Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Margareta Salsah Bee
"Parental mediation merupakan keterampilan yang perlu dimiliki oleh setiap orang tua untuk mendampingi dan menghindari pengaruh negatif dari penggunaan gawai pada anak. Penelitian sebelumnya banyak membahas penggunaan gawai dari sisi remaja namun jarang menyoroti langsung kemampuan parental mediation orang tua untuk mengatasi penggunaan gawai pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam menerapkan parental mediation terhadap penggunaan gawai anak. Penelitian ini merupakan intervensi one group pre-post test design dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan melihat efektivitas Program Psikoedukasi Parental Mediation “Ayo Bicara Gawai” dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua terhadap penggunaan gawai pada anak usia prasekolah. Penelitian ini melibatkan 16 orang tua yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian dan dianalisis menggunakan uji beda Wilcoxon Signed. Hasilnya menunjukan ada perbedaan nilai rata-rata pengetahuan parental mediation yang signifikan (Skor Wilcoxon Asymp. Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05) dengan kenaikan skor rata-rata pre-test dan post-test satu sebesar 6,75. Hasil post-test dua setelah dua minggu intervensi menghasilkan penurunan skor dengan selisih rata-rata -2,12 tidak signifikan, (p < 0,001).  Dengan demikian Psikoedukasi Parental Mediation “A-B-G” (Ayo Bicara Gawai) dapat diterapkan pada orangtua dengan anak prasekolah yang sudah diberikan gawai.

Parental mediation is a skill that every parent must have to accompany and avoid negative influence of gadget use on children. Previous research has mostly discussed the use of gadget from the perspective of teenagers but rarely directly highlights the ability of parents parental mediation to overcome the use of gadget in early childhood. This research aims to look at parents' knowledge and skills in implementing parental mediation in children's gadget use. This research methodology is one group pre-post test design intervention with a quantitative approach which aims to overview the effectiveness of the Parental Mediation Program “A-B-G” (Let's Talk Gadgets) in increasing parents' knowledge and skills regarding the use of gadget in preschool children. This research involved 16 parents who had children aged 3-5 years and have used gadget, selected using purposive sampling techniques. Data was collected through research instruments and analyzed using Wilcoxon Signed Rank difference test. The results show a significant difference in the average value of parental mediation knowledge (Wilcoxon Asymp. Sig score (2-tailed) 0.000 < 0.05) with an increase in the average pre-test and post-test I score of 6.75. The results of the post-test II after two weeks of intervention resulted in a decrease in scores with an average difference of -2.12 which was not significant (p < 0.001).   In this way, Parental Mediation Psychoeducation "A-B-G" (Let's Talk Gadgets) can be applied to parents with preschool children who have been given gadgets.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arinta Adyanti
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas psikoedukasi untuk meningkatkan
pengetahuan ibu mengenai mediasi orang tua (parental mediation) dalam kegiatan
menonton televisi anak usia dini. Penyusunan psikoedukasi melalui 3 tahapan, yakni
(1) melakukan asesmen kebutuhan, (2) menyusun rancangan besar psikoedukasi, serta
(3) menyusun modul. Pengujian dilakukan menggunakan pretest dan post-test
terhadap 16 ibu ibu dari anak usia prasekolah yang berasal dari kalangan sosial
ekonomi bawah. Hasil analisa dengan menggunakan wilcoxon signed rank test
menunjukkan psikoedukasi secara signifikan meningkatkan pengetahuan orang tua
mengenai mediasi orang tua (parental mediation) dalam kegiatan menonton televisi
anak usia dini.

ABSTRACT
This study aims to examine the effectiveness of psychoeducation to improve maternal
knowledge about parental mediation in early childhood television viewing activity.
The preparation of psychoeducation are done through 3 stages, namely (1) conducting
needs assessment, (2) preparing the grand design of psychoeducation, and (3)
developing modules. The tests were conducted using pretest and post-test of 16
mothers of preschool-aged children from lower socioeconomic groups. The results of
the analysis using the wilcoxon signed rank test show that psychoeducation
significantly improves maternal knowledge about parental mediation in early
childhood television viewing."
2017
T48390
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library