Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Alif Fatih Rahman
Abstrak :
Seiring dengan perkembangan zaman, seluruh aktivitas manusia tidak dapat terlepas dari peran energi listrik. DKI Jakarta merupakan kota terbesar di Indonesia yang memiliki beban puncak terbesar, yaitu senilai 4.355 MW. Beban puncak yang besar tersebut terjadi saat momen Lebaran 2023. Selain itu, terhitung sejak H-7 hingga H-1 Lebaran 2023, setidaknya terdapat 557 ribu kendaraan yang meninggalkan DKI Jakarta untuk pergi mudik ke kampung halaman. Jika peristiwa ini dikaitkan dengan beban puncak DKI Jakarta, yaitu suplai energi listrik yang besar tidak diikuti dengan permintaan energi listrik yang besar juga, maka akan menimbulkan masalah dalam sistem tenaga listrik, yaitu tegangan lebih atau overvoltage. Permasalahan overvoltage tersebut dapat diselesaikan melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan memasang perangkat pengendali daya reaktif atau var control. Perangkat pengendali daya reaktif yang kini menjadi tren di sistem tenaga listrik adalah Flexible AC Transmission System (FACTS). Agar penggunaan perangkat FACTS menjadi efektif dan efisien, maka hal yang perlu dilakukan adalah menentukan lokasi penempatan dan kapasitas perangkat FACTS tersebut. Proses penentuan kedua parameter tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan algoritma optimisasi metaheuristik. Firefly Algorithm (FA) merupakan salah satu jenis algoritma optimisasi metaheuristic yang menirukan fenomena biologis yang terjadi pada sekelompok kunang-kunang (firefly). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan FA untuk menentukan lokasi penempatan dan kapasitas perangkat FACTS, yaitu Static VAR Compensator (SVC), maka lokasi serta lokasi yang paling optimal adalah pada bus 1PGSAN/I-5 dan sebesar 784.8829 MVAR. Penggunaan SVC tersebut menyebabkan penurunan deviasi tegangan seluruh bus sistem menjadi 6.5395%. ......As time goes by, all human activities cannot be separated from the role of electrical energy. DKI Jakarta is the largest city in Indonesia which has the largest peak load, namely 4,355 MW. This large peak load occurred during Eid 2023. Apart from that, starting from D-7 to D-1 of Eid 2023, at least 557 thousand vehicles left DKI Jakarta to go home to their hometowns. If this event is associated with DKI Jakarta's peak load, namely a large supply of electrical energy that is not accompanied by a large demand for electrical energy, it will cause problems in the electrical power system, namely overvoltage. The overvoltage problem can be solved in various ways, one of which is by installing a reactive power control device or var control. The reactive power control device that is currently becoming a trend in electric power systems is the Flexible AC Transmission System (FACTS). In order for the use of the FACTS device to be effective and efficient, what needs to be done is to determine the placement location and capacity of the FACTS device. The process of determining these two parameters can be done using a metaheuristic optimization algorithm. Firefly Algorithm (FA) is a type of metaheuristic optimization algorithm that imitates biological phenomena that occur in a group of fireflies. The research results show that using FA to determine the placement location and capacity of the FACTS device, namely the Static VAR Compensator (SVC), the most optimal location and capacity is on the 1PGSAN/I-5 bus and is 784.8829 MVAR. The use of SVC causes a decrease in voltage deviation for all system buses to 6.5395%.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Damar Ravie Cahyadi
Abstrak :
Stasiun elevated atau biasa disebut stasiun layang mempunyai sistem tenaga listrik dengan catu daya utama 20KiloVolt dengan tegangan nominal sebesar 750volt beserta tegangan fasilitas operasi stasiun sebesar 380volt stasiun laying. Penelitian ini menggunakan metode inspeksi dengan melakukan pengamatan sesuai dengan instruksi kerja dan manual instruksi kajian pemeliharaan prasarana perkeretaapian. Beberapa diidentifikasi terkait dengan permasalahan kualitas daya dengan inspeksi sesuai perkembangan dan manual instruksi yang sesuai. Tujuan utama dari penelitian ini, yaitu Mencegah adanya masalah gangguan tegangan lebih dengan cara merekomendasikan mitigasi risiko dengan metode-metode analisis investigasi dan simulasi menggunakan software Electric Transient and Analysis Program (ETAP) yang dapat membantu evaluasi dan memperkirakan langkah strategis dengan memperhatikan peraturan-peraturan dan acuan standar serta mendeteksi adanya rugi-rugi pada gangguan pola operasi karena gangguan kondisi kualitas daya yang disebabkan lonjakan tegangan lebih pada sistem gardu traksi stasiun dengan metode investigasi dan simulasi menggunakan software Electric Transient and Analysis Program (ETAP). Tegangan lebih ini dilakukan dalam rangka penelitian menjaga pelayanan terhadap publik dan pencegahan kegagalan sistem dengan menggunakan mitigasi risiko serta metode-metode investigasi dan simulasi menggunakan software Electric Transient and Analysis Program (ETAP) yang memperhatikan aspek-aspek lingkungan, keselamatan, teknis dan ekonomi dengan peraturan-peratuan dan acuan standar. Penelitian ini berupa analisa mitigasi dan menjabarkan rugi-rugi yang berdampak dengan melihat suatu kondisi kualitas daya dan tindak lanjut yang diberikan untuk mencegah adanya tegangan lebih maupun komponen sarana listrik Ligh Rail Vehicle (LRV). Hasil dari penelitian ini berupa dengan rekomendasi, strategi untuk mitigasi risiko dengan analisa risiko, dan kebijakan-kebijakan yang dari adanya permasalahaan kenaikan tegangan yang terekam oleh log SCADA OCC dan relai dengan nilai 893.88 Volt DC. ......Elevated stations or commonly called elevated stations have an electric power system with a main power supply of 0KiloVolt with a nominal voltage of 750volt and a station operating facility voltage of 380volt laying station. This research uses the inspection method by making observations in accordance with work instructions and instruction manuals for railway infrastructure maintenance studies. Some were identified as related to power quality issues with progression-appropriate inspections and appropriate instruction manuals. The main objective of this study is to prevent overvoltage interference problems by recommending risk mitigation with investigative and simulation analysis methods using Electric Transient and Analysis Program(ETAP) software that can help evaluate and estimate strategic steps by paying attention to regulations and standard references and detecting losses in operating pattern disturbances due to disruptions in power quality conditions caused overvoltage surges in the station traction substation system by investigation and simulation methods using Electric Transient and Analysis Program (ETAP) software. This overvoltage is carried out in the context of research on maintaining services to the public and preventing system failures by using risk mitigation and investigation and simulation methods using Electric Transient and Analysis Program (ETAP) software that pays attention to environmental, safety, technical and economic aspects with regulations and standard references. This research is in the form of mitigation analysis and describes the losses that have an impact by looking at a power quality condition and the followup provided to prevent overvoltage and components of Ligh Rail Vehicle (LRV) electric facilities. The results of this study are in the form of recommendations, strategies for risk mitigation with risk analysis, and policies from voltage increase problems recorded by SCADA OCC logs and relays with a value of 893.88 Volt DC.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hasse, Peter
Abstrak :
This highly illustrated and practical book surveys techniques available to protect LV equipment and systems from lightning strikes and other surges. After examining the physical origins and effects of these phenomena, it concentrates on the components and applications of protective measures and systems, placed in the context of current IEC and VDE standards. This unique book provides the reader with a thorough background in almost every aspect of lightning and its impact on electrical and electronic equipment. The contents range from basic discharge processes in air through transient electromagnetic field generation and interaction with overhead lines and underground cables, to lightning protection and testing techniques. This book is of value to anyone designing, installing or commissioning equipment, which needs to be secured against lightning strikes, as well as being a sound introduction to research students working in the field.
London: Institution of Engineering and Technology, 1998
e20452167
eBooks  Universitas Indonesia Library