Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Palembang : Program Pascasarjana IAIN
050 CONC
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Gausulfardi Hakim
"Skripsi ini membahas tentang K.H.R. Abdullah bin Nuh dan karya-karyanya. K.H.R. Abdullah bin Nuh adalah seorang ulama kharismatik pada akhir abad ke-19, khususnya di wilayah Bogor dan Cianjur. Beliau menghasilkan karya-karya yang menarik dan mudah untuk dibaca dan dipahami oleh pembacanya. Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan cara menjelaskan data kehidupan K.H.R Abdullah bin Nuh dan menganalisis beberapa karya K.H.R. Abdullah bin Nuh. Data diperoleh dengan cara studi kepustakaan dan wawancara dengan beberapa murid dan keluarga K.H.R. Abdullah bin Nuh. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk menambah khazanah karya-karya yang mengulas tentang K.H.R. Abdullah bin Nuh serta agar dapat digunakan sebagai acuan atau referensi bagi yang akan menulis maupun membuat karya tulis tentang K.H.R. Abdullah bin Nuh. Temuan-temuan yang diperoleh dari skripsi ini antara lain: K.H.R. Abdullah bin Nuh banyak menghasilkan karya-karya yang berkualitas dan ditulis dalam berbagai bahasa, diantaranya bahasa Arab, bahasa Indonesia, dan bahasa Sunda. Selain itu K.H.R. Abdullah bin Nuh memiliki banyak teman dari berbagai kalangan termasuk tokoh-tokoh nasional seperti Ali Sastroamijoyo, Kasman Singodimejo, Dr. Lacuba dan beberapa tokoh lainnya. Ia juga terlibat dalam pendirian beberapa lembaga pendidikan seperti Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Yayasan Islamic Center Alghazali Bogor, dan Majlis Al-Ihya Bogor. Di samping itu, Ia juga terlibat dalam perintisan programprogram yang berhubungan dengan pengembangan Bahasa Arab seperti program siaran Bahasa Arab di Radio Republik Indonesia Yogyakarta dan Jakarta.

Abstract
The focus of this study is about _K.H.R. Abdullah bin Nuh_s life and His Works_. K.H.R Abdullah bin Nuh is one of the charismatic ulama at the end of nineteenth century, especially in Bogor and Cianjur areas. He produced many interesting and valuable works which are easy to be read and to be understood by the readers. The method of this study is qualitative descriptive and analytical. The data about K.H.R. Abdullah bin Nuh_s life were explained and some of his works were analyzed. The data were obtained from literatures and collected by means of deep interview with some of his students and family members. The purpose of this study is to add treasury of works that examines K.H.R. Abdullah bin Nuh_s life and his valuable works in order to be used as references. The findings of this study are among other things as follows. First, K.H.R Abdullah bin Nuh produced so many valuable works were written in various languages among other things are Indonesian, Arabic, and Sundanese. Other findings are K.H.R. Abdullah bin Nuh has many friends of various circles of society including many national figures as Ali Sastroamijoyo, Kasman Singodimejo, Dr. Lacuba, and some other figures. He also involved in establishment of various educational institutions, such as Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. He also involved in pioneering program related to Arabic language development such as Arabic broadcasting program in Radio of Republic Indonesia in Yogyakarta and Jakarta."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S13149
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: CV. Maloho Jaya Abadi , 2009
297.341 KHA (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sitha Kantiany
"ABSTRAK
Skripsi yang berjudul Pandangan Hasan Al-Banna tentang pendidikan Islam karya Sitha Kantiany membicarakan pemikiran Hasan Al-Banna dalam pendidikan Islam dengan tujuan memberi gambaran serta penjelasan tentang konsep dan sistem pendidikan Islam yang diajukan oleh Hasan Al-Banna Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif analisis dengan data yang digunakan dari buku Sistem pendidikan ikhwanul muslimin karangan Drs Yusuf Qardhawi Dari penelitian ini disimpulkan bahwa pendidikan Islam yang diajukan Hasan Al-Banna sesuai dengan karakteristik Islam yang juga memberikan perhatian pada perkembangan aspek-aspek kehidupan manusia dan harus mampu membentuk generasi yang solid dalam memperjuangkan, melestarikan ajaran dan kebudayaan Islam, serta mempunyai keimanan...

"
1996
S13407
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Enizar Muaz
"ABSTRAK
Jam'iyyat Al Khayr lebih dikenal dengan sebutan nama Jamiat Kheir, didirikan di Jakarta pada tanggal 17 Juli 1905 M. Pendiri organisasi ini adalah Sayid Muhammad Al-Fakhir ibn ' Ab d Al Rahman Al Mashhur, Sayid Muhammad ibn 'Abd Allah ibn Sihab,Sayid Idrus ibn Ahmad ibn Sihab dan Sayid Shaykhan ibn Sihab.
Organisasi ini terbuka bagi setiap muslim tanpa perbedaan asal usul, walaupun kebanyakan anggotanya adalah orang Arab. Beberapa tokoh masyarakat Indonesia, antara lain : K.H. Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah, R. Hasan Djajadi-ningrat, saudara dari Prof. Husein Djajadiningrat, dan H.0-S. Tjokroaminoto, pendiri Sarikat Islam adalah anggota Ja_miat Kheir pada tahun 1910 M. Mereka hanya merupakan ang_gota-anggota pasif saja.Pemimpin dan anggota organisasi ini umumnya adalah orang..

"
1986
S12909
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nilmanjaya
"Pondok modern Darussalam Gontor yang muncul aejak tahun 1926 merupakan lembaga pendidikan Islam yang maju sampai sekarang merupakan pelopor pembahruan pendidikan pondok pesantren secara modern. Dalam penelitian ini menitik beratkan pada cara pendidikan dan penajaran yang ada di pondok Gontor, serta sejarahnya dan pengajaran."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1985
S13330
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irhamni Rahman
"Skripsi ini membahas tentang Pondok Pesantren secar holistik; pengertian, tujuan, fungsi, dan kategori sebuah Pondok Pesantren. Adapun konsentrasi pembahasan penilitian dalam bagian kategorisasi sebuah Pondok Pesantren. Kategorisasi yang dibahas adalah kategori pondok pesantren tradisional dan pondok pesantren modern dilihat dari lima aspek, yaitu aspek kepemimpinan, institusi pendidikan dan bentuk, kurukulum yang digunakan, metode pendidikan yang diterapkan, serta fsilitas penunjang yang disediakan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S13370
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library