Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: Universitas Terbuka, 2004
378.19 DUA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Perry, Walter
Milton Keynes: The Open University Press, 1976
378.42 PER o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
continuing education is aterm that usually used to provide educaiton for adult students, in upgrading their knowledge in particular field of study and therefore it can be form of a certificate or degree programs. the ceritficate programs which is combined with a transfer credit system is becoming more releveance for adults students who work. after 24 years of participating in providing education for adult learner, UT has many experiences in providing programs through distance education mode, including ezperience of credit transfer system. Ut has 4 facilities that provide programs in degree programs and therefore UT already developed printed course materials about 820 for regular students and 120 for elementary school teaher training programs. these printed course materials can be utilized by other programs that has about similar curriculum or a taylor made program. besides for utilizing course materials continuing program should be so designed that courses in this program can be transfer to a degree program. a certificate continuing education program should be appropriate designed to meet not only the competency required for that program but also that the course taken by students could be transer for a degree program. from the operational point of view of UT system continuing educaiton program could be atached in UT system without many difficulties as long as courses of program will be regarded as a different course although it uses same course material
JPUT 11:1 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Mulai masa registrasi 2012.2 Program Studi Agribisnis Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Terbuka (FMIPA-UT) menerapkan pelaksanaan praktikum mandiri dan memberlakukan Panduan Pelaksanaan PraktikumMandiri yang dirancang sebagai panduan bagi peserta praktikum untuk melaksanakan praktikum secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan datapersepsi mahasiswa terhadap pedoman dan pelaksanaan praktikum mandiri, serta kendala-kendala di lapangan yang dialami oleh mahasiswa.Survei dilakukan terhadap mahasiswa yang mengambil praktikum pada masa registrasi 2013.1 sampai dengan 2014.2 dengan meminta mereka mengisi kuesioner. Kuesioner menanyakan tiga aspek dari pelaksanaan praktikum yaitu aspek pedoman praktikum, aspek materi praktikum dan aspek layanan penunjang praktikum. Persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan praktikum cukup positif, meskipun ada kecenderungan mahasiswa mengalami kesulitan memahami pedoman praktikum. Mereka merasakan panduan praktikum kurang sistematis dan detail. Bahasa yang digunakan dalam panduan oleh sebagian mahasiswa non penyuluh dianggap sulit dipahami. Mahasiswa mengharapkan panduan praktikum dibuat lebih detail dan jelas. Mereka mengatakan akan lebih mudah jika pada setiap bagian laporan dituliskan secara detail hal-hal yang harus mereka masukkan, jika perlu diberikan kisi-kisi penilaian laporan. Meskipun secara umum persepsi mahasiswa terhadap praktikum positif, namun masih ada sebagian mahasiswa yang mengalami kendala dalam hal mengakses panduan praktikum, memperoleh bahan dan alat praktikum serta tidak mudah mendapatkan instruktur yang kompeten. Kendala lain yang dirasakan sebagian besar mahasiswa adalah nilai praktikum yang tidak diterima sesuai jadwal.
370 JPUT 16:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library