Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alya Khalishah
Abstrak :
Saat ini, pencarian informasi tidak terbatas pada media cetak maupun siaran berita televisi. Informasi dapat diperoleh melalui media sosial, seperti Instagram. Dari berbagai macam jenis informasi yang beredar di Instagram, berita seputar selebriti dan hiburan menjadi salah satu di antaranya. Berdasarkan fenomena ini, penulis mencari tahu bagaimana akun berita selebriti dan hiburan di Instagram mengaplikasikan teknik pragmatik dalam penyajian konten berita dan bagaimana teknik ini mempengaruhi citra merek akun tersebut. Akun Instagram E News dipilih sebagai studi kasus dalam penelitian ini sebab akun ini merupakan akun berita selebriti dan hiburan asal Amerika yang memiliki pengikut paling banyak di Instagram. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis data tekstual berupa keterangan gambar. Sebanyak 36 keterangan gambar dari akun Instagram E News diambil sebagai sampel dan dianalisis menggunakan kerangka teori yang dikembangkan oleh Al-Hindawi & Metley (2017). Kerangka ini digunakan dalam artikel mereka tentang analisis pragmatik pada berita selebriti dan hiburan berbasis situs web di Amerika dan Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kasus E News, teknik pragmatik berupa presupposition, Grice’s conversational maxims, dan allusion masing-masing memegang peran penting dalam membentuk konten berita, menarik minat pengikut, dan menciptakan citra merek yang modern. ......Instagram has been the main platform for real-time information seeking for the last five years. The kind of information that people look for includes entertainment news. The present study wants to examine the way an entertainment news account presents its news content using different pragmatic techniques and how these techniques affect its brand image because minor attention has been paid to purpose-oriented accounts. To fulfill the aim, there are two research problems that are addressed: (1) what are the most common pragmatic techniques used in the caption? And (2) what significance does each technique have in presenting the news and shaping the brand image? Therefore, 36 sample captions from E News Instagram account, as the most followed entertainment news account on Instagram, are taken, observed, and analyzed using a framework developed by Al-Hindawi & Metley (2017) in their article about pragmatic analysis on American and British website-based entertainment news that focuses on three pragmatic pillars which are presupposition, Grice’s conversational maxims, and allusion. The study found that in the case of E News, presupposition, violation to Grice’s conversational maxims, and allusion are not merely used to keep the content interesting, but they respectively hold important roles in shaping the content of the news, engaging audience’s interest, and creating a good brand image.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
The writer analysed the presupposition in Barack Obama’s speeches on his first and second inaugural addresses, the writer comes to conclusion mentioned as the following. In this study the writer found that there are five types of presupposition. They were Existential presupposition (53.12%), Factive presupposition (15.17%), Lexical presupposition (24.55%), Structural presupposition (6.69%), and non-factive presupposition (0.44%). The most dominant presupposition used in Barack Obama’s speeches in his first and second inaugural addresses was Existential presupposition. It was because the speeches contained more definite descriptive, real facts and real information to stimulate the audience’ attention and to emphasize his ideas and promises.
EPISTEME 1:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Karim
Abstrak :
Praanggapan dalam pamflet sosialisasi pelestarian lingkungan di Kabupaten Wakatobi cukup beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan praanggapan dalam pamflet sosialisasi pelestarian lingkungan di Kabupaten Wakatobi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang berusaha mengkaji fenomena praanggapan dengan pendekatan pragmatik. Jenis data penelitian ini adalah data tulisan yang bersumber dari pamflet yang ada di Wangi-wangi, kabupaten Wakatobi. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dengan teknik rekam dan catat. Data yang telah diperoleh, diklasifikasi, dan dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan praanggapan dalam pamflet sosialisasi pelestarian lingkungan di Kabupaten Wakatobi terdiri empat jenis, yakni praanggapan eksistensial, praanggapan faktif, praanggapan struktural, dan praanggapan konterfaktual.Penggunaan praanggapan tersebut terdapat perbedaan pada masing-masing penerbit pamflet, baik pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, maupun pamflet yang diterbitkan secara kolektif oleh pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat. Perbedaan ini disebabkan oleh pengetahuan bersama, partisipan, dan konteks situasi.
ambon: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, 2019
400 JIKKT 7:2 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nandafitri
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas aspek pragmatik pembangun humor dalam pementasan Opera Van Java. Aspek pragmatik yang digunakan dalam analisis adalah praanggapan, implikatur, tuturan, dunia kemungkinan, dan konteks. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan aspek pragmatik yang digunakan Opera Van Java dalam membangun humor. Selain itu, dalam skripsi ini juga dijelaskan bentuk atau cara penyampaian humor dalam pementasan Opera Van Java.
ABSTRACT
This thesis talks about pragmatic aspects of humor?s construction in Opera Van Java. Pragmatic aspects which are used in this thesis are presupposition, implicature, speech acts, possible world, and context. This thesis aims to expain pragmatic aspects which are used in Opera Van Java to construct humor. Besides that, this thesis talks about how Opera Van Java convey its humor.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42271
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
This research studies about the types of presupposition in TIME magazine and the writer want to find out what is the most dominant types of presupposition that used in TIMe magazine. The data are taken from TIME magazine from from the advertisement that is published in TIME magazine. From 06, 13, 20 April and May 2009. descriptive quantitative analysis is intended to describe and findings the moist dominant types of presupposition used in it. In this research the writer collected the data by reading the advertisement in TIME magazine and underlining the advertisement. The data are analyzed by identifying the presupposition based on the types. After analyzing the data, the writer finds that the most dominant types of presupposition used in TIME magazine. Existential presupposition is the presupposition that the assumption assumed to be committed to the existence of the entities names bya the speaker and assumed to be present in the noun phrase.
EPISTEME 1:3 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library