Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hill, W.G
Horndean: Scoop Boks LTD, 1991
323.67 HIL p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sardi
Abstrak :
ABSTRAK Penelitian tentang Implementasi Kebijakan Pelayanan Paspor Berbasis Biometrik Pada Kantor Imigrasi ini merupakan bagian dari studi kebijakan. Lahirnya suatu kebijakan pada hahekatnya untuk menyelesaikan masalah yang ada. Untuk itulah Keputusan Menteri Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor: M.02.IZ.03.10 Tahun 2006 tentang Penerapan Sistem Photo Terpadu Berbasis Biometrik Pada Surat Perjalanan Republik Indonesia dilaksanakan dengan tujuan mempermudah pelayanan paspor yang sekaligus mengedepankan aspek keamanannya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran mengenai tingkat keberhasilan implementasinya yang ditinjau dari beberapa faktor pengaruh yang meliputi pola komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Melalui pendekatan kuantitatif yang menerapkan sample jenuh diperoleh sebanyak 77 responden Kepala Kantor Imigrasi dari 103 populasi Kantor Imigrasi. Berdasarkan anlisis data, dapat disimpulkan, bahwa implementasi kebijakan pelayanan paspor berbasis biometrik pada Kantor-Kantor Imigrasi telah berhasil dengan baik (skala pengukuran: kurang baik, cukup baik, baik serta sangat baik). Kebersamaan keempat variabel secara signifikan telah mempengaruhi implementasi kebijakan pelayanan paspor berbasis biometric pada Kantor-Kantor Imigrasi. Guna mencapai keberhasilan pada tingkat sangat baik, dapat dilakukan beberapa upaya seperti pemilihan metode simulasi sebagai media transformasi isi kebijakan, peningkatan jumlah pejabat imigrasi melalui pendidikan dan pelatihan, pemberian insentif sebagai penghargaan atas prestasi kerja, penerapan pelayanan antrian secara digital, meningkatkan kemampuan operasional sarana online system, serta kepatuhan terhadap standar operating procedure.
ABSTRACT Researching about the Implementation of Passport Regulation Services base on Biometric at Immigrant Bureau is a part of Regulation Study. As we know that a regulation is made for solving the existing problems. For those reason, that the decree of Ministry of Law and Human rights Department Number: M.02.IZ.03.10 in 2006 about the implementation of integrated photo system base on biometric in departure letter of Republic of Indonesia is operated to make easier servicing passport and to give safety aspects. Researching is made purposely to get the result of the succeeded implementation which is analyzed from some affected factors that including communication patterns, human resources, disposition and structure of bureaucracy With quantitative approach that implemented full sample that total result was got is 77 respondents of the Head of Immigrant Bureaus from 103 population of the Head of Immigrant Bureaus. Base on the Analysis of data can be calculated that the Implementation of Passport Regulation Services base on Biometric at Immigrant Bureau is in good position (measure scale: less good, good enough, good, and very good). All the four variables that are mentioned significantly influence the succeed of the Implementation of Passport Regulation Services base on Biometric at Immigrant Bureaus. To achieve the succeeding level in the best result, it can be done by some solution, such as, choose simulation method as the media of transformation of medium of regulation, increase the number of immigrant bureau employees by improving their education and training, give them incentive as the reward for their achievement in work, implement the servicing line digitally, improve the service operational by on line system, keep the loyalty to the standardization of operating procedure.
