Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jati Nantiasa Ahmad
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara perilaku kerja inovatif dan iklim organisasi serta merancang intervensi yang dapat meningkatkan perilaku terkait. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Responden penelitian ini adalah seleuruh populasi pegawai kantor ABC sejumlah 16 responden. Setelah dilakukan pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner, hasilnya didapatkan tidak terdapat hubungan antara variabel iklim organisasi dan variabel perilaku kerja inovatif. Variabel perilaku kerja inovatif memiliki nilai yang rendah pada semua dimensinya, sehingga intervensi dilakukan untuk meningkatkan perilaku kerja inovatif. Berdasarkan hal tersebut dirancang intervensi human resources management dalam bentuk gain-sharing system yaitu sebuah program untuk memunculkan perilaku kerja inovatif pada pegawai kantor ABC. Intervensi merupakan program yang diselenggarakan selama 1 tahun. Program ini bernama innovation year. Melalui program innovation year, pegawai kantor ABC didorong untuk menciptakan produk inovatif. ...... This research aims to examine the correlation between innovative work behavior and organization climate. It uses a quantitative method. The participants of this research are 16 ABC office employees.After collecting data through intreview and questionnaires, the researcher found that there was no significant relationship between innovative work behavior and organization climate. The innovative work behavior variable has small score in all of the dimension, so the intervention will be performed on innovative work variable. Based on that, a human resource management intervention will be designed in the form of gain-sharing system, which is a program to bring innovative work behavior by producing innovative products.The intervention is a program that is held for 1 year. The program is called Innovation Year. Through this program, ABC office employees are encouraged to create innovative products.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T46784
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wenny Soliany Permata Sari
Abstrak :
Fenomena yang dijadikan obyek penelitian adalah pelaksanaan kinerja pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Petojo Utara dalam wilayah Kecamatan Gambir Kota Administrasi Jakarta Pusat. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh kompensasi dan iklim organisasi terhadap kinerja pelayanan administrasi kependudukan di kelurahan tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan metode Analisis SEM. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Studi Kepustakaan, Teknik Kuesioner dan Observasi. Sampel penelitian sebanyak 112 responden yang terdiri atas 19 dari unsur pegawai Kantor Kelurahan Petojo Utara dan 93 responden berasal dari warga masyarakat penerima layanan. Pengambilan sampel dari populasi menggunakan dengan metode sensus. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompensasi terhadap kinerja pelayanan di Kantor Kelurahan Petojo Utara direfleksikan oleh gaji, tunjangan, insentif, penghasilan tambahan, kecakapan, tanggung jawab, Pertumbuhan pribadi, penghargaan, promosi, tantangan, sifat hasil kerja, dan cuti. Kemudian dari analisis SEM diperoleh hasil bahwa gaji merupakan komponen yang paling utama atau yang paling dominan dari variabel kompensasi. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan iklim organisasi terhadap kinerja pelayanan di Kantor Kelurahan Petojo Utara direfleksikan oleh Otonomi, kebersamaan, kepercayaan, tekanan, dukungan, pengakuan, kewajaran, inovasi, struktur, standar, tanggungjawab, dan komitmen. Selanjutnya dari analisis SEM diperoleh hasil bahwa komponen yang paling dominan dari iklim organisasi adalah indikator pengakuan. Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan maka dapat disimpulkan bahwa ternyata pengaruh kompensasi terhadap kinerja pelayanan lebih dominan dibandingkan dengan pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja pelayanan.
The objective of this research is to examine the influence of compensation and organization climate on Service Performance at Petojo Utara Urban Village Office of Gambir Sub District, Administration City of Center Jakarta. Compensation and organization climate functioned as independent variables, while service performance functioned as dependent variable. Compensation refers to logrolling system that given to personnel as means for reach the organization goals that indicated by wage, allowance, incentive, adding income, proficiency, responsibility, and personal growth. Organization climate refer to all environment aspect that people face in an organization that influenced someone in doing his organization task, which could be measured by indicators of autonomy, cohession, trust, pressure, support, recognition, fairness, innovation. Meanwhile, service performance is a work result that reached by personenl in performing task appropriate with their responsibility with indicator reliability, assurance, tangible, empathy, and responsiveness. This research using quantitative approach and survey method. The samples are 112 and taken by using sensus techniques. Collecting datas were using questionaires and data analysis with SEM. The results shown that compensation and organization climate have a positive and significant influence on Service Performance at Urban Village Office of Gambir Sub District, Administration City of Center Jakarta, either partially or simultaneously. Wage is dominant component from compensation variable, and recognation is the dominant component from organization climate. Based on the result of research, the influence of compensation more dominant than organization climate on Service Performance at Petojo Utara Urban Village Office of Gambir Sub District, Administration City of Center Jakarta.
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T 27609
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library