Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abstrak :
Manusia adalah makhluk yang diciptakan Tuhan. Begitu banyak jumlah manusia di dunia ini, tetapi tak ada satupun yang persis sama satu sama lain, sekalipun mereka terlahir kembar. Itulah uniknya manusia. Kondisi Indonesia, yang penduduknya tersebar di pulau-pulau dan masing-masingnya dipisahkan oleh lautan, tentu mempunyai tata cara kehidupan, adat-istiadat, agama dan kepercayaan yang berbeda-beda. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, beraneka ragam budaya, bahasa dan kebiasaan dimiliki oleh kelompok-kelompok suku yang begitu asri jika memiliki kesadaran untuk bersatu. Sebagaimana dicita-citakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia: ?bersatu kita teguh?bercerai kita runtuh?. Jauh-jauh hari Bung Karno menetapkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya 'berbeda-beda tapi satu jua', karena Bung Karno mempunyai pandangan jauh ke depan. Beliau sangat menyadari bahwa bangsa yang besar seperti Indonesia ini cukup 'rentan' konflik. Oleh karena itu pemahaman tentang ke-Bhinneka-an dan pluralisme harus benar-benar 'didarahdagingkan' (diinternalisasikan) disetiap insan Indonesia, sehingga tercipta kebersatuan, kerukunan, dan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara di tanah air Indonesia.
330 ASCSM 27 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Perkembangan pendidikan karakter sampai sejauh ini masih penuh dengan kontroversi yang terutama berakar dalam berbagai perbedaan teoretis dan folosofis, meski sebenarnya inti dari pendidikan karakter tidak pada perbedaan filosofis, ideologi pedagogis, politik, dan sebagainya, melainkan tentang perkembangan anak. Kurikulum 2013 berupaya memberikan pemecahan persoalan budaya dan karakter bangsa dengan cara mengintegrasikan karakter/nilai/sikap ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah, dengan harapan terbentuknya generasi baru bangsa yang utuh dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dengan menyadari bahwa pandangan, keyakinan, dan pilihan para guru akan berpengaruh pada praktek pembelajaran, maka perlu dibangun pandangan, keyakinan, dan pilihan yang positif dalam diri guru para guru demi keberhasilan implementasi Kurikulum 2013.
JPUT 14:2 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library