Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nancy Gloria Miranda
Abstrak :
Tulisan ini bermaksud untuk mempelajari dan menganalisis peran Eksternalitas Jaringan, Karakteristik Inovasi, dan Kecemasan Teknologi pada suatu bentuk model bisnis keuangan yang baru. Inovasi-inovasi Digital telah mengubah banyak aspek kehidupan manusia modern. Banyak model bisnis mengintegrasikan bisnis mereka ke bentuk online atau virtual di bagian depan bisnis mereka, termasuk perbankan. Jenius adalah bentuk baru model bisnis bank yang hanya terbentuk dalam bentuk virtual dengan memanfaatkan popularisasi penggunaan smartphone dan internet. Jadi bentuk baru tersebut adalah Jenius hanya mobile / online-banking, dengan kehadiran fisik minimal. Model penelitian ini diambil dari penelitian perbankan bergerak dan dimodifikasi untuk menganalisis secara ekstensif hubungan dan teori yang diajukan sebelumnya. Dengan partisispasi 174 orang respondent data dapat dikumpulkan dan di proses dengan metode Structural Equation Modeling dengan tiga jenis hubungan: Interaksi Langsung, Tidak Langsung / Mediasi, dan Moderasi. Dari Eksternalitas, efek mediasi Karakteristik Inovasi Jenius, dan seberapa banyak kegelisahan teknologi mungkin mencairkan hubungan yang diusulkan. ...... This paper intends to study and analyze the role of Network Externalities, Characteristics of Innovation, and Technological Anxiety on a new form of financial business model. Digital Innovations change many aspects of modern life, many business model integrate their business to online or virtual form at their front end of their business, that includes banking. Jenius is a new form of bank business model which form only in virtual form and utilizes the popularization of smartphone and internet use. Essentially a mobile online banking only, with minimal physical presence. The model of this researchs taken from a research of mobile banking and modified to extensively analyze the previously proposed relationships and theories. It uses the 3 previously mentioned theories on Intention to adopt Jenius. With the participation of 174 respondents, the data is gathered and then analyzed using Structural Equation Modeling with three types of relationship Direct, Indirect Mediation, and Moderation Interactions. From the result we find the supported and not supported effect of Network Externalities, the mediation effect of Jenius Innovation Characteristics, and how much technological anxiety might dilute the proposed relationship.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chiara Citra Nuryanti
Abstrak :
Disrupsi digital telah mendorong bank di Indonesia untuk mempertimbangkan teknologi digital sebagai bagian dari strateginya, dimana komponen utama dari strategi digital ini adalah layanan online banking. Dengan online banking, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi perbankan dimana saja, kapan saja, dengan cara yang mudah. Akan tetapi, ditengah kemudahan yang ditawarkan oleh online banking, masih banyak keluhan terhadap bank, khususnya bank BUMN, yang menyayangkan lamanya proses retur transaksi. Dalam rangka mempercepat proses retur transaksi, pendekatan rekayasa proses bisnis (BPR) dan Enterprise Resource Planning (ERP) diusulkan. Studi kasus dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rekayasa proses bisnis (BPR) dan Enterprise Resource Planning (ERP) berpotensi meningkatkan efisiensi proses retur transaksi sebanyak 71,67 persen. ......Digital disruption has encouraged banks in Indonesia to consider digital technology as part of their strategies, where the main component of this strategies is online banking services. With online banking, customers can easily conduct banking transactions anywhere, anytime, in an easy way. However, amid the convenience offered by online banking, there are still many complaints against banks, especially state-owned banks, who regret the length of the transaction return process. In order to speed up the transaction return process, a Business Process Reengineering (BPR) approach and Enterprise Resource Planning (ERP) are proposed. The case study in this research shows that Business Process Reengineering (BPR) and Enterprise Resource Planning (ERP) has the potential to increase the efficiency of the transaction return process by 71.67 percent.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Talitha Ratnasary Maharani
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini memuat mengenai perlindungan konsumer pemegang kartu debet yang merupakan salah satu alat pembayaran utama dalam melakukan sebuah transaksi. Bersamaan dengan perkembangan teknologi yang sejalan dengan perkembangan di dalam dunia perbankan, terlebih dalam hal kegiatan alat pembayaran, penggunaan kartu debet juga mempunyai sisi negatifnya.Salah satu sisi negatif yang terdapat dalam penggunaan kartu debet adalah minimumnya proteksi yang diberikan oleh bank yang menerbitkan kartu debet berupa verifikasi tanda tangan, dimana hal tersebut merupakan suatu celah yang membuka peluang terhadap penyalahgunaan kartu debet dengan memalsukan tanda tangan yang terdapat di belakang kartu debet tersebut.Berdasarkan hal-hal yang telah dibahas dalam skripsi ini, dapat dikemukakan bahwa terdapat beberapa kelemahan dalam menggunakan kartu debet, yang salah satunya adalah verifikasi tanda tangan sebagai proteksi yang diberikan oleh bank penerbit kartu debet. Skripsi ini menkonklusikan bahwa perlu adanya regulasi dan teknologi lebih yang mengatur mengenai proteksi konsumer dalam melakukan transaksi menggunakan kartu debet.
ABSTRACT
This undergraduate thesis discusses about the customer protection over the use of debit card that has become one of the main payment instruments in having transactions. As technology improves, which gives improvements to the banking world, moreover in regards to payment instrument activities, it also gives negative sides of the existence of debit cards.One of the downsides of debit cards is in regards to its minimum protection provided, to which it gives loopholes to frauds and abuse of debit cards, knowing that the protection provided by the issuer of the debit card is as minimum as signature verification, which can always be forged by a third party.The research method that is conducted in order to finish this undergraduate thesis is juridical normative literature study, which reflects the law as the guidance and direction in the implementation of every sector of social and public life to set order and justice, especially in terms of law that is pertaining to economic law, which one of them is banking law.Based on the whole discussion within the chapters, it can be concluded that there are several weaknesses of the use of ATM debit cards, which one of them is signature verification, that is most of the time used as a method of authorization. This undergraduate thesis concludes that there should be several added provisions and technologies to give security to the customers in regards to their protection.
2016
S66746
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library