Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rachmad Hasani
"Dokumen bagi perusahaan adalah bukti atas adanya perusahaan tersebut. Sebuah dokumen dapat berarti beragam, bisa berupa keuntungan, bisa berupa aset, bisa berupa beban atau bisa juga berupa bencana. Arti sebuah dokumen bagi sebuah perusahaan tergantung pada bagaimana dokumen yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut dikelola. Pengelolaannya bisa diserahkan pada pusat rekod komersial atau perusahaan tersebut mempunyai pusat rekod sendiri. Sebuah pusat rekod perusahaan secara fisik terlihat hanya menangani dokumen, tetapi pada dasarnya keberadaan sebuah pusat rekod adalah untuk melayani kebutuhan informasi pemakainya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pendapat pemakai terhadap dokumen yang dikelola oleh pusat rekod perusahaan PT PALYJA yaitu Central Archive. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan manfaat Central Archive berdasarkan pendapat dari pengguna Central Archive. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi/pengamatan terhadap obyek dan subyek yang diteliti, wawancara secara tidak terstruktur dengan inforrnan dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh informan mengetahui bahwa Central Archive penting tetapi belum merasakan manfaatnya karena pengelolaan Central Archive belum optimal. Central Archive PT PALYJA perlu dikelola dengan lebih baik."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
S15720
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adinda Marianti
"Penelitian ini mengenai pengelolaan critical records yang berada di perpustakaan Unocal Geothermal of Indonesia, Ltd, pada bulan Juli 2005, tujuannya ialah untuk mengideniifikasi pengelolaan tersebut melalui proses penangkapan (capture), registrasi (registration), klasifkasi (classification) dan penyimpanan (storage) berdasarkan standar ISO 15489 : 2001 Information and documentation --Records Management- dan memberikan penambahan kerangka sistem berdasarkan standar tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan standar ISO 15489:2001, dan didukung oleh wawancara serta penyebaran kuesioner. Cara penyusunan kuesioner, penentuan sampel dan populasi dijelaskan. Hasil menunjukkan bahwa sistem pengelolaan critical records yang sedang berjalan di perpustakaan Unocal Geothermal of Indonesia, Ltd. belum sesuai dengan standar ISO 15489 dan memerlukan pembenahan untuk memudahkan temu kembali. Untuk meningkatkan daya guna temu kembali critical records di perpustakaan Unocal Geothermal of Indonesia, Ltd. diperlukan usaha-usaha sebagai berikut: (1) Melakukan pembenahan records system (sistem rekod) dengan memberikan keterangan yang telah diberikan pada kerangka system (2) Mensosialisasi prosedur pengelolaan critical records pada setiap pencipta rekod (3) Aktif dalam menangkap (capture) rekod yang diciptakan perusahaan (4) Membuat pengawasan pola kata (5) Melakukan perluasan subyek dalam pengindeksan (6) Memberikan metode penyimpanan yang disesuaikan dengan sarana temu kembali sehingga dapat melakukan akses cepat (quick access)."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
S14898
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
David Daniel Nanulaitta
"ABSTRAK
Penelitian mengenai pengelolaan Commercial Record Center ini telah dilakukan di PT.Multifilling Mitra Indonesia, Cikarang, pada bulan April 2001, tujuannya ialah untuk mengetahui lay-out ruang penyimpanan, sarana dan fasilitas yang digunakan, sumber daya manusia yang dimiliki dan pelayanan yang diberikan.
Pengumpulan data dilakukan melalui tiga metode yaitu dengan melakukan wawancara dengan para staff serta mengadakan pengamatan langsung ke lapangan, kemudian melalui kuesioner yang dibagikan kepada konsumen PT.MMI sebagai respopnden. Cara penyusunan kuesioner, pembentukan kerangka sampel dan pemilihan sampel dijelaskan.
Hasilnya menunjukkan bahwa 100% konsumen menganggap perlu didirikannya jasa usaha Commercial Record Center. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk menggunakan jasa Commercial Record Center yang dikelola oleh PT. MMI karena perusahaannya bonafid dan terpercaya (36%), faktor lingkungan yang aman (32%) faktor biaya tidak terlalu rendah dan mengurangi cost invest (18% ), dan sisanya sejumlah 14% karena faktor lokasi dan jarak tempuh yang dekat, karena masih dalam satu group, dan faktor teknis disebabkan telah adanya kesadaran untuk menyimpan rekod sebagai aset yang penting.
Jasa Commercial Record Center pada masa sekarang ini sangat dibutuhkan bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki aktifitas dan tingkat volume rekod yang tinggi, untuk dapat menata dan menyimpan rekod tersebut dibutuhkan tempat dan manajemen rekod yang baik. Jasa ini memberikan alternatif pilihan untuk menyimpan, menata dan mengelola rekod yang dimiliki oleh perusahaan_-perusahaan tersebut, tetapi untuk meningkatkan daya gunannya diperlukan usaha-usaha seperti perlunya pengelolaan yang tepat dan professional baik SDM maupun sarana dan pelayanannya, perlunya pengembangan jasa usaha ini diberbagai daerah untuk memenuhi kebutuhan akan penyimpanan rekod di daerah, pengelola harus lebih banyak memberikan informasi baik melalui media koran, televisi atau radio tentang keberadaannya agar dapat diketahui oleh khalayak banyak tentang jasa usahanya dan pentingnya penyimpanan rekod, perlunya peningkatan SDM untuk mengantisipasi kemajuan teknologi dan adanya era perdagangan bebas yang memungkinkan terciptanya rekod dalam jumlah besar dan beraneka ragam media penciptaanya, perlunya sertifikat ISO (International Standard Organization) atau saran dari ANRI sehingga mutu dari pelayanan yang ada semakin meningkat dan kepercayaan konsumen semakin bertambah, tidak saja di Indonesia tetapi di dunia Internasional.

"
2001
S15234
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library