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2008
T 25041
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Melani Khairunnisa
Abstrak :
Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO) merupakan inovasi pelayanan keimigrasian yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi untuk mengatasi permasalahan layanan paspor di Indonesia. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Direktorat Jenderal Imigrasi yang bertugas untuk melaksanakan pelayanan paspor di Jakarta Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan pendaftaran paspor online oleh pengelola dan pengguna di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan dengan menggunakan metode survei dan wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan penggabungan antara model kesuksesan sistem informasi DeLone & McLean dan COBIT 4.1. Hasil penelitian menunjukan bahwa APAPO mendapatkan hasil yang positif pada indikator model kesuksesan sistem walaupun terdapat kendala saat aplikasi digunakan. Sementara itu, Kantor Imigrasi Jakarta Selatan telah berhasil memenuhi semua indikator dalam tata kelola pelayanan paspor yang baik dan dapat mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi oleh masyarakat dengan terus melakukan beberapa inovasi layanan paspor, terbukti dengan diraihnya predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dari Kemenpan RB. Maka, dilihat dari semua indikator yang terpenuhi dan kemampuan Kantor Imigrasi Jakarta Selatan dalam mengatasi hambatan-hambatan, dapat disimpulkan bahwa hal-hal tersebut dapat membuat Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan memiliki pelayanan yang berkualitas baik sehingga dapat menjadi percontohan bagi kantor imigrasi lainnya. ......The Online Passport Queue Registration Application is an immigration service innovation carried out by the Directorate General of Immigration to address passport service problems in Indonesia. The South Jakarta Immigration Office is a Technical Implementation Unit of the Directorate General of Immigration whose task is to carry out excellent passport services in South Jakarta. This study aims to analyze the quality of online passport registration services by managers and users at the South Jakarta Immigration Office using quantitative method through questionnaires and qualitative method through in-depth interviews. This study utilizes a combination of DeLone & McLean's information system success theory and COBIT 4.1. The result showed that the application had positive results in DeLone & McLean's theory even though there were major obstacles. Meanwhile, the South Jakarta Immigration Office has succeeded in fulfilling all indicators in COBIT 4.1, overcome the obstacles by doing several passport service innovations, as evidenced by the achievement of the title of Clean and Serving Bureaucratic Area from the Ministry of State Apparatus Empowerment and Bureaucratic Reforms. It can be concluded that the efforts can improve South Jakarta Immigration Office's service have that could become a model for other immigration offices in Indonesia.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Auliya Devaldi Wiratama
Abstrak :
Kementerian Pariwisata melaporkan bahwa kebijakan yang diterapkan untuk pariwisata mengindikasikan bahwa penambahan jumlah kunjungan wisatawan asing di 2016 disebabkan oleh globalisasi. Studi ini menganalisis hubungan kausalitas antara sektor pariwisata, menggunakan kunjungan wisatawan asing, dan indikator ekonomi dari globalisasi, yang dianalisis melalui ekspor, impor, dan penanaman modal asing. Dengan menggunakan model ARDL, efek kausalitas jangka panjang dan jangka pendek dianalisis melalui Bounds Test untuk kointegrasi dan diikuti oleh estimasi mekanisme error correction. Hasil menyimpulkan bahwa terdapat hubungan kausalitas satu arah antara kunjungan wisatawan asing dan ekspor, hubungan kausalitas satu arah antara kunjungan wisatawan asing dan impor, tidak ada hubungan antara kunjungan wisatawan asing dan penanaman modal asing, hubungan satu arah antara ekspor dan penanaman modal asing, dan tidak ada hubungan antara impor dan penanaman modal asing, dengan hasil country- specific yang beragam. Implikasi dari penelitian ini akan membantu pemerintah dalam meningkatkan tujuan yang ditargetkan untuk memperluas pariwisata.
The Ministry of Tourism reports that the policies implemented for tourism may indicate that the increasing number of international tourist arrivals in 2016 is caused by globalization. This study analyzes the causal relationship between tourism, using international tourist arrivals, and the economic indicators of globalization, which are analyzed through exports, imports, and foreign direct investment. Using ARDL model, the long run and short run causal effect is analyzed through Bounds Test for cointegration, followed by the estimation of error correction mechanism. The result concludes that there is unidirectional causal relationship between international tourist arrivals and exports, unidirectional causal relationship between international tourist arrivals and imports, no relationship between international tourist arrivals and foreign direct investment, unidirectional causal relationship between exports and foreign direct investment, and no relationship between imports and foreign direct investment, with a variety of country specific results. The implication of this study would help the government in improving the targeted goals for expanding tourism.
