Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tendy Arya Pranata
"Seiring perkembangan teknologi di dunia telekomunikasi, banyak penemuan dan inovasi layanan yang dibuat untuk mempermudah para konsumen dalam berkomunikasi. Pada penelitian ini akan dibuat alat yang dapat merubah dari bentuk teks ke dalam bentuk suara ketika sedih dengan bantuan device dan program. Pada penelitian ini menggunakan program bahasa C, lalu pada bagian alatnya menggunakan mikrokontroller ATMega 128 dan modul suara. Program dibuat dalam Bahasa C kemudian diunduh ke dalam perangkat keras berupa mikrokontroller ATMega 128 dan dikonversi oleh modul suara yang sudah menyimpan database lalu dikeluarkan oleh output speaker.

Along with the development of telecommunications technology in the world, many inventions and innovations made services to facilitate the consumer in communicating. In this study will be made a tool that can change the form of text into the form when the sad voice with the help of devices and programs. In this study using the C language program, then on the appliance using a microcontroller ATMega 128 and sound modules. Programs created in C language and then downloaded into the hardware of the microcontroller ATMega 128 and converted by a voice module that already store the database and then released by the speaker output."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1845
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Lalu intas adalah salah satu aspek yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari manusia karena lalu lintas memengaruhi kelancaran arus modal, logistik, dan kegiatan masyarakat lainnya. Tanpa sistem kontrol lampu lalu lintas yang memadai, kemungkinan kemacetan lalu lintas akan sangat tinggi dan menghambat kehidupan masyarakat di perkotaan. Sistem kontrol lampu lalu lintas adaptif dapat digunakan untuk memecahkan kemacetan lalu lintas di persimpangan karena dapat mengubah durasi lampu hijau di setiap persimpangan jalan tergantung pada kepadatan lalu lintas. Prototipe sistem kontrol lampu lalu lintas menggunakan BeagleBoard-XM, kamera CCTV, dan mikrokontroler AVR. Peneliti menggunakan teknik computer vision untuk mendapatkan informasi tentang kepadatan lalu lintas dengan menggabungkan metode Viola-Jones dan metode Filter Kalman. Untuk menghitung waktu setiap lampu lalu lintas di persimpangan, peneliti menggunakan Distributed Constraint Satisfaction Problem (DCSP). Dari hasil implementasi dan percobaan dapat disimpulkan bahwa BeagleBoard-XM dapat digunakan sebagai mesin utama sistem kontrol lampu lalu lintas adaptif dengan tingkat akurasi penghitungan rata-rata sebesar 91.735%..

Abstract
Traffic is one of the most important aspects in human daily life because traffic affects smoothness of capital flows, logistics, and other community activities. Without appropriate traffic light control system, possibility of traffic congestion will be very high and hinder people?s life in urban areas. Adaptive traffic light control system can be used to solve traffic congestions in an intersection because it can adaptively change the durations of green light each lane in an intersection depend on traffic density. The proposed adaptive traffic light control system prototype uses Beagleboard-xM, CCTV camera, and AVR microcontrollers. We use computer vision technique to obtain information on traffic density combining Viola-Jones method with Kalman Filter method. To calculate traffic light time of each traffic light in intersection, we use Distributed Constraint Satisfaction Problem (DCSP). From implementations and experiments results, we conclude that BeagleBoard-xM can be used as main engine of adaptive traffic light control system with 91.735% average counting rate."
[Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia], 2012
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Pradipta Mahatidana
"Pada skripsi ini dilakukan rancang bangun sistem embedded simulator surya yang dapat menguji kinerja sel surya berupa tegangan rangkaian terbuka (Voc), arus hubung singkat (Isc), fill factor (FF), karakteristik kurva I-V, daya keluaran (Pout) dan efisiensi. Sistem ini memiliki modul pengukur tegangan, arus, intensitas cahaya, dan temperatur yang dibangun dengan memanfaatkan komponen yang ekonomis. Sistem ini memiliki resolusi pengukuran Voc, Isc, intensitas cahaya, dan temperatur berturut-turut sebesar 0,244 mV, 1,21 µA, 1 lux, dan 0,1 °C. Sistem ini dilengkapi dengan perangkat lunak untuk pengendali simulator surya dan sebagai datalogger.

