Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran fisika melalui pengembangan model pembelajaranyang berorientasi kepada siswa (Student oiented) di SLTP.....
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Pencatuman media pembelajaran pada kurikulum setidak-tidaknyamemberikan dampak kepada guru dalam pelaksanaan tugar mengajarnya sehari-hari.....
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
It has widely known that Indonesia is the world largest archipelagic country.....
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Triaswarin Sutanarihesti
Abstrak :
Buku ajar berperan penting dalam proses belajar-mengajar. Proses ini dapat berjalan dengan baik dengan adanya buku ajar yang ideal. Buku ajar Bahasa Belanda sebagai Bahasa Sumber Bidang Sejarah Tingkat Dasar bertujuan memberikan pengetahuan dasar bahasa Belanda dan kemampuan membaca untuk memahami teks dalam bahasa Relanda kepada mahasiswa. Kemampuan membaca yang diajarkan masih bersifat menerjemahkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah tujuan penyusunan buku tersebut tercapai dengan melihat kepadaan tujuan buku dengan kenyataan dalam buku dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan buku ajar tersebut sehingga aspek-aspek yang merupakan kelebihan dapat digunakan secara optimal dan dan bagian-bagian yang memiliki kekurangan dapat diperkuat. Dengan demikian buku ajar tersebut dapat digunakan semaksimal dan seefisien mungkin. Dalam penelitian ini unsur-unsur yang digunakan untuk menganalisis buku ajar ialah (1) rancangan dan organisasi, (2) keterampilan membaca, (3) tata bahasa, (4) keterbacaan, dan (5) kesesuaian dengan kurikulum. Analisis ini menggunakan metode kualitatif. Buku ajar yang diteliti dideskripsikan dan dianalisis berdasarkan kelima unsur yang telah disebutkarr di atas. Di samping itu, analisis buku ajar tersebut e dilengkapi oleh basil vwawancara dengan beberapa pengajar mata kuliah Bahasa Belanda Sumber (BBS). Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberian tugas menerjemahkan sebelum tugas-tugas lain merupakan kelemahan dalam organisasi buku ajar. Urutan kegiatan yang selalu sama dalam bab 2-13 menyebabkan rahasiswa jenuh. Akan tetapi, kelemahan tersebut dapat disiasati dengan mengubah urutan tugas dan mengurangi tugas yang tidak mendukung pernerolehan keterampilan membaca teks. Pengetahuan mengenai urutan kata dalam kalimat dan pencarian kata dasar yang diperlukan oleh mahasiswa untuk menganalisis fungsi kata dalam kalimat agar dapat menerjemahkan kalimat disajikan secara tepat sejak awal proses belajar-mengajar. Pemanfaatan aspek penyuaraan teks sesuai dengan urutan tugas dalam buku ajar tidak maksimal. Aspek tersebut sebenarnya dapat digunakan pada saat mahasiswa bertugas menentukan pola kalimat. Penawaran teks bertema sejarah yang diadaptasi dari tes autentik sesuai dengan minat mahasiswa. Ketidaklengkapan kurikulum mata kuliah BBS menyebabkan analisis dalam penelitian ini tidak dapat dilakukan secara menyeluruh. Penyempurnaan kurikulum BBS perlu dilakukan.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
T37202
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kusuma Adisaputra
Abstrak :
ABSTRAK
Imbal balik investasi (ROI) yang positif dan proses pembelajaran yang mendorong inovasi dalarn sebuah program prornosi penjualan sangatlah penting untuk membantu memastikan perusahaan mencapai target pertumbuhan labanya. Penelitian pada tesis ini inembahas bagaimana Departemen Penjualan PT XYZ menganalisa faktor-faktor yang menjadi penyebab negatifnya ROI dan tidak adanya inovasi dari promosi- promosi yang telah dilakukan dengan menggunakan kerangka dimensi organisasi pembelajaran Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem untuk memperoleh dan berbagi pengetahuan belum terwujud di organisasi ini. Tesis ini memberikan rekomendasi inte1'vensi berupa penerapan tahapan-tahapan pembelajaran dalam program pengembangan promosi di PT XYZ. Intervensi ini bertujuan untuk memastikan terjadinya aktivitas-aktivitas pembelajaran secara kontinyu yang diharapkan dapat mendukung pencapaian ROI yang positif dan inovasi pada promosi- promosi yang dilakukan Departemen Penjualan PT XYZ di masa yang akan datang.
ABSTRACT
To deliver a positif return on investement (ROI) dan learning process which drive innovation in sales promotion programs is important in helping a company in achieving its profit growth target. This study discusses how sales department of PT XYZ analyze factors which drives the negative ROI and the absence of innovations in their past promotions by using learning organization framework. The study results show that the organization is still lack of system to capture and share knowledge. This thesis will provide the recommendation of intervention by applying the learning phases in the promotion development program at PT XYZ. This intervention is intended to ensure that learning activities occur continually which in the end is expected to support the achievement of positive ROI and innovation at promotions in the future.