Depok: Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jerico Widhy
Abstrak :
Seiring dengan perkembangan zaman, kehidupan sehari-hari manusia memiliki mobilitas yang tinggi. Mobilitas yang tinggi tentunya sangat mempengaruhi kebutuhan manusia yang meluas dan memerlukan transportasi hingga ke mancanegara. Perjalanan hingga ke mancanegara tentunya membutuhkan proses imigrasi yang baik serta aman pada bandar udara. Sebelum melakukan perjalanan hingga ke mancanegara, identitas yang harus dimiliki oleh pelaku perjalanan adalah Paspor. Dengan memiliki Paspor, pelaku perjalanan dapat melakukan perjalanannya untuk melewati proses imigrasi yang ada pada bandar udara. Tingginya mobilitas pada bandara tentunya berdampak pada antrian pada konter imigrasi dalam pemeriksaan paspor. Solusi dari tumpukan antrian tersebut yaitu dengan menggunakan E-Paspor yang proses imigrasinya dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan system yang dirancang. Struktur dari E-Paspor itu sendiri salah satunya terdiri atas chip RFID yang dapat bekerja oleh NFC dengan protokol ISO 14443. Untuk lebih mempercepat proses imigrasi hingga check in pada penerbangan transportasi udara, Penulis mengembangkan sistem dari E-Paspor supaya dapat terintegrasi dengan memindai QR Code untuk check in pada penerbangan pelaku transportasi udara. Pada penelitian ini dilakukan perancangan divais NFC menggunakan microcontroller ESP32Cam dan modul NFC PN532. Pada hasil penelitian tersebut, pada penelitian ini telah berhasil membuat divais yang mampu memproses sistem kerja e-paspor dan check in boarding pass qr code. Divais ini mampu memproses dua subsistem tersebut dan juga mampu bekerja dengan proses waktu yang cepat dan efisien sesuai dengan tujuan yang diajukan. Waktu yang diperoleh setelah pengambilan data dari 50 percobaan yaitu pada sekali proses kerja divais memiliki rata-rata waktu kerja selama 16,83 sekon......Human tends to need high mobility overtime. High mobility, of course, greatly affects human needs and require transportation to foreign countries. Traveling to foreign countries certainly requires a good and safe immigration process at the airport. Before traveling to foreign countries, the identity that must be owned by travelers is a passport. By having a passport, travelers can travel to pass the immigration process at the airport. The high mobility at the airport certainly has an impact on the queue at the immigration counter for passport checks. The solution to the pile of queues is to use an E-Passport whose immigration process can be done automatically using the designed system. The structure of the E-Passport itself, one of which consists of an RFID chip that can work with NFC devices with the ISO 14443 protocol. To further speed up the immigration process to check-in on air transportation flights, the author developed a system from the E-Passport so that it can be integrated by scanning QR Code for checking in on flights of air transportation. In this study, the authors designed an NFC reader and writer device using the ESP32Cam microcontroller and the PN532 NFC module. In the results of this study, the authors have done for testing on each subsystem to ensure that the hardware section has worked, then the author will develop the software section and create a database to achieve a flowchart of the work system of this device as a whole. In the results of this study, the author has succeeded in making a device that processes the e-passport work system and check-in boarding pass qr code. This device is able to process the two subsystems and is also able to work in a fast and efficient time process in accordance with the objectives proposed by the author. The time obtained after data collection from 50 experiments is that in one working process the device has an average working time of 16,83 seconds.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jerico Widhy
Abstrak :
Seiring dengan perkembangan zaman, kehidupan sehari-hari manusia memiliki mobilitas yang tinggi. Mobilitas yang tinggi tentunya sangat mempengaruhi kebutuhan manusia yang meluas dan memerlukan transportasi hingga ke mancanegara. Perjalanan hingga ke mancanegara tentunya membutuhkan proses imigrasi yang baik serta aman pada bandar udara. Sebelum melakukan perjalanan hingga ke mancanegara, identitas yang harus dimiliki oleh pelaku perjalanan adalah Paspor. Dengan memiliki Paspor, pelaku perjalanan dapat melakukan perjalanannya untuk melewati proses imigrasi yang ada pada bandar udara. Tingginya mobilitas pada bandara tentunya berdampak pada antrian pada konter imigrasi dalam pemeriksaan paspor. Solusi dari tumpukan antrian tersebut yaitu dengan menggunakan E-Paspor yang proses imigrasinya dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan system yang dirancang. Struktur dari E-Paspor itu sendiri salah satunya terdiri atas chip RFID yang dapat bekerja oleh device NFC dengan protokol ISO 14443. Untuk lebih mempercepat proses imigrasi hingga check in pada penerbangan transportasi udara, Penulis mengembangkan sistem dari E-Paspor supaya dapat terintegrasi dengan memindai QR Code untuk check in pada penerbangan pelaku transportasi udara. Pada penelitian ini dilakukan perancangan divais NFC reader dan writer menggunakan microcontroller ESP32Cam dan modul NFC PN532. Pada hasil penelitian tersebut, pada penelitian ini