This thesis presents a design and construction of the embedded system of solar simulator to test the performance of solar cell such as open circuit voltage (Voc), short-circuit current (Isc), fill factor (FF), I-V curve characteristic, output power (Pout) and efficiency. This system has a measurement module of voltage, current, light intensity, and temperature built with cost effective materials. This system has a measurement resolution of 0,244 mV, 1,21 µA, 1 lux, and 0,1 °C for Voc, Isc, light intensity, and temperature, respectively. This embedded system has an included software for controlling solar simulator and datalogging."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S57492
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Ridwan
"ABSTRAK
Pengenalan wajah 3D memerlukan perangkat khusus untuk merekam citra wajah dengan berbagai sudut pandang. Tesis ini merancang sebuah sistem akusisi perekaman data citra wajah secara otomatis menggunakan multi kamera dengan perbedaan sudut pandang 5o setiap kamera. Sudut pandang keseluruhan yang direkam adalah 180o secara horizontal dari kiri kekanan dan 70o secara vertikal dari posisi horizontal depan dada sampai atas. Kamera yang digunakan adalah kamera IP yang dipasang pada dua buah lengan yang membentuk sudut 90o, masing-masing lengan dipasang 15 kamera IP berjarak 5o secara vertikal antara satu dengan lainnya. Lengan digerakkan oleh motor DC yang dikendalikan secara otomatis dengan sebuah mikrokontroller yang dikoordinasikan oleh komputer. Pembuatan software perekaman citra menggunakan bahasa pemograman C#. Secara fungsional sistem dapat berjalan dengan baik, data yang direkam langsung berupa citra dalam format JPEG. Durasi waktu perekaman untuk satu ekspresi wajah sebanyak 30 kali perekaman dengan sudut pandang sebesar 180o horizontal dan 70o vertikal adalah 3 menit 44 detik 492 milidetik dengan total jumlah citra sebanyak 16.650 buah yang terekam.

ABSTRACT
Face recognition 3D system needs a spesially hardware for capturing data of face images with multi angle view. This thesis is designing an automatic data acquisition system using mutlicamera for capturing facial images with angle view of each 5o. Total angle view that are captured is 180° horizontally from left to right and 70o vertically from horizontal to top. This system using IP cameras that mount on two arms forming angle of 90, each arms are mounted 15 IP cameras with 5o spacing vertically each to others. This arm is driven by a DC motor which is controlled by a microcontroller which is supervised by a laptop computer. The software for capturing images using C# GUI programming language. Functionally, the system is already working in good condition and images data are saved in JPEG format. Time duration of capturing images data for one face expression with 30 times capturing for 180° horizontal and 70° vertical views, are 3 minutes 44 seconds 492 milliseconds with total number of images are 16,650 images"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42755
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aldo Setiawan
"Sistem identifikasi karakteristik motor DC berbasis mikrokontroler" merupakan sebuah instrumen untuk mengukur seluruh karakteristik dari motor DC (brushed). Dengan sistem yang embedded berbasis mikrokontroler yang terintegrasi, alat tersebut mampu mendapatkan seluruh karakteristik motor DC yang meliputi No load Current , Stall Current , Stall Torque ,Starting Voltage, Maximum Speed, Maximum Power, Maximum Efficiency, Motor Resistance, Motor Rating Voltage, Torque Constant, Back EMF Constant, Grafik kecepatan terhadap tegangan, Grafik torsi terhadap kecepatan, Grafik daya mekanik yang dihasilkan terhadap kecepatan, dan Grafik Respon Kecepatan Motor terhadap waktu. Untuk mendapatkan seluruh data karakteristik dari motor DC maka dilakukan pengambilan data dengan sensor gaya, sensor arus, dan rotary encoder, Dan disaat bersamaan memberikan variasi tegangan yang terukur pada motor DC yang diukur. Pengukuran pada saat kondisi kecepatan nol (stall) juga dilakukan untuk untuk mendapatkan seluruh karakteristik motor DC. Pengolahan, teknik pengambilan data, dan juga pemberian voltase pada motor DC diatur oleh mikrokontroler yang berisi algoritma teknik pengukuran dan perhitungan data yang didapatkan dari motor DC. Pembuktian kinerja alat dilakukan dengan cara melakukan pengukuran pada 3 sampel motor DC dan membandingkan dengan data referensi, sehingga disimpulkan bahwa alat mampu mendapatkan seluruh karakteristik motor DC dengan cara yang mudah dan simpel.

