yang sama. Salah satu metode yang digunakan adalag dengan memberikan gain pada sinyal PWM yang akan diberikan ke ESC. Kemudian ESC akan memutar keenam motor dengan RPM yang sama. Sehingga hexacopter akan terbang dengan stabil. Dalam penelitian kali ini penulis menggunakan motor BLDC tanpa propeller Dari hasil penelitian diharapkan untuk diambil data terbang dan dari data tersebut akan dirancang system autonomousnya
......This thesis discusses the research conducted on the flight stability of the hexacopter. The stability of the hexacopter flight is determined by six propeller motors that have the same lifting power throughout the time span. If the six motors have different lifting power, the hexacopter is unstable in taking-off, hovering, maneuvering and landing. It is difficult to control and can result in not being able to take-off. For this reason, it is necessary to ensure that all six propeller motors have the same RPM. One of the methods used is to give gain to the PWM signal which will be given to the ESC. Then the ESC will rotate the six motors with the same RPM. So the hexacopter will fly stably. In this study, the author uses a BLDC motor without a propeller. From the results of the study, it is expected to take flight data and from this data an autonomous system will be designed.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Farid Afandi
Abstrak :
Propeller merupakan alat gerak kapal yang utama saat ini,Layar yang selama berabad-abad menemani manusia dalam pelayaran sudah banyak ditinggalkan.Pemakaian Propeller yang semakin meningkat dibanding layar disebabkan oleh industrialisasi dan globalisasi yang mendorong segala sesuatunya untuk lebih cepat mengharuskan industri perkapalan untuk semakin cepat dan efisien. Efisiensi dan kecepatan mutlak diperlukan dalam era industri seperti saat ini, untuk merebut pasar dan meningkatkan daya saing. Untuk itu otomatisasi adalah salah satu jawaban untuk meningkatkan efisiensi. Salah Satu upaya otomatisasi tersebut adalah dengan menggunakan program aplikasi komputer,komputerisasi selain meningkatkan kecepatan dan efisiensi juga memperkecil kesalahan akibat human error. Namun aplikasi komputer juga luput dari kesalahan-kesalahan baik dikarenakan kesalahan dalam penggunaan,kesalahan sistem sampai pada kesalahan pada saat program dibuat misalnya kesalahan bahasa pemograman maupun kesalahan menerjemahkan rumus ke dalam bahasa pemograman. Diperlukan Penelitian lanjutan untuk menentukan ketepatan aplikasi beserta keterbatasan-keterbatasan aplikasi tersebut.
Propeller is a need for movement for a ship recently, a sail which have been man companion for centuries now had been left behind.Need of propeller increase than a sail is caused by industrilization and globalization which demand everything to be fast, has boost naval industri to be more quick and efficient. Efficiency and speed are desperately need for industrilization era today.It is needed to catching market and to grow competition ability,For that reason automatization will be one of the answer to improve efficiency. One of the thing to do for automatization is using computer application , Computerization while increse speed and eficiency have reduce mistakes by human too. Although that computer cannot avoid some error,it can be caused by few thing such as: misused apllication(human error),system error etc and can be cause by error when the application was made for example a mistake on writing program and mistake of compiling formula to programing language. It?s required advanced examination to an application to describe about precisioness and boundary of an application.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S38106
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Edo Yunardo
Abstrak :
Pada saat ini, sering dijumpai bahwa biaya yang dikeluarkan nelayan untuk melaut sangat besar. Jika dirunut, permasalahan ini bermula dari kesalahan dalam memilih propeller. Kebanyakan nelayan memakai propeller dalam bentuk dan dimensi yang belum tentu cocok dengan karakteristik kapal. Berbedanya karakteristik masing-masing kapal mengakibatkan propeller yang digunakan pada masing masing kapal juga harus memiliki karakteristik yang menyesuaikan diri dengan kapal.
Skripsi ini membahas perancangan baling-baling untuk kapal ikan 30 GT dengan menggunakan metode BP Delta. Tujuannya adalah agar karakteristik baling-baling dapat sesuai dengan karakteristik kapal. Perancangan baling-baling untuk kapal ikan 30 GT, menghasilkan model baling-baling berdaun 4 dengan diameter 0.73 meter, diameter hub 0.146 meter, blade area ratio 0.78, pitch ratio 0.91, dan efisiensi 47.75%.
......Today, it is often found that the cost for fishermen to go to the sea is too expensive. If traced, this problem takes root from a mistake in choosing the propeller for the their ship. Most fishermen use same propeller for any ship. Ships have different characteristics, it lead that the propeller used on each vessel must also have characteristics that is suitable to the ship.
This final project discusses about designing propeller for 30 GT fishing vessel by using BP Delta method. The aim is to design a propeller that is compatible with the characteristic of the ship. The process of designing propeller for 30 GT fishing vessel generated a model of propeller with characteristic : 4-leafed blades with 0.73 meters diameter, hubdiameter of 0.146 meter, blade area ratio of 0.78, pitch ratio of 0.91, and efficiency 47.75%.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aga Alanda
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50976
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library