Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 46 dokumen yang sesuai dengan query
cover
PNMAS 24(1-3)2011
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
PNMAS 24(1-3)2011
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Surakarta: PSB-PS-UMS, 2005
297 REI
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: AIPI, 2011
305.8 TRA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Handel Kashope Wright
Abstrak :
Representing the precarious moment in Canada, Ireland, Australia, the United States and the United Kingdom, the essays in this collection address these questions and both depict and trouble hegemonic multicultural education and contrast it with its supposed successor regimes.
Rotterdam: Sense, 2012
e20400383
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Jurnal Antropologi Indonesia, 2004
370.598 MUL
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Anggi Afriansyah
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai internalisasi multikulturalisme di Sekolah dengan latar keagamaan yang berbeda. Lokasi penelitian adalah SMAI Al Izhar dengan latar keagamaan Islam dan SMA Kolese Gonzaga dengan latar keagamaan Katolik. Kedua Sekolah berlokasi di Jakarta Selatan. Penelitian ini denga menggunakan metode kualitatif dengan strategi studi kasus. pertama, untuk menjelaskan perbandingan internalisasi multikulturalisme di SMAI Al Izhar dan SMA Kolese Gonzaga yang memiliki latar keagamaan berbeda. Kedua, untuk menjelaskan mengenai praktik multikultural dilihat melalui pola-pola relasi yang terjalin antara aktor-aktor yang terlibat dalam proses internalisasi multikulturalisme di sekolah. Analisis mengenai internalisasi multikulturalisme dan praktik multikulturalisme di sekolah diketahui dari peran masing-masing aktor yang terlibat di sekolah yaitu, Kepala Sekolah (Pimpinan Sekolah), Guru, Karyawan, Peserta Didik dan Orang Tua Peserta Didik. Beberapa temuan yang didapat pada penelitian ini dapat digambarkan dalam beberapa aspek. Pertama, internalisasi multikulturalisme dipengaruhi oleh nilai keagamaan masing-masing sekolah yang mewujud pada visi, misi, dan core values. Kedua, internalisasi multikulturalisme kepada peserta didik dilakukan melalui kegiatan pembelajaran dan program-program yang dirancang sekolah. Ketiga, praktik multikulturalisme dilihat melalui pola-pola relasi yang terjalin antara aktor-aktor yang terlibat dalam proses internalisasi multikulturalisme di sekolah.
ABSTRACT
This study discusses the internalization of multiculturalism in school with different religious background. SMAI Al Izhar with Islamic religious background and SMA Kolese Gonzaga with Catholic religious background. Both of Schools are located in South Jakarta. This study using qualitative methods with case study strategy. The aims of this study are,first, to explain the internalization of multiculturalism in SMAI Al Izhar and SMA Kolese Gonzaga which has a different religious background. Second, to explain the practice of multicultural through the patterns of relationships that exist between the actors involved in the process of internalization of multiculturalism in schools. Analysis of the internalization of multiculturalism and the practice of multiculturalism in school known from the relationship pattern of each actor involved in the school. The actors are Vice Pronciples, Teachers, Students. Employees, and the parents of students. This study can describe in several aspects. First, internalization of multiculturalism influenced by religious values of each school as embodied in the vision, mission, and core values. Second, internalization of multiculturalism through learning activities and programs are designed by school. Third, the practice of multiculturalism through the patterns of relationshipsthat exist between the actors who involved in the process of internalization of multiculturalism in schools.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T38945
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Resky Muwardani
Abstrak :
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi identifikasi kelompok gender psda pemeliharaan stereotip melalui reproduksi serial. Reproduksi serial yang ditenggarai dapat melihat pemeliharaan stereotip dengan men-tracking peljalanan informasi dari orang satu ke orang yang lain (Kashima, 2000, Lyons &. Kashima, 2006). Penelitian ini manipulasi informasi-infonnasi yang sesuaikan dengan stereotip dan yang tidak sesuai dengan stereotip (stereotype-consistenJ dan slereotypeinconsten. t), Hasil peneJitian sebelum menyebutkan faktor identifikasi kelompok terkait dengan penggunaan stereotip, yaitu partisipan yang kuat dengan ingroup-nya cenderung memanggil stereotip positif tentang ingroup (Maxwell, !952). Selain itu berdasarkan Hort, Fagot dan Leinbach (1990) laki-laki dipcrsepsikan lebih stereotip dibanding perempuan. Namun pada riset tesis in.i basil menunjukkan perbedaan. Secara umum identifikasi gender memang tidak terbukti dalam pemeliharaan stereotip, tetapi hasil yang signifikao terbukti pada partisipan perempuan. Semakin tinggi identifikasi terhadap kelornpsk gendernya, semakin tinggi pula jumlah pemanggilan infonnasi stereotype-consistent maupun stereotype inconsislent. Sementara laki-laki justru terbalik. Seroakin tinggi identifikasi kelompsk gendemya semakin rendah jumlah pemanggilan informasi stereotypeconsistent maupun stereotype-enconsisteny.
ABSTRACT
The aim of this research was to investigate the claim that gender identification difference in levels of stereotype maintenance through serial reproduction. Serial reproduction research showed that stereotype maintenance was transmitted through five-person communication chains (Kashima, 2000; Lyons & Kashima, 2006). In the present experiment, to examine stereotype maintenance~ a narratives of female and male stereotype consistent and stereotype-inconsistent was used as stimu1us. In previous research. gender identification related to stereotype maintenance. In Maxwell's (!952) showed that participants with strong in-group identification recall more positive stereotype. But the result of this research showed not all strength of gender identification was found to moderate stereotype maintenance. Only female participants with strong gender identification related to stereotype gender maintenance. Female participants with strong gender identification was retained male stereotype--consistent information more than male stereotype-inconsistent. This result raises questions concerning culture differences that gender stereotype may be vary in different cultures.
2009
T33717
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>