Dc Motor Characteristic Identification System Based on Microcontroller" is an instrument for measuring the characteristics of the DC motor (brushed). With a microcontroller-based embedded systems that are integrated, it is able to obtain all the characteristics of a DC motor which includes No load Current, Current Stall, Stall Torque, Starting Voltage, Maximum Speed, Maximum Power, Maximum Efficiency, Motor Resistance, Motor Rating Voltage, Constant Torque , Back EMF Constant, Speed vs Voltage Graph, Torque vs Speed graph, Power Output vs Speed Graph, Speed vs Time graph (Motor Respons). To get all the data characteristic of the DC motor data collection is performed using the force sensor, current sensor, and a rotary encoder, where at the same time give measurable voltage variations measured in a DC motor. Measurements at zero speed when condition (stall) are also performed to obtain all the characteristics of DC motor. Processing, data collection techniques, and also the provision of a regulated DC voltage to the motor, are controlled by a microcontroller that contains the algorithms of the measurement techniques and the calculation of data obtained from the DC motors, so that as one instrument that is able to identify the characteristics of the DC motor. Performance verification of the system is done by measuring the characteristic of 3 samples of DC Motor, and by comparing the results with reference data provided by vendor. So it can be concluded that the system that has been developed by the author is able to obtain all the characteristics of a DC motor with an easy and simple way."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
S55223
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Tri Wibowo
"Penelitian pada skripsi ini bertujuan untuk merancang, membuat dan menganalisis sistem Smart Monitoring Room dengan mengunakan Sensor PIR (Passive Infrared), Sensor LDR (Light Dependent Resistor), Mikrokontroler Arduino, dan Router dengan sistem operasi OpenWrt. Sistem ini berfungsi untuk memantau kondisi ruangan dengan fungsi khusus hasil pemantauan ditampilkan dalam bentuk web interface. Untuk menjalankan sistem dapat menggunakan mode otomatis dan mode manual.
Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa jangkauan maksimal sistem untuk menangkap objek yang bergerak adalah 7 meter. Semakin jauh jarah objek ke perangkat, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mendeteksi objek tersebut. Sedangkan resource perangkat keras minimal yang dibutuhkan untuk melakukan proses pemantauan adalah 28,8 MB RAM router, 100 MHz Prosesor router, dan 32,646 byte flash memory mikrokontroler. Selain itu tegangan listrik yang dibutuhkan untuk mengaktifkan perangkat adalah 5 volt dan arus listrik minimal 3 ampere.

