Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
Arnoldus Kristanto
"Pembangunan fasilitas Green Cold Chain-Solar Ice Maker di Sulamu, Kupang sebagai solusi untuk mengatasi kekurangan listrik yang dihadapi nelayan pesisir di Indonesia. Namun perencanaan mitigasi risiko yang tidak memadai dan wabah pandemi Covid-19 yang terjadi, penundaan proyek tidak dapat dihindari. Perlunya perencanaan proyek yang jelas dan komprehensif sangat penting selama masa pandemic untuk mengoptimalkan kinerja proyek dan kepatuhan terhadap jadwal. Pemahaman yang mendalam tentang ruang lingkup proyek dan risiko potensial sangat penting untuk mengembangkan solusi terperinci yang dapat beradaptasi dengan faktor risiko yang berubah. Studi ini bertujuan untuk menganalisis risiko yang terkait dengan perencanaan proyek dengan mengidentifikasi dan mengevaluasi proses perencanaan dalam 10 knowledge areas dan 24 planning processes yang ditentukan dalam Project Management Body of Knowledge (PMBOK) menggunakan pendekatan analisis risiko kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi faktor risiko tinggi dan meningkatkan kinerja proyek. Berdasarkan temuan penelitian, tindakan pencegahan untuk setiap faktor risiko tinggi telah dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam pedoman perencanaan (Standar Operasional Prosedur). Analisis risiko yang dilakukan dapat digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan kinerja jadwal pengembangan Proyek Green Cold Chain-Solar Ice Maker.
The construction of Green Cold Chain-Solar Ice Maker in Sulamu, Kupang facilities is proposed as a solution to address the electricity shortage faced by coastal fishermen in Indonesia. However, due to the insufficient risk mitigation planning and the outbreak of Covid-19 pandemic, delays in the project were unavoidable. The need of having clear and comprehensive project planning is crucial for these projects especially during pandemics, to optimize project performance and adherence to timelines. A thorough understanding of the project's scope and potential risks is essential for developing detailed solutions that can adapt to changing risk factors. This study aims to analyze the risks associated with project planning by identifying and evaluating the planning processes outlined in the 10 knowledge areas and 24 planning processes defined in the Project Management Body of Knowledge (PMBOK) using a qualitative risk analysis approach. The goal is to mitigate high-risk factors and enhance project performance. Based on the research findings, preventive actions for each high-risk factor have been developed and integrated into a planning guideline (Standard Operating Procedure). The risk analysis performed can be used as a strategy to improve the Green Cold Chain Project development schedule performance."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Edgar Bernardin Raditya
"Laporan magang ini mengevaluasi kesesuaian proses Project Management Office (PMO) yang dilakukan oleh PT MBHC dan menganalisis hasil refleksi diri penulis dari pengalaman magang di PT MBHC. Evaluasi dilakukan dengan menilai kesesuaian seluruh dokumen, alat, dan teknik yang digunakan selama proses PMO PT MBHC untuk proyek transformasi talent management PT MELV terhadap karakteristik dokumen, alat, dan teknik dari teori proses monitoring and control Project Integration Management. Berdasarkan hasil evaluasi, terdapat beberapa dokumen, alat, dan teknik yang sudah sesuai dengan karakteristik, belum sesuai dengan karakteristik dan tidak sesuai dengan karakteristik teori. Lalu analisis refleksi diri dilakukan dengan mengevaluasi hal yang telah dan belum berjalan dengan baik dari beberapa pengalaman penulis saat magang, dikaitkan dengan beberapa teori yang relevan, dan menentukan tindak lanjut dari hasil analisis tersebut.
This internship report evaluates the suitability of the Project Management Office (PMO) process carried out by PT MBHC and analyzes the results of the author's self-reflection from the internship experience at PT MBHC. The evaluation is carried out by assessing the suitability of all documents, tools, and techniques used during the PT MBHC PMO process for the PT MELV talent management transformation project against the characteristics of documents, tools, and techniques from the theory of the Project Integration Management monitoring and control process. Based on the evaluation results, there are several documents, tools, and techniques that are fully in accordance with the characteristics, not fully in accordance with the characteristics, and not in accordance with the characteristics of the theory. Afterwards, the self-reflection analysis is carried out by evaluating things that have and have not worked well from some of the author's experiences whilst doing the internship, associated with several relevant theories, and determine the follow-up of the results of the analysis."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Syarief Nur Hidayat
"Pertumbuhan properti yang cukup tinggi di Indonesia membawa pengaruh yang bagus untuk usaha interior, baik desain interior maupun kontraktor interior. Sebuah proyek interior tidak hanya memiliki kompleksitas tinggi namun juga membutuhkan perencanaan yang tepat di awal proyek, pembagian kerja yang baik, pemberian arahan kerja tim yang tepat serta pengontrolan dan pengawasan proyek dalam aktivitas mereka sehari-hari terkait dengan efisiensi dan efektifitas agar dapat mencapai kesuksesan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi yang dapat digunakan oleh para pelaku usaha interior, khususnya kontraktor, untuk meningkatkan kesuksesan proyek yang dikerjakannya. Metode survei digunakan untuk mengumpulkan data dari sampel kurang lebih 30 orang manajer proyek dan pengelola proyek interior lainnya (desainer, konsultan, pengawas). Analisa data secara kuantitatif dilakukan untuk mengevaluasi hubungan antar variabel dan selanjutnya untuk menentukan strategi peningkatan kesuksesan proyek dengan validasi oleh pakar.
The property growth that is quite high in Indonesia has a good influence on interior business, both interior design and interior contractors. An interior project not only has high complexity but also requires proper planning at the beginning of the project, good division of labor, provision of appropriate teamwork and control and supervision of projects in their daily activities related to efficiency and effectiveness in order to achieve success. The purpose of this study is to determine strategies that can be used by interior business actors, especialy contractors, to increase the success of the projects they are working on. The survey method is used to collect data from a sample of approximately 30 project managers and other interior project managers (designers, consultants, supervisors). Quantitative data analysis is carried out to evaluate the relationship between variables and then to determine strategies for increasing project success with expert validation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T51964
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Nababan, Victor J.P.
"Proyek adalah kegiatan yang dapat direncanakan dan dilaksanakan dengan mempergunakan sumber daya untuk menghasilkan keuntungan. Sumber daya tidak pernah tidak terbatas, dan sering kali sumber daya sangat terbatas. Perencanaan proyek tergantung pada kapasitas sumber daya yang tersedia, dan keberhasilan suatu proyek diukur dari pemanfaatan sumber daya secara optimal."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1996
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"Reflects the collaboration and knowledge of working project managers, providing the fundamentals of project management as they apply to a wide range of projects. This internationally recognized standard provides the essential tools to practice project management and deliver organizational results. Updates include: Addition of a 10th Knowledge Area: Project Stakeholder Management; refined project data information and information flow; and the addition of four new planning processes: Plan Scope Management, Plan Schedule Management, Plan Cost Management and Plan Stakeholder Management."
Newtown Square: Project Management Institute, 2013
658.404 GUI
Buku Teks Universitas Indonesia Library