2012
T30858
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Lembaga Pengembangan Inovasi, 2002
658.5 Kom
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
A-Four Tech Co., Ltd., 1990
005.13 IMA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Endang Sundari
Abstrak :
Pembelajaran bahasa Inggris di SMK bidang keahlian bisnis dan manajemen dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang siap mengisi kesempatan bekerja. Oleh karena itu pembelajaran bahasa Inggris berorientasi ke dunia kerja. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) 6 Jakarta, Jl. Prof Joko Sutono, SH nomor 2 A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan lima perusahaan di sekitar lokasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakanl silabus bahasa Inggris untuk sekolah menengah kejuruan (SMK) bidang keahlian bisnis dan manajemen yang dapat mempersiapkan lulusannya siap bekerja, yang dinamakan silabus English for Occupational Purposes (EOP). Untuk menciptakan silabus EOP ini dilakukan penelitian survei dengan menyebarkan kuesioner dan pengetesan, serta penelitian kasus dengan mengadakan analisis dokumen yang terkait dan wawancara. Kuesioner dan pengetesan dilakukan terhadap responden siswa SMK N 6 Jakarta kelas X. Analisis dokumen dilakukan terhadap Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan silabus bahasa Inggris SMK N 6 Jakarta. Wawancara dilakukan dengan guru, wakil kepala sekolah, kepala sekolah, dan praktisi dunia kerja. Data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dan pengetesan dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data yang diperoleh dari analisis dokumen dan wawancara dianalisis secara kualitatif. Ada dua basil utama dari tesis ini: (1) daftar kompetensi bahasa Inggris yang berguna di dunia kerja dan (2) silabus EOP. Daftar kompetensi ini dimaksudkan untuk kelas X. Namun, daftar itu juga dapat diberlakukan untuk kelas XI dan XII dengan kedalaman yang berbeda. Di samping dua basil utama yang diperoleh, penelitian ini menghasilkan dua temuan, yakni (1) kelemahan dalam pembelajaran bahasa Inggris dan (2) kesamaan kebutuhan dari pihak yang terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris. Kelemahan Â? pembelajaran itu terdapat dalam KTSP, silabus, guru, dan siswa. Untuk kebutuhan yang dipandang sama yaitu dalam hat orientasi pembelajaran bahasa Inggris yang mengarah pada tujuan kerja.Temuan ini mengindikasikan bahwa silabus EOP sesuai untuk SMK bidang keahlian bisnis dan manajemen. Pembelajaran bahasa Inggris dengan silabus EOP dengan enam kompetensi daftar yang telah dirumuskan diharapkan dapat mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja. ......The aim of English learning at Senior Vocational High School/SMK business and management program is to produce the SMK graduates to be ready to fill the job vacancies. So, orientation of the English learning program is occupational purposes. The research was conducted at Government Senior Vocational High School/SMK N 6 Jakarta, J1. Prof. Joko Sutono, SH, No.2A, Kebayoran Baru, South Jakarta and five companies around SMK N 6 Jakarta. The aims of the research are to identify useful competencies in working places and to create English for occupational Purposes (EOP) syllabus for SMK of business and management program, especially SMK N 6 Jakarta. The EOP syllabus was designed for preparing the SMK N 6 Jakarta graduates to fill job vacancies. The writer held survey and case research by using research instruments such as questionnaires, English proficiency test, documents analysis, and interview. The questionnaires and English proficiency test were given to SMK N 6 Jakarta students of grade X. Documents analysis were for analyzing Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) number 20, 2003, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMK N 6 Jakarta, and English syllabus of SMK N 6 Jakarta. The interview was conducted for teachers, vice headmaster, headmaster, and practitioners of working places. Data gained from questionnaires and English proficiency test were analyzed quantitatively, while data of documents analysis and interview were analyzed qualitatively. There were two main results of the research, they are (1) list of useful competencies in working places and (2) EOP syllabus. Besides the main results, the research had findings (1) weaknesses in learning English and (2) the same needs in learning English among stakeholders. Their same needs is English learning to prepare students in filling job vacancies. It means that EOP syllabus is suitable for SMK business and management program
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
T37346
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Cynthia Vientiani
Abstrak :
Tesis ini mencari pola balikan yang efektif untuk meningkatkan keakuratan berbahasa pemelajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing ketika berkomunikasi dalam bahasa Indonesia. Keakuratan berbahasa pemelajar ini ditandai dengan tanggap perbaikan yang sukses dari pemelajar setelah mendapat balikan dari pengajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari interaksi yang direkam dari tugas-tugas dan kegiatan di kelas kemahiran berbicara tingkat madya BIPA FIB UI. Selain perekaman, pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara dan stimulated recall kepada pengajar dan pemelajar. Hasil penelitian menyarankan bahwa petunjuk negatif yang berupa penerapan pola-pola balikan, khususnya pola pengubahan sangat diperlukan dalam pengajaran bahasa asing. Pola-pola tersebut perlu diikutsertakan dalam pengembangan kurikulum; materi pengajaran; pengajaran dan pembelajaran di kelas pembelajaran komunikatif. Tujuannya adalah untuk mengembangkan keakuratan berbahasa para pemelajar bahasa Indonesia penutur asing ketika berkomunikasi.
This thesis is trying to find patterns of effective feedback to develop language accuracy of Bahasa Indonesia Foreign Learner while they are communicating in Bahasa Indonesia. The language accuracy of learners are realized by their uptake with successful repair. This research is a qualitative research. Data collection was obtained from recorded interaction through task and activities in speaking lesson classes at intermediate level. Besides recording, data collection was obtained from interviews and stimulated recalls to teachers and learners. The findings of this research suggest that negative evidences are realized in patterns of feedback, especially recasts, is necessary to be integrated into curricula development, teaching materials, teaching and learning in communicative language teaching classes. The research purpose is to develop language accuracy of Bahasa Indonesia Foreign Learner during the communicative lesson.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
T27541
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2   >>