telah berhasil membuat divais yang mampu memproses sistem kerja e-paspor dan check in boarding pass qr code. Divais ini mampu memproses dua subsistem tersebut dan juga mampu bekerja dengan proses waktu yang cepat dan efisien sesuai dengan tujuan yang diajukan. Waktu yang diperoleh setelah pengambilan data dari 50 percobaan yaitu pada sekali proses kerja divais memiliki rata-rata waktu kerja selama 16,83 sekon......Human tends to need high mobility overtime. High mobility, of course, greatly affects human needs and require transportation to foreign countries. Traveling to foreign countries certainly requires a good and safe immigration process at the airport. Before traveling to foreign countries, the identity that must be owned by travelers is a passport. By having a passport, travelers can travel to pass the immigration process at the airport. The high mobility at the airport certainly has an impact on the queue at the immigration counter for passport checks. The solution to the pile of queues is to use an E-Passport whose immigration process can be done automatically using the designed system. The structure of the E-Passport itself, one of which consists of an RFID chip that can work with NFC devices with the ISO 14443 protocol. To further speed up the immigration process to check-in on air transportation flights, the author developed a system from the E-Passport so that it can be integrated by scanning QR Code for checking in on flights of air transportation. In this study, the authors designed an NFC reader and writer device using the ESP32Cam microcontroller and the PN532 NFC module. In the results of this study, the authors have done for testing on each subsystem to ensure that the hardware section has worked, then the author will develop the software section and create a database to achieve a flowchart of the work system of this device as a whole. In the results of this study, the author has succeeded in making a device that processes the e-passport work system and check-in boarding pass qr code. This device is able to process the two subsystems and is also able to work in a fast and efficient time process in accordance with the objectives proposed by the author. The time obtained after data collection from 50 experiments is that in one working process the device has an average working time of 16,83 seconds.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Natasya Radha
Abstrak :
Kondisi pelayanan publik di era reformasi birokrasi saat ini telah mengalami perubahan yang begitu signifikan. Hal ini terjadi pada layanan pembuatan Paspor yang dilaksanakan melalui sistem One Stop Service sistem dan teknologi baru yang disediakan untuk pelayanan ini terkesan memudahkan masyarakat, namun disisi lain peningkatan layanan masih belum dapat menutupi beragam permasalahan yang terjadi pada proses pelayanan Paspor. Karena masih sedikitnya jumlah peneliti yang menyorot hal ini, maka dari itu skripsi ini akan membahas mengenai evaluasi kinerja mengenai efektif atau tidaknya layanan pembuatan Paspor melalui sistem One Stop Servicei efektivitas pelayanan Paspornya. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis-empiris, dengan perolehan sumber data melalui wawancara, kuesioner, dan observasi. Dari hasil tersebut diketahui bahwa efektivitas pelayanan dan tindakan pihak Imigrasi untuk mengembangkan efektivitas kegiatan pelayanan Paspor pada masing - masing tempat memiliki penilaian yang berbeda karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Namun hal tersebut dapat diatasi apabila dilakukan koordinasi yang baik antara masyarakat, pihak Imigrasi, dan Direktorat Jenderal Imigrasi, untuk tetap mengembangkan dan memperbaiki pelayanan melalui peningkatan fasilitas, teknologi dan efisiensi waktu agar pelayanannya dapat terus mengalami perubahan kearah yang lebih baik.align="center"
The condition of public services in the current era of bureaucratic reform has experienced significant changes. This happened to the Passport-making service that was carried out through the One Stop Service system. The new system and technology which provided for this service has impressed society to get an easy service. But on the other side, the improvement of services still cannot cover the problems that occurred in the Passport service process. Because there are still a small number of researchers highlighting this issue, this thesis will discuss the performance evaluation about the effectiveness of passport-making services through the One Stop Service system, and how Immigration acts in improving the effectiveness of its Passport service. The research method used is juridical-empirical, with the acquisition of data sources through interviews, questionnaires, and observations. From these results it is known that the effectiveness of the services and actions of the Immigration Service to develop the effectiveness of Passport service activities in each place have different assessments due to many factors that influence it. However, this can be overcome if good coordination is carried out between the society, the Immigration Service and the Directorate General of Immigration, to develop and improve services through facilities, technology and time efficiency so that services can continue to change towards a better direction.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library