Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
"Latar belakang penelitian ini dilakukan karena pentingnya pemahaman konsep bagi siswa dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), khususnya pembelajaran Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran ILD berorientasi conceptual change (CC) dibandingkan dengan peningkatan pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran ILD berorientasi common sense (CS) pada materi hukum Newton. Penelitian ini berupa penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design yang dilakukan pada kelas IX di sebuah SMP Negeri di Kabupaten Pandeglang. Hasil uji statistik menunjukan bahwa peningkatan pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran ILD berorientasi CC ( 0.42) pada materi Hukum Newton lebih signifikan dibandingkan peningkatan pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran ILD berorientasi CS ( 0.32) pada materi Hukum Newton dengan kategori sedang pada taraf signifikansi."
JURPEND 15:1 (2015)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
JPP 35:3 (2002)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 100/PUU-XI/2013 menyatakan pancasila sebagai dasar negara yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 kedudukannya tidak bisa disejajarkan dengan UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI yang oleh Pasal 34 ayat (3b) huruf a UU Parpol disebut sebagai empat pilar berbangsa dan bernegara. Mengingat manfaatnya bagi upaya membangun karakter bangsa, Mahkamah Konstitusi tetap menyatakan konstitusional upaya partai politik maupun lembaga negara lainnya yang melaksanakan pendidikan politik melalui pemasyarakatan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika. Mahkamah Konstitusi memberikan model pendidikan karakter yang perlu dikembangkan yaitu tidak terbatas kepada keempat hal tersebut, melainkan masih banyak aspek lainnya antara lain, negara hukum, kedaulatan rakyat, wawasan nusantara, ketahanan nasional, dan lain sebagainya. Pemerintah pada dasarnya memegang tanggung jawab utama dalam melaksanakan pendidikan karakter bagi warga negaranya. Pemerintah perlu memikirkan alternatif untuk membentuk sebuah lembaga khusus untuk merumuskan dan melaksanakan pendidikan karakter bangsa yang efektif"
JK 11 (1-4) 2014
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library