This final project presents our work on designing making and analyzing Smart Monitoring Room system using PIR Passive Infrared sensor LDR Light Dependent Resistor sensor Arduino Microcontroller and Router with Open WRT Operation system The system is used to monitor room condition and the result will be displayed using web interface The system can be run using automatic mode and manual mode
Based on the test result the maximum system range for getting the moving object is 7 meters The further the object is the longer the time needed to detect that object The minimum hardware requirement for the monitoring process is a 28 8 MB RAM router 100 MHz Prosesor router and 32 646 byte flash memory Microcontroller The voltage needed to activate the system is 5 volts and the minimum current is 3 amperes.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55612
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kazhka Tirtandy
"Indonesia merupakan negara dengan jumlah sepeda motor yang sangat banyak, sehubungan hal tersebut semakin maraknya juga tingkat pencurian yang terjadi dengan jumlah puluhan ribu pada setiap tahunnya. Oleh karena itu dibutuhkannya sistem keamanan sepeda motor yang dapat mengurangi kasus kasus pencurian yang terjadi di indonesia tersebut. Sudah banyak juga alat alat yang dibuat untuk mengurangi kasus kasus tersebut seperti tag RFID dan lain sebagainya. Bahkan ada yang menambahkan alat sejenis mikrokontroller untuk mengatur hidup dan matinya mesin sepeda motor. Akan tetapi pada industri sepeda motor menambah alat pada sepeda motor tidaklah baik karena sepeda motor sendiri sudah banyak alat didalamnya. Pada tugas akhir ini sistem keamanan yang dibangun adalah menyalakan sepeda motor dengan smartphone. Sistem dibangun menggunakan mikrokontroler Arduino yang diletakkan pada sepeda motor dan bertugas mengontrol mekanisme starter pada sepeda motor. Komunikasi antara smartphone Android dan Arduino ditangani oleh Bluetooth Low Energy denngan konsumsi daya yang lebih rendah. Keamanan pada sistem ini juga dijaga dengan metode three way handshake dan asimetrik kriptografi untuk menjaga pengiriman data. Asimetrik kriptografi yang diterapkan membuat pengiriman data lebih aman karena dapat melakukan enkripsi dan dekripsi dengan 2 kunci yang berbeda. Hasil yang didapatkan dari tugas akhir ini adalah sistem keamanan yang dikembangkan berhasil diimplementasikan pada sepeda motor untuk meningkatkan keamanan yang ada, dengan waktu tercepat yang dibutuhkan untuk menyalakan sepeda motor adalah sebesar 1245 ms dan waktu terlama yang dibutuhkan untuk menyalakan sebesar 1858 ms tergantung dari besar komputasi yang dilakukan.

Indonesia is a country with a very huge amount of motorbikes, that leads to the increasing number of motorbikes-theft rate every year. Therefore, a motorbike security system that is able to reduce the number of theft rate is needed in Indonesia. Many tools have been built to lower the number of theft rate, one of them is RFID tag. Moreover, a tool thats similar to microcontroller is used to control the on off state of the motorbikes engine. However, in motorbikes industry, adding tools to the motorbike itself is not likely recommended because there are already lots of tools inside the motorbike. In this thesis, the security system that is built is a system that allows people to start the motorbike with a smartphone. The system is built using Arduino microcontroller which is installed to the motorbike and able to control the starter mechanism in a motorbike. Communication between Android smartphone and Arduino is handled by Bluetooth Low Energy which have lower consumption energy. The security in this sytem is also protected with a three-way handshake method and asymmetrical cryptography so that the data transfer process is secured. Asymmetrical Cryptography which had been implemented on this system make the data transfer is more secure because it can make encryption and decryption with 2 different keys. The result that is obtained from this thesis is a successfully implemented security system in a motorbike to improve security, with the fastest time needed to turn on a motorcycle is 1245 ms and the longest time needed to turn on is 1858 ms depending on the amount of computation which must be done."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kevin Permana
"Brain Computer Interface (BCI) merupakan sebuah teknologi yang sedang banyak dikembangkan di banyak negara di dunia, pasalnya teknologi BCI ini adalah teknologi yang modern dimana teknlogi ini dapat memungkinkan manusia dapat berkomunikasi dengan suatu sistem. Sampai sekarang BCI banyak dikembangkan pada dunia medis, salah satunya adalah stroke, stroke adalah sebuah penyakit yang diakibatkan oleh penguumpalan darah pada pembuluh darah diotak ataupun akibat pecahnya pembuluh datah diotak. Stroke mengakibatkan kelumpuhan pada bagian tubuh penderitanya, sehingga membuat ketebatasan pada mobilitasnya. Sehingga melalui penelitian ini diharapkan dapat membantu pasien stroke dalam mobilitiasnya. Pada pembuatan sistem sebelumnya dilakukan pengklasifikasian sinyal otak dengan cara perekaman sinyal EEG dengan menggunakan ADS1299EEG-FE, perekaman ini dilakukan dengan metode motor imagery sehingga subjek tidak perlu melakukan pergerakan cukup melakukan pemikiran pergerakan motorik untuk dapat menjalankan kursi roda. Pengklasifikasian sistem ini menggunakan fitur RPR yaitu nilai rasio power, setelah dilakukan klasifikasi dilakukanlah validasi sistem dengan melakukan pengujian lasngung pada sistem. Pada pengujian sistem terdapat 2 model pengujian yakni Diam – Maju – Mundur dan Diam – Kiri – kanan dengan presentase keberhasilan 46% dan 65%.

