Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eryana Damayanti
Abstrak :
ABSTRAK
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Subhanahu wa ta’ala, karena hanya dengan rahmatnya dan hidayahNya penyusunan tesis dengan judul: Optimalisasi Ruang Terbuka Museum dalam Pengembangan Strategi Pemasaran. Studi Kasus Ruang Terbuka Bagi Remaja di Museum R.A. Kartini Rembang ini dapat diselesaikan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan Museum R.A Kartini Rembang. Di dalam penulisan penelitian ini, penulis telah banyak mendapat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak. Penulis mengucapkan terima kasih yang sebesarbesarmya kepada: Pertama-tama kepada Dr. Kresno Yulianto, M.Hum., selaku Ketua Program Magister Museologi Universitas Indonesia sekaliagus ketua pembimbing yang denagn penuh kesabaran telah memberikan bimbingan. Kedua kepada Prof. Dr. Noerhadi Magetsari dan Dr. Irmawati Marwoto Johar, yang senantiasa memberikan dukungan dan semangat, sehingga penulisan tesis ini dapat diselesaikan. Tidak lupa pula kepada Dr. Ali Akbar , M. Hum selaku pembimbing akademik yang dengan penuh perhatian dan kesabaran telah memberikan bimbingan dan arahan. Ayahku H. Rusli dan Ibuku Hj. Aminarti yang dengan sabar mendoakan agar penulis dapat menyelesaikan kuliahnya. Suamiku Sugiharto, S.Pt, M.Sc. dan anakku Dhamar Ilham Adhitama, yang telah memberikan dorongan semangat dan moril dan doanya kepada penulis agar dapat segera menyelesaikan kuliahnya. Tidak lupa adikku, Indra Rosantiko, yang selalu memberikan bantuannya sehingga penulis dapat menyelesaikan kuliahnya.
ABSTRACT
The title of this research is Optimization the Museum Open Space in Developing Marketing Strategy. A Studycase of Open Space for Teenagers at Museum R.A. Kartini Rembang. In accordance with the title then purpose of this study is to discuss about the problem about visitors amenity at museum especially for teenagers. Principal studies in this research is: Museum Marketing Strategy include: SWOT Analysis of Museum R.A. Kartini Rembang, museum management, developing program for visitors and improving more facilities at the open space. This study uses a qualitative approach to the inductive reasoning method. How to obtain data on the exhibition layout is through field surveys, literature review and interviews. From the results can be described as factual observation that the conditions of Museum R.A. Kartini Rembang is very worrying. The conclusion of this research is: there is a miss concept at museum management and, the lack of museum program arrangement for visitors , lack of supporting facilities and unfeasible, minimal human resources as the manager of the museum, and yet the organizational structure of the museum as the driving element museum organization running effectively and efficiently.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T38704
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Putu Saraswati Vradisca Sadgamaya
Abstrak :
ABSTRACT
Experiential Marketing tidak hanya dapat memberi keuntungan bagi sektor swasta, namun dapat memberi keuntungan pula bagi sektor publik dalam hal ini pada museum. Museum di Indonesia mulai mengikuti pergerakan fungsi museum yang berorientasi pada pengalaman yang dirasakan oleh pengunjung. Skripsi ini membahas bagaimana experiential marketing pada Museum Sejarah Jakarta dapat berpengaruh pada behavioral intentions pengunjung museum yang tergolong pada kategori favorable behavioral intentions dengan kecenderungan mengarah kepada loyalitas. Penelitian ini dilakukan di Museum Sejarah Jakarta dengan membagikan kuesioner penelitian pada pengunjung museum. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa memang terdapat hubungan yang signifikan antara experiential marketing dan behavioral intentions. Penelitian ini menyarankan bahwa museum sebagai pihak yang memberikan pengalaman sebagai hal yang ditawarkan dalam pemasaran maupun ketika dikunjungi oleh pengunjungnya, sangat perlu memperhatikan dari sudut pandang pengunjung dalam berinovasi dan berkembang untuk terus memberikan pengalaman terbaik bagi para pengunjungnya, sehingga selalu tercipta kesan yang baik terhadap museum terhadap para pengunjung telah berkunjung maupun yang akan melakukan kunjungan.
ABSTRACT
Experiential marketing not only has benefits for private sector but also public sector, in this case is museum. Museum in Indonesia is starting to transform its function to explore more experience they could give to museums visitors. This thesis main focus is how experiential marketing could impact visitors behavioral intentions which cathegorized as favorable behavioral intentions that conduct to loyalty. The field research take place at Museum Sejarah Jakarta by distribute questionnare to museums visitors. The result shows that there is a significant correlation between experiential marketing and behavioral intentions. This research suggest that while developing and inovating in order to give an amazing experience to its visitors, museum management as the company that offers experience on their marketing and service, should be giving more attention to visitors point of view about the experience they got. So it will conduct to a delightful experience that leads visitor to do favorable behavioral intentions.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
McLean, Fiona, 1961-
London: Routledge, 1997
069.068 8 MCL m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library