Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
Zulkifli Amsyah
"
Tujuan pengajaran tidak hanya dicapai dengan pengetahuan yang diterinia di kelas. Waktu kuliah dua kali dua jam-pelajaran dalam seminggu tanpa pengembangan lebih lanjut oleh mahasiswa sendiri hanya akan menghasilkan sarjana dengan bekal tiga puluh persen ilmu pengetahuan untuk terjun di masyarakat. Metode pengajaran masa kini membutuhkan keaktifan mahasiswa, dan dari pengajar diharapkan dapat memancing kreativitas dan_ membangkitkan keberanian mahasiswa mengembangkan pendapat sendiri melalui diskusi yang diadakan oleh pengajar atau mahasiswa di dalam dan diluar jam ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1974
S15616
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Karmidi Martoatmodjo
"
Keadaan pendidikan di Indonesia dewasa ini dari sekolah dasar sampai depada universitas, kurang dari pada yang diharapkan. Dalam hal memperbaiki satu pendidikan pada sekolah dasarbaiklah diikut sertakan perpustakaan sekolah. Menurut Davies, perpustakaan sekolah adalah suatu hal yang mendorongke pendidikan yang kuat. Dan memang pada kenyataannya, sekolah yang mempunyai perpustakaan yang baik, umumnya murid-muridny lebih matang dari pada sekolah-sekolah yang tanpa perpustakaan. Bahkan di negara-negara yang sudah maju perpustakaan dipakai sebagai ukuran pendidikan di sekolah tersebut. ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1973
S15457
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Winda Safitri
"
Skripsi ini membahas manajemen perpustakaan di SDN Marunda 02 Pagi, SDN kalibaru 07 Pagi, dan MI At-Taufiq. Manajemen perpustakaan meliputi pelaksanaan fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan Dengan mcnggunakan metode penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif, dan pengumpulan data berupa wawancara dan kajian dokumen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa manajemen perpustakaan sekolah belum dilaksanakan dengan baik karena belum maksimalnya pelaksanaan fungsi manajemen di ketiga perpustakaan sekolah tersebut, akibatnya tujuan perpustakaan pun tidak tercapai. Penulis menyarankan agar kepala sekolah ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15378
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Faisal Ifzaldi
"
Skripsi ini membahas pendapat pemustaka terhasap layanan sirkulasi perpustakaan yang menggunakan teknologi radio frequency identification (RFID) di salah satu Perustakaan The Brityish International School Jakarta, yaitu The Dickens Library. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian maenyarankan bahwa The Dickens Library hendaknya dapat mempertahankan keunggulan layanan sirkulasi perpustkaannya dengan mengoptimalkan, merawat dan menjaga teknologi RFID. The Dickens Library perlu menindaklanjuti temuan penelitian berupa masalah pada sistem pendeteksi RFID. Penelitian lenjutan perlu dilakukan ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15118
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Aditya Soleha
"
ABSTRAK
Skripsi ini membahas proses kerjasama tim dalam pengembangan perpustakaan sekolah di SDN Pancoran 08 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Adapun proses kerjasama tim dalam pengembangan perpustakaan sekolah dilihat dari beberapa tahapan pengembangan tim berdasarkan teori Tuckman., yaitu forming, storming, norming, performing dan adjourning. Tahapan pengembangan tim tersebut diteliti untuk mengidentifikasi bagaimana pelaksanaan kegiatan dan kendala yang dihadapi oleh tim kerja dalam melakukan pengambangan perpustakaan di SDN Pancoran 08. Hasil ...
"
2010
S14954
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Nainggolan, I. Monica
"
Pendidikan di sekolah tidak akan pernah dapat dipisahkan dari fungsi perpustakaan. Dengan adanya perpustakaan diharapkan selain agardapat membantu murid mengikuti pendidikan formalnya, juga dapat menambah wawasan ilmu pengetahuannya. Proses belajar mengajar dapat terjadi dengan baik bila adanya dukungan dari banyak factor yaitu kualitas dan kuantitas guru dan murid, suasana lingkungan sekolah, cukupnya fasilitas belajar mengajar seperti buku-buku, kelas, dan peralatan lainnya, dan yang paling penting adalah cara mengajar yang baik. Tulisan ini pada dasarnya menerangkan ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15568
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Kemala Widya Paramita
"
Skripsi ini membahas gambaran konsepsi fungsi dan peranan, aspek organisasi, danmanajemen perpustakaan sekolah dalam cerita Harry Potter sebagai sebuah representasi.Representasi tersebut berupa perpustakaan yang ditampilkan dalam cerita Harry Pottersebagai pengetahuan tentang perpustakaan yang akan disampaikan pada pembaca.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis sistiran sebagai alatmengumpulkan data dan dikaji menggunakan analisis semiotik saussure. Hasil penelitianini memunculkan saran untuk memperbanyak kajian fiksi dan non fiksi yang dapatmenangkap gambaran perpustakaan. Pendekatan ilmu perpustakaan yang dikandungdalam unsur-unsur cerita ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S15877
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Anggi Shabrina
"
ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang peran guru pustakawan di Australian International School Kemang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami peran guru pustakawan di sekolah dan sejauh mana peran tersebut memenuhi Standards of Professional Excellence for Teacher-Librarians. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pustakawan di Australian International School Kemang telah menjalankan perannya dalam mendukung kegiatan belajar mengajar melalui program pendidikan, layanan koleksi perpustakaan, dan program ...
"
2010
S15030
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Vivin Nuraizah
"
Penelitian mengenai peranan perpustakaan sekolah dalam membina minat baca siswa telah dilakukan di Sekolah Menengah Umum 8 (SMU 8), Jakarta, pada bulan Februari dan Maret 1995, tujuannya ialah untuk mengetahui minat baca siswa SMU 8, upaya-upaya yang dilakukan perpustakaan sekolah, dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh perpustakaan dalam pembinaan minat baca tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara dan observasi. Cara penyusunan kuesioner, pembentukan kerangka sampel dan pemilihan sampel dijelaskan. Hasilnya menunjukkan bahwa minat baca responden ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
S15538
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alexander N. Relmasira
"
Perhatian pemerintah untuk mengikutsertakan perpustakaan perguruan tinggi dalam menunjang program pendidikan tinggi di Indo_nesia mulai terasa terutama dalam tahun enam puluhan. Hal ini di_tandai dengan dikeluarkannya Instruksi Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan(PTIP)No.9 Tabun 1962, yang antara lain mengharuskan adanya perpustakaan pada pusat universitas maupun fakultas dan jurusan, dan dikelola oleh tenaga-tenaga ahli perpustakaan, dengan perincian tugas yang jelas. Kemudian pada tahun 1967, dikeluarkan juga Keputusan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi No.162 Tahun 1967, tentang kriterium ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1980
S14874
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library