Brain Computer Interface (BCI) is a technology that is being developed in many countries in the world, because this BCI technology is a modern technology where technology can enable communicate human with a system. BCI has been widely developed in the medical, one of them is stroke, stroke is a disease caused by blood clots in blood vessels in the brain or due to ruptured brained vessels. Stroke results in paralysis of the part of the body of the sufferer, making it difficult for mobility. So that this research is expected to help stroke patients in their mobility. For making the system previously we classification the brain signals by recording EEG signals using ADS1299EEG-FE, this recording using the motor imagery method so that the subject did not need to move and just thinking about motor movements to control a wheelchair. The classification of this system uses the RPR feature, namely the value of the power ratio, after classification the system validation is done by direct testing on the system. In the system testing there are 2 test models namely Stop - Forward - Backward and Stop - Left - right with a success percentage 46% and 65%."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Mirza Antrayasa
"Skripsi ini dibahas karena pengemudi mobil seringkali mengalami kesulitan untuk memparkir mobilnya di lokasi sempit, disebabkan lahan parkir yang semakin berkurang, ataupun pengemudi sulit untuk mengetahui apakah mobil yang dikendarainya terlalu dekat dengan kendaraan sekitarnya. Tidak sedikit pengemudi yang menabrak tiang listrik atau menggores tembok ketika memundurkan mobilnya.
Tujuan dari pembuatan skipsi ini adalah untuk merancang Prototipe sistem pendeteksi jarak aman pada mobil dengan sensor ultrasonik berbasis mikrokontroller AVR sebagai pengendali utamanya. Sebagai input digunakan modul sensor ultrasonic yang terdiri TX (transmitter) dan RX (receiver). Sebagai output digunakan sebuah LCD (Liquid Crystal Display) untuk menampilkan jarak aman, lampu LED sebagai indikator jarak waspada dan bahaya serta buzzer untuk indikator bunyi.
Hasil yang didapat dari pembuatan prototipe sistem pendeteksi mobil berbasis mikrokontroler AVR adalah alat tersebut dapat digunakan untuk mengukur jarak aman pada kendaraan. Mikrokontroler AVR berfungsi sebagai pengendali utama pada pemrosesan data jarak parkir yang dihasilkan dari sensor ultrasonik. Penggunaan modul sensor ultrasonic dapat menghasilkan data yang lebih akurat. Jarak parkir ditampilkan melalui LCD dengan satuan ukur centimeter. Buzzer dan LED dapat digunakan sebagai indikator keadaan jarak aman waspada dan jarak bahaya.

Focus of this study because the car driver is often difficult to park his car in a narrow location, parking lots due to diminishing returns, or the driver is difficult to know whether the car he was driving too close to the surrounding vehicles. Not least the driver who hit a utility pole or scraping the wall when backing the car.
The purpose of creation is to design skipsi Prototype safe distance detection system on the car with AVR microcontroller based ultrasonic sensors as the main controller. As input use ultrasonic sensor module consisting TX (transmitter) and RX (receiver). As output used an LCD (Liquid Crystal Display) to display a safe distance, the LED light indicator and hazard alert distance and speakers for audible indicator.
The results obtained from the manufacture of car detection system prototype is based on microcontroller AVR tools can be used to measure a safe distance to the vehicle. AVR microcontroller serves as the main control on the processing of data generated from parking distance sensors ultrasonic. The use of ultrasonic sensor module can generate more accurate data. Park Distance displayed via the LCD unit of measurement centimeter. Speaker and LED can be used as an indicator of the state of safe distance and distance alert danger.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44925
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bohmer, Mario
"Beginning android ADK with arduino shows how the ADK works and how it can be used with a variety of Arduino boards to create a variety of fun projects that showcase the abilities of the ADK. Mario Böhmer will walk you through several projects, including making sounds, driving motors, and creating alarm systems, all while explaining how to use the ADK and how standard arduino boards may differ from Google-branded arduinos. "
New York: Springer, 2012
e20425443
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>