Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Indi Galih Handana
"ABSTRAK
Indonesia adalah salah satu pasar otomotif di wilayah ASEAN. Pasar otomotif Di Indonesia juga dapat dikatakan masih sangat potensial.. Ketatnya persaingan mendorong produsen untuk terus berinovasi untuk menjaga ketertarikan pelanggan. Salah satu cara untuk menjaga ketertarikan pelanggan adalah melakukan perubahan desain (facelift). Yang diwujudkan melalui penyempurnaan produk, fitur baru, desain yang lebih atraktif dan peningkatan kualitas. Suatu perubahan desain membutuhkan keputusan tentang apa yang akan harus diubah dan dipertahankan. Salah satu cara untuk mencapai keputusan tersebut adalah melalui analisa dampak perubahan desain terhadap Purchase intention costumer. Analisa terhadap hubungan antara perubahan desain produk otomotif (facelift) dengan Purchase intention akan dilakukan menggunakan metode PLS-SEM, dengan objek penelitian Toyota Kijang Innova tahun 2011. Hasil analisis menunjukan bahwa elemen perubahan desain, yaitu perubahan tampilan eksterior, perubahan tampilah interior, fitur baru, dan teknologi baru berpengaruh positif terhadap penilaian pelanggan (Perceived Value). Diantara keempat perubahan tersebut, perubahan tampilan eksterior adalah perubahan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap penilaian pelanggan (Perceived Value). Dalam hubungan ini, Perceived Value berlaku sebagai perantara antara elemen perubahan dan Purchase intention

ABSTRACT
Indonesia is one of the most promising automotive markets in South East Asia. Indonesian automotive market is still very potential, due to large number of population and it continuous growth. The strictness of Indonesian automotive market, urge every brand to keep innovating, in order to maintain customer attractiveness. One way to maintain costumer attractiveness is through product redesign (facelift), which manifested by product enhancement, more attractive design, and quality enhancement. Product design requires a decision on which part should be improved, and which part should be kept. To help reach that decision we analyze the product redesign relation and impact on Purchase intention. This research will analyze relationship between product redesign in automotive (facelift) and Purchase intention, using PLS-SEM method, with Toyota Kijang Innova 2011 version as research object. The result show that product redesign element, new look and feel exterior, new look and feel interior, new feature and New Technology positively related to customer Perceived Value. Between those four product innovation element, new look and feel exterior has the most significant relation with costumer Perceived Value. From the result on the relationship, it can be found that product innovations are not directly influencing Purchase intention, but using Perceived Value as an intermediate construct
"
2016
S63912
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haykal Yogaswara
"Persaingan pada sektor bisnis global saat ini semakin tinggi, yang membuat para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk meningkatkan keunggulan bersaingnya. Pengetahuan menjadi hal penting, di mana ketika pengetahuan digunakan dengan benar dengan menerapkan manajemen pengetahuan, maka akan menghasilkan suatu keunggulan bersaing dalam bentuk tacit knowledge atau sesuatu yang sulit ditiru. Manajemen pengetahuan juga dapat menjadi salah satu metode yang membantu perusahaan untuk menghasilkan inovasi produk secara cepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh knowledge management terhadap competitive advantage melalui product innovation sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara daring kepada 380 perusahaan manufaktur berorientasi ekspor di Kota Tangerang, di mana kuesioner yang kembali dan datanya layak untuk dianalisis lebih lanjut yaitu sebanyak 93 responden. Data selanjutnya dianalisis menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square) dan proses pengolahan data menggunakan software IBM SPSS Statistics 25 dan SmartPLS 4.0.9.8. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) knowledge management memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap product innovation; (2) knowledge management memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap competitive advantage; (3) product innovation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap competitive advantage; dan (4) product innovation mampu memediasi hubungan antara knowledge management dan competitive advantage secara positif dan signifikan.

Competition in the current global business sector is increasingly intense, prompting business entities to strive for enhancing their competitive advantages. Knowledge plays a crucial role, where its effective application through knowledge management can lead to a competitive edge in the form of tacit knowledge or something difficult to imitate. Knowledge management can also serve as a method to assist companies in rapidly generating product innovations. This research aims to analyze the influence of knowledge management on competitive advantage through product innovation as a mediating variable. The study adopts a quantitative approach by distributing online questionnaires to 380 export-oriented manufacturing companies in Tangerang City. From this sample, 93 respondents returned eligible questionnaires for further analysis. The data were subsequently analyzed using the Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) method, and data processing was conducted using IBM SPSS Statistics 25 and SmartPLS 4.0.9.8 software. The findings of this research indicate that: (1) knowledge management has a positive and significant influence on product innovation; (2) knowledge management has a positive but not significant influence on competitive advantage; (3) product innovation has a positive and significant influence on competitive advantage; and (4) product innovation positively and significantly mediates the relationship between knowledge management and competitive advantage."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library