Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Mauza Pramordhavardhani Santoso
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini secara khusus membahas dan menganalisis tujuh manner poster karya Hideya Kawakita yang ditampilkan pada tahun 1974-1982. Kerangka Teori yang digunakan adalah teori semiotik Saussure berupa konsep signifier penanda dan signified petanda , serta berfokus pada metode penelitian sejarah. Analisis penelitian ini tidak terbatas hanya mengetahui makna dari tanda, yaitu berupa simbol dan ikon dalam manner poster, tetapi juga menganalisis sejarah ikon-ikon tersebut dan bagaimana kaitannya dengan Jepang. Hasil analisis tujuh manner poster yang dijadikan sumber data menunjukkan bahwa poster-poster tersebut dapat menggambarkan kondisi, masalah, dan perkembangan apa saja yang terjadi di Jepang pada kurun waktu setelah Perang Dunia II dan setelah mengalami pertumbuhan ekonomi yang tinggi.
ABSTRACT
This research discussed about seven manner posters by Hideya Kawakita which were displayed in Japan 1974 1982 . The used Theoritical Structure is semiotics Saussure which is signifier and signified concept, also focusing on historical study method. The analysis of this study is not limited only to find out the meaning of signs such as symbols and icons in manner posters, but also analyzing the history of those icons and how they are related to Japan. The result of the analysis of seven manner posters which are used as data source shows that these posters can illustrate what kind of condition, problem, and development happened in Japan after the World War II and after experiencing rapid